Membahas mitos atau legenda yang ada di suatu tempat adalah sesuatu yang mengasyikkan. Perbincangan bisa menjadi panjang lebar dimana setiap orang akan bisa mengeluarkan argumen dan versinya masing-masing. Pembahasan tentang hal yang seperti ini bisa menjadi sangat menarik karena banyak sekali bumbu yang khas menyertai sebuah cerita dari mulut ke mulut. Apalagi kalau ditambahkan dengan unsur misteri.

Semuanya bisa menjadi teman ngopi saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Dan, Bogor, mengingat sejarahnya yang sudah tua memiliki tidak terhitung mitos, legenda, atau hal-hal yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Salah satu diantaranya yang tidak kunjung putus dibahas adalah terkait dengan Mbah Jepra.

Tokoh yang satu ini sudah dibahas sejak puluhan tahun lalu. Bahkan ketika saya pertama kali pindah ke Bogor tahun 1978 pun berbagai kisahnya sudah ada. Sampai saat ini pun, ternyata ketertarikan orang terhadap penjelasan tetang siapa itu Mbah Jepra masih besar.

Salah satu bukti kecilnya adalah tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Mbah Jepra : Mitos atau Bagian Dari Sejarah” sudah dibaca lebih dari 31 ribu kali sejak diterbitkan.

Rupanya, banyak orang yang juga ingin mengetahui “kejelasan” tentang siapa tokoh yang satu ini? Betulkah memang ada atau sekedar mitos? Lalu, siapakah dia sebenarnya karena di Kota Bogor sendiri memang beredar berbagai versi tentang yang satu ini?

Memang, sejak dulu saya sudah mendengar banyak sekali versi dari kisah makam di tengah Kebun Raya Bogor ini. Tetapi, biasanya disampaikan dari mulut ke mulut saja tanpa disertai bukti.

Kisahnya, mayoritas orang mempercayai bahwa ia datang dari Jepara, seorang panglima perang, tetapi banyak versi lainnya. Ada yang berbeda 100%, tetapi ada juga yang sama sebagian.

Makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor

Makam Mbah Jepra di Kebun Raya BogorNah, mungkin bagi yang tidak percaya ada banyak versi kisah tentang makam yang dipercayai merupakan makam tiga orang penting dari kerajaan Pakuan Pajajaran, kerajaan Sunda yang dulu beribukota di Bogor ini, bisa melihat beberapa komentar yang masuk pada tulisan terdahulu.

Ada versi yang lumayan mencengangkan.

Silakan lihat dan baca sendiri karena saya hadirkan screenshootnya di bawah ini.

Nama Zebra ?

Mbah Japra atau Mbah Jepra - Nama Kuda atau Nama Ajengan

Nama Ajengan Dari Cirebon ?

Mbah Jepra atau Mbah Japra ajengan dari Cirebon

Panglima sekaligus Wali Allah ?

 

Mbah Japra atau Mbah Jepra 3

Mbah Japra atau Mbah Jepra ?

 

Pertanyaan Mbah Japra atau Mbah Jepra

Leluhur siapa ?

Jangan bayangkan hanya ada versi seperti tersebut di atas. Di Bogor masih banyak lagi yang berkembang. Bahkan, kisah tersebut pun sampai keluar kota hujan.

Yang mana yang benar? Terus terang saya tidak bisa menjawab. Masing-masing akan percaya dan yakin kalau versinya yang paling benar, meski biasanya berdasar pada cerita turun temurun saja.

Yah, saya pikir justru itu menariknya. Masih ada misteri di dalamnya. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Kalau sudah terjawab, mungkin tidak akan semenarik ini.

Mungkin, ada baiknya tetap dibiarkan tak terjawab. Dengan begitu akan selalu ada sebuah mitos, legenda, kisah, atau teka teki yang tak terpecahkan dan menarik perhatian orang untuk mencoba mengemukakan kisahnya.

Sesuatu yang pada akhirnya bisa memicu orang datang ke Bogor. Kota dimana saya tinggal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.