Makanan khas Jepang
Restoran Ichiban Sushi di Bogor yang menyajikan makanan khas Jepang

Pernahkah anda mencoba makan sushi (baca: su-syi) atau sashimi (sa-syi-mi)? Hemm,,, saya akan cukup maklum bila anda mengatakan “geuleuh” (atau jijik) dan tidak nyaman unuk mencicipi makanan khas Jepang ini.

Banyak warga Bogor pun demikian. Mayoritas penduduk kota hujan ini lebih menyukai ikan yang digoreng agak kering dan dilahap dengan teman sambal dan lalapan. Tentu akan sulit untuk bisa menikmati sajian berupa potongan ikan mentah di atas nasi ketan kepal.

Mungkin hal ini yang menyebabkan beberapa tempat yang menklaim sebagai restoran Jepang berhati-hati dalam mempersiapkan menu. Banyak dari tempat-tempat tersebut tidak menyajikan makanan khas negeri Sakura tersebut. Biasanya menu “aman” yang ditawarkan hanya berkisar pada bento, takoyaki atau makanan yang sudah dimasak.

Jarang sekali yang berani menyajikan sesuatu yang sebenarnya merupakan trademark dari makanan khas Jepang, yaitu sushi atau sashimi.

——–

Baru sekitar 3 tahun yang lalu, saya menemukan sebuah tempat yang berani menyodorkan pengunjungnya makanan khas Jepang ini di Bogor.

Ceritanya bermula ketika anak semata wayang kami, si kribo kecil terlihat berminat pada hal-hal terkait negeri matahari terbit ini. Mungkin cerita-cerita bapaknya tentang pengalaman menikmatinya dan kesukaannya pada anime membuatnya ingin mencoba.

Makanan khas Jepang
Interior di dalam Ichiban Sushi di Botani Square Bogor

Mencari makanan khas Jepang di kota hujan ini bukanlah hal yang mudah. Kalaupun ada rasanya agak berbeda dengan aslinya karena mungkin sudah disesuikan dengan lidah setempat.

Sampai akhirnya saya menemukan restoran kecil bernama Ichiban Sushi di Botanic Square. Ada dua sebenarnya saat itu. Pilihan jatuh pada tempat ini karena pamfletnya menunjukkan adanya menu sushi dan sashimi. Dua hal yang ingin saya perkenalkan pada si kribo kecil.

Nah akhirnya kami bertiga berkunjung kesini. Si kribo kecil masih kelas 5 Sekolah Dasar saat itu.

Sempat was-was juga. Makanan khas Jepang jenis ini bukanlah sesuatu yang bisa diterima lidah dan perut banyak orang. Beberapa teman sekerja pernah mencoba dan hasilnya merasa mual hanya dengan mencoba sepotong sushi. Ibunya si kribo kecil pun demikian halnya. Tidak sanggup dia untuk menikmatinya.

Tak disangka ternyata si kribo kecil justru sangat menikmatinya. Satu porsi sushi, sashimi dan jenis lainnya habis dilahapnya.

Sejak saat itu Ichiban Sushi menjadi tempat favorit si kribo kecil untuk ber-wisata kuliner.

——–

Ichiban Sushi di Botani Square berada di lantai 2. Restorannya diapit oleh toko Disc Tarra dan Hansuki (restoran Jepang lainnya). Ukuran tempat tidak seberapa besar.

Penataannya cukup bagus dan nuansa Jepangnya cukup mirip dengan yang ada di negeri asalnya. Penyajian sushinya pun terlihat menarik. Setiap jenis sushi disajikan dalam kelompoknya membuat warna lembut potongan ikan di atas makanan khas Jepang ini terlihat menonjol.

Makanan khas Jepang
Capital Party Set Ichiban Sushi Botani Square

Hari ini kami berkunjung kembali ke tempat ini. Keinginan dipicu setelah 2 minggu yang lalu hadir di Festival Bonenkai di hotel Salak. Saat itu sempat kami mencicipi rasa penganan ala Jepang yang ada di bazar. Sayangnya rasanya kurang begitu pas.

Jadi kali ini kami memang sudah berencana untuk menikmati lagi makanan khas Jepang ini. Untungnya ada sedikit rejeki tambahan di awal tahun.

Pesanan kami (si kribo kecil dan saya) hari ini berupa Capital Party Set yang terdiri dari

  • 4 Salmon Sushi : sushi yang diatasnya diberi potongan ikan salmon (mentah)
  • 4 Tuna Sushi : sushi yang diatasnya diberi potongan ikan tuna (mentah)
  • 4 Kani Sushi : sushi yang diatasnya diberi potongan daging kepiting
  • 2 Tobiko Sushi : sushi yang diatasnya diberi telur ikan layang
  • 2 Chuka Wakame Sushi : sushi yang diatasnya diberi rumput laut
  • 4 Karachi Roll : Sushi dalam bentuk roll dengan acar dan sayuran di dalamnya dan dilapisi udang
  • 4 California Roll : Sushi dalam bentuk roll/gulungan dimana bagian dalamnya terdiri dari mentimum, daging kepiting dan alpukat. Di atasnya ditaburi oleh telur ikan

Ditambah dengan satu set / 8 potong T(s)unamayo sushi atau sushi dengan tuna dan diberi mayonaise. Serta 2 mangkuk Miso-Shiru (dikenal dengan miso-sup disini).

Makanan khas Jepang
Tunamayo Ichiban Sushi Botanic Square Bogor

Ibunya si kribo memutuskan untuk cari aman dengan memesan Salmon Teppanyaki alias Salmon Panggang yang disuguhkan dengan tumisan sayuran seperti toge.

Minuman lemonade dan ocha (baca : ocya) menemani kami makan.

——–

Bisa dibilang rasa sushi (dan sashimi) di Ichiban Sushi enak. Potongan ikan yang dipakai tidak berbau amis dan juga lembut di lidah. Rasanya pun mirip dengan rasa sushi yang pernah saya coba sebelumnya. Ukurannya tidak besar dan setiap potong bisa dimakan dalam sekali suap.

Sajian sushi biasanya akan ditemani dengan cuka dan ditambah wasabi. Wasabi adalah daun yang rasanya agak “pedas” , mirip seperti daun mint. Biasanya wasabi yang sudah ditumbuk akan diaduk ke dalam cuka (sesuai selera untuk kepedasannya). Lalu sushi dicelupkan ke dalam cuka tersebut.

Hanya saja, saya dan si kribo kecil lebih suka memakannya dalam bentuk polos alias tanpa cuka. Rasanya lebih natural dan kelembutan potongan ikannya terasa sekali tanpa tercampur rasa asam cuka.

Sama seperti sebelumnya sajian ini habis tidak lama kemudian. Ibunya si kribo kecil mencoba makan sebuah California Roll dan dengan muka terlihat tersiksa akhirnya dia menelannya.

———

Tak dinyana, ternyata pengunjung restoran makanan khas Jepang ini cukup banyak. Karena saat itu menjelang makan siang, terlihat beberapa kelompok memasuki restoran. Ada yang sepertinya keluarga atau pasangan muda-mudi.

Makanan khas Jepang
Salmon Teppanyaki Ichiban Sushi Botanic Square Bogor

Ada yang memesan sushi tapi ada juga yang memesan yang sudah matang.

Rupanya kepopuleran makanan khas Jepang ini sudah mulai mengena di hati sebagian warga Bogor. Lidah yang terbiasa dengan ikan goreng kering rupanya sudah bisa menerima sensasi rasa ikan mentah.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda mau mencoba?

Catatan:

– Karachi dan California Roll adalah dua jenis variasi sushi hasil kreasi bukan dari orang Jepang.

– Ichiban Sushi adalah sebuah jaringan restoran yang menyajikan berbagai makanan khas Jepang dalam bentuk dan rasa aslinya. Ichiban = Nomor Satu.

5 COMMENTS

  1. Apakah ichiban sushi botani Square sudah memiliki halal MUI?
    Mohon infonya ????

    • Silakan tanyakan langsung kesana Mbak.. Lovely Bogor tidak punya kaitan dengan Ichiban Sushi, jadi tidak bisa menjawab pertanyaan ini

  2. Takoyaki enak dimana aja ya pak sekitar bogor? yg lokasi nya deket-deket kebun raya.

    • Nah.. saya juga belum tahu… terus terang saya belum menemukan makanan yang satu ini yang enak. Jadi, nggak bisa kasih saran.

      Banyak yang jual, tetapi setelah mencoba tidak bisa saya rekomendasikan.

  3. Terima kasih atas infonya 🙂
    Kalau sekarang restoran atau tempat makan Jepang sudah banyak sekali bak jamur dimusim penghujan, saya rasa di Kota Bogor pun demikian 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.