Lapis Talas Sangkuriang
Tampilan Lapis Talas Sangkuriang

Siapa tak mengenal Lapis Talas Sangkuriang? Belakangan ini nama oleh-oleh khas Bogor ini terdengar dimana-mana. Dunia maya pun tidak terhindar dari pengaruh namanya. Banyak orang menawarkan si Lapis Bogor ini via toko online mereka.

Di dunia nyata outlet Lapis Talas Sangkuring selalu penuh dengan antrian pengunjung terutama di akhir pekan dan di hari hari libur. Sudah mengantri pun belum tentu bisa mendapatkan sekotak cake berwarna-warni.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami sendiri tidak kebagian jatah membeli. Terakhir kali bulan Desember , saat itu baru saja sampai di outletnya di Jalan Soleh Iskandar, langsung kami diberitahu bahwa stok sudah habis. Akhirnya kami terpaksa mengunjungi kerabat di Solo tanpa membawa oleh-oleh khas Bogor ini.

Talas Bogor

Bogor sejak dulu selain memili julukan sebagai kota hujan juga memiliki sebuah nama panggilan lainnya yaitu Kota Talas. Alasannya sederhana karena Talas merupakan sebuah hasil pertanian dari kota ini. Talas Bogor yang bernama latin Colocasia Esculenta memiliki ciri khas berupa ukurang yang besar, lembut dan gurih. Talas Bogor sudah sejak lama sering dijadikan sebagai buah tangan oleh orang-orang yang berunjung ke kota hujan ini.

Talas Bogor sampai saat ini masih banyak ditemukan di berbagai tempat di Bogor dan sekitarnya. Di berbagai tempat yang sering dikunjungi wisatawan mudah terlihat pedagang menawarkan talas Bogor . Biasanya dalam bentuk ‘ikatan’ dimana beberapa batang talas tanpa daun diikat oleh pengikat dari bambu atau tali biasa.

Walaupun hampir semua bagian talas dapat diolah menjadi makanan seperti daunnya dipakai membuat ‘buntil’ atau batangnya untuk dibuat sayur, talas Bogor terkenal karena umbinya.

Talas banyak diolah menjadi berbagai macam bentuk produk olahan dan dijadikan oleh-oleh seperti stik talas goreng yang sampai saat ini masih banyak ditawarkan. Hal ini disebabkan bagian utama talas sendiri umbinya memiliki getah. Getahnya ini yang membuat talas akan terasa lengket di lidah dan tangan kalau hanya direbus atau dikukus. Menggorengnya adalah cara terbaik untuk menghilangkan lengket akibat getahnya.

Pedagang Talas Bogor
Pedagang Talas di sebelah kantor pos Bogor

Lapis Talas

Di sekitar tahun 2008-2009 seorang lulusan Institut Tehnologi Sepuluh November, Rizka Romadhona memulai usaha baru, setelah usaha baksonya gagal. Usahanya masih bergelut di bidang kuliner hanya kali ini ia memanfaatkan bahan lokal yang merupakan ciri khas Bogor yaitu talas.

Tidak seperti berbagai usaha oleh-oleh talas lainnya yang hanya menekankan pada penggorengan, Rizka memilih untuk menjadikannya sebagai tepung. Dari tepung itu kemudian dia mencoba membuat berbagai macam penganan seperti cake, brownies. Usahanya pun berhasil. Cake buatannya tidak lengket, basah atau bergetah ketika dimakan. Teksturnya juga lembut.

Dari sinilah istilah lapis talas mulai dikenal karena cake buatannya biasanya terdiri dari dua lapis. Lapisan pertama berwarna kuning dan lapisan berikutnya berwarna seperti ungu dan hijau muda. Oleh karena ada dua lapisan warna yang berbeda maka kata ‘Lapis’ pun disematkan pada cake buatannya. Walaupun berwarna warni produk ini tidak menggunakan bahan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini terbukti dengan diberikannya Label Halal serta sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Bermula dari usaha rumahan, lapis talas beranjak dikenal oleh masyarakat setelah usahanya memasuki berbagai instansi pemerintah dan mengikuti pameran. Perkembangannya pesat hingga di tahun 2011 ia mendirikan sebuah outlet di Jalan Soleh Iskandar . Setahun kemudian outlet kedua di Jalan Pajajarn dan ketiga di Restoran Raffles Puncak berdiri.

Label yang disematkan pada cake buatannya adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Walaupun demikian produk buatannya dikenal dengan berbagai nama lainnya seperti Lapis Talas Sangkuriang atau Lapis Sangkuriang.

Lapis Talas di Bogor

Sejak populernya lapis talas ala Lapis Bogor Sangkuriang, di Bogor mulai bermunculan beragam produk lapis talas. Paling tidak sejauh ini sudah ada 8 produk resmi dengan memanfaatkan ketenaran Lapis Talas versi Sangkuriang. Jumlah tersebut belum ditambah berbagai produk yang berlabelkan lapis talas tanpa merek. Saat ini mudah sekali ditemukan berbagai lapis talas di toko kue – toko kue di Bogor. Beberapa nama seperti Golden French dan Kaya Bakery menyediakan lapis talas dengan label Lapis Bogor.

Hanya saja kepopuleran Lapis Bogor Sangkuriang sebagai peolopor kehadiran lapis talas bisa dikata tidak tergoyahkan. Liputan berbagai media pada saat kelahiran lapis talas membuat Lapis Bogor atau Lapis Talas Sangkuriang tetap menempati urutan pertama ketika orang mencari oleh-oleh khas dari Bogor. Ketika frase lapis talas disebutkan orang akan selalu mengasosiasikan dengan merek Lapis Bogor Sangkuriang.

Selain itu rasa Lapis Bogor Sangkuriang memang yang paling enak (menurut penulis) diantara berbagai produk lapis talas yang ada. Kebetulan ada 3 outlet lapis talas dari merek yang berbeda di Jalan Soleh Iskandar yang dekat dengan rumah dan ketiganya sudah pernah dicoba.

Hal ini dibuktikan ketika beberapa waktu yang lalu hendak membeli buah tangan untuk kerabat di Solo dan niatnya untuk membawakan si Lapis Bogor Sangkuriang. Kebetulan outletnya di Jalan Soleh Iskandar dekat dengan rumah. Ternyata ketika ke outlet tersebut antriannya sangat panjang dan ramai dan akhirnya kami tidak kebagian. Ketika akhirnya diputuskan untuk membeli alternatif lapis talas versi lain, ternyata outlet versi lain tersebut bisa dikata normal tanpa antrian. Situasinya yang sangat berbeda menunjukkan bahwa kepopuleran Lapis Bogor Sangkuriang belum terkalahkan walau pesaing bermunculan.

Produk lain Lapis Bogor Sangkuriang
Berbagai produk Lapis Bogor Sangkuriang di rak outletnya di Jalan Soleh Iskandar

Penutup

Kreatif dan konsisten. Seperti ucapan banyak pengusaha sukses, kreatifitas dan kekonsistenan adalh kunci penting bagi sebuah keberhasilan.

Rupanya orang yang ada di belakang Lapis Bogor atau Lapis Talas Sangkuriang menerapkan hal ini. Dari segi rasa lapis talas versi Sangkuriang masih sama sejak pertama kali ada hingga saat ini mencerminkan kekonsistenan dalam menjaga mutu. Berbagai macam variasi rasa lapis talas versinya mencerminkan sisi kreatif. Hal tersebut belum ditambah dengan berbagai jenis penganan lain seperti pie talas, brownies yang kesemuanya memiliki rasa yang tidak kalah dengan lapis talasnya.

Bagi kota talas ini, sejak lahirnya Lapis Bogor Sangkuriang seolah Bogor mendapat tambahan sesuatu yang mengukuhkan julukannya sebagai Kota Talas. Hanya kali ini dalam bentuk yang berbeda dari bentuk sebelumnya yang berupa bahan mentah atau olahan tradisional, kali ini sesuatu yang lebih modern. Talas , si oleh-oleh tradisional Bogor lahir dalam bentuknya yang lebih cantik dan warna-warni ceria khas zaman modern sekarang ini.

——-

Untuk melihat daftar jenis dan harga Lapis Bogor Sangkuriang bisa klik disini .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.