Lan Yang Dance, Para Tamu Cantik Duta Taiwan

Lan Yang Dance, Para Tamu Cantik Duta Taiwan
Kredit foto : Arya Fatin krisnansyah @nafmedia

Kehadirannya pada acara Cap Go Meh Bogor 2020 yang lalu memang mengundang perhatian, terutama dari kaum adam. Susah untuk tidak sekedar melirik sekelompok gadis cantik.

Berbalut kostum berwarna putih, mereka dengan gemulai menari sambil tersenyum di sepanjang Jalan Suryakencana saat karnaval dilakukan.

Hampir pasti banyak penonton pria yang “melirik” pasangan di sebelahnya kemudian membandingkan dengan gadis remaja nan langsing ini.

Kebanyakan penonton tidak tahu namanya. Bahkan, pastinya tidak sedikit yang menduga mereka berasal dari perkumpulan etnis Tionghoa yang banyak ada di kawasan Pecinan Bogor tersebut. Maklum, etnis yang satu ini juga merupakan bagian dari Bogor yang tidak terpisahkan.

Padahal, sebenarnya bukan. Kelompok gadis ini merupakan tamu dari negeri yang berjarak 3,600 kilometer lebih dari Bogor, Taiwan.

Lan Yang Dance atau Tari Lan Yang adalah kelompok gadis-gadis cantik itu.

Apa itu Tari Lan Yang?

Tari Lan Yang Opera Keliling asal Yilan Taiwan
Kredit foto Arya Fatin krisnansyah @nafmedia

Tari Lan Yang merupakan sebuah simbol dari usaha Pemerintah Distrik Yilan di sebelah Timur Taiwan untuk mempertahankan budaya mereka dari gerusan budaya asing yang masuk.

Pada tahun 1992, usaha ini diwujudkan dalam bentuk sebuah kelompok Opera Keliling. Pilihan ini dilakukan karena kesenian ini merupakan ciri khas dari daerah tersebut.

Lan Yang Dance sendiri di negara asalnya dikelola oleh sebuah perusahaan Lan-Yang Taiwanese Opera Company yang didirikan pada tahun 1992.

Perusahaan inilah yang kemudian merekrut anggotanya dari remaja yang berasal dari pecinta dan penggiat seni ini. Mereka juga kebanyakan bersekolah di Sekolah Kejuruan Komersial I-Lan.

Berbagai negara di dunia sudah disambangi oleh tim penari Lan Yang. Sebut saja, Amerika Serikat, Costa Rica, Kanada, Singapura, dan sejak tahun 2020 bertambah Indonesia.

Tentunya, hal itu dilakukan untuk memperkenalkan kesenian khas Taiwan ke dunia. Tujuannya sama dengan mengapa ajang Bogor CGM Street Festival diadakan.

Kredit foto Arya Fatin krisnansyah @nafmedia

Biasanya mereka membawakan sendratari atau opera yang mengusung sebuah cerita. Meskipun demikian, pada pagelaran Cap Go Meh yang lalu, mereka tampil lebih sebagai penari yang berlenggak lenggok cantik di atas panggung jalanan, bersama sejawat mereka Electro Techno Neon Gods.

Entah, apakah tahun depan 2021 mereka akan datang lagi. Sangat bisa jadi juga, ajang CGM Bogor pun harus ditiadakan karena pandemi diprediksi masih berlangsung.

Meskipun demikian, setidaknya sudah tercatat bahwa para duta cantik itu pernah membuat mata ribuan penonton tidak berkedip dengan kehadirannya.

Mari Berbagi

2 thoughts on “Lan Yang Dance, Para Tamu Cantik Duta Taiwan”

  1. Kesenian tari seperti ini, mau darimanapun asalnya, aku selalu suka. Menarik aja liat gerakan2 tarian yg luwes , selaras dengan lagunya, juga penari yang cantik2 :D. Badanku dari dulu memang ga berbakat nari, selalu kaku, tapi seneng liat tarian2 🙂

    Waah sayang aku ga tau kalo cap go meh kemarin ada acara begini mas. Kalo tau, pasti aku arrange staycation di daerah Bogor sekalian, liat festival ini, wisata kuliner Bogor, sambil ngerasain pindah tidur di hotel yg blm pernah dicoba :D. Udah 3 bahan tulisan setidaknya :D.

    Ga yakin juga mereka bakal tampil lagi THN depan. Acara Cap go meh ato lainnyapun kurasa dicancel

    • Hahahahahaha….Tiap orang bakatnya berbeda kayaknya Fan… Dikau bakatnya berkelana…

      Di Bogor setiap tahun ada Fan, cuma kalau tahun depan kayaknya tidak bakal diadakan mengingat situasi. Sekitar Februari biasanya diadakan. Tempat yang sama.. Kalau nanti diadakan.. datang yah.. ntar jalan jalan keliling Bogor..

Comments are closed.