Kuliner Taman Kencana Bogor
Taman Kencana Bogor

Kuliner Taman Kencana bisa dikata namanya sudah dikenal oleh banyak kalangan. Bukan hanya warga Bogor tetapi juga banyak orang dari luar Bogor sudah mengenal tempat ini.

Memang di lokasi yang dulunya perumahan khusus bangsa kulit putih ini banyak sekali tempat yang menawarkan berbagai jenis kuliner.

Banyak media , baik cetak ataupun televisi sudah meliput dan berkontribusi membuat tempat ini menjadi terkenal. Puluhan blog sudah menulis mengenai ragam dan kenikmatan kuliner Taman Kencana Bogor.

Bisa dikata seperti sudah jadi sebuah ritual khusus bagi pengunjung kota termacet Indonesia 2014 ini untuk menyambangi Taman Kencana. Tentu saja bukan sekedar untuk melihat patung kijang. Bukan pula untuk melihat-lihat bangunan kuno yang ada disini.

Mayoritas pengunjung luar daerah yang datang kesini, kalau tidak untuk mengisi perut , biasanya untuk mencoba berbagai kuliner yang ditayangkan di televisi.

Ada slogan tak resmi “Belum ke Bogor kalau belum ke Taman Kencana”. Ada-ada saja tetapi menunjukkan betapa tenarnya tempat ini.

Kuliner Taman Kencana
Macaroni Panggang

Sebenarnya apa saja kuliner Taman Kencana ?

Kalau disebut satu persatu maka daftarnya cukup panjang.

Hanya ada beberapa tempat yang menjadi ciri khas dari kuliner Taman Kencana. Bisa disebut tempat-tempat inilah yang menjadi ikon dari taman yang dulunya bernama Van Imhoff Plein ini.

Satu hal yang jelas terlihat. Bila anda penggemar makanan tradisional suatu daerah dan ingin menikmati keunikan jenis masakan tersebut, Taman Kencana bukanlah tempat yang pas untuk anda.

Kuliner Taman Kencana lebih banyak menawarkan makanan dengan cita rasa “londo” (Belanda) kata kakek nenek kita.

Perhatikan beberapa nama yang menjadi ikon disini

1. Macaroni Panggang , menu andalannya adalah sesuai dengan nama restorannya yaitu Macaroni Panggang. Silakan lihat daftar menunya dan anda pasti mengerti apa yang dimaksud.

Tentu rumah makan ini menyediakan berbagai jenis makanan lainnya. Hanya saja mayoritas menu yang ditawarkan kental dengan aroma masakan ala orang Eropa.

Kuliner Taman Kencana2. Rumah Cupcakes , tentu anda bisa menebak apa yang diandalkan disini. Betul sekali ! Cupcakes ! Jenis kue yang ditemukan di Amerika Serikat abad ke-19.

3. Klappertaart Huize , rumah klappertaart. Makanan yang diciptakan di Manado saat pendudukan Belanda dulu menjadi menu utama dari sini.

4. Pia Apple Pie , rasanya tidak ada masakan Indonesia atau Bogor yang bernama Apple Pie.

5. Kedai Kita , jangan melihat namanya yang memakai kata-kata dari bahasa Indonesia. Sajian yang menjadi kekuatan dari kedai ini adalah Pizza Bakar. Pizza menurut data adalah makanan asli dari Italia dan bukan Bogor.

6. Lasagna Gulung , kalau dadar gulung saya cukup yakin berasal dari Indonesia. Hanya kalau lasagna rasanya bukanlah berasal dari negeri ini.

7. Death by Chocolate and Spaghetti, tentu anda tidak benar-benar mati karena coklat atau spaghetti. Meskipun demikian spaghetti yang mirip mie bukanlah masakan asli Bogor.

——-

Kuliner Taman KencanaEntah mengapa tempat-tempat ini menjadi maskot dari kuliner Taman Kencana. Ratusan orang pengunjung rela mengantri setiap minggu atau hari libur mendapatkan tempat di rumah makan-rumah makan disana.

Hmmm, mungkinkah suasana Taman Kencana yang pada masa kolonialisme dulu merupakan pemukiman elit khusus warga Eropa memberikan pengaruh tersendiri?

Ataukah pemakaian rumah-rumah kuno sebagai tempatnya memicu keinginan menikmati suasana masa tersebut?

Entahlah, hanya kalau dilihat ulang jenis-jenis makanan tersebut rasanya pas dengan suasana sekitar.

Hanya itu saja kuliner Taman Kencana ?

Kuliner Taman KencanaTentu saja tidak. Masih ada banyak bagian lain yang menyebabkan tempat ini bak surga bagi penggemar kuliner.

Masih di sekitaran lokasi yang sama terdapat beberapa tempat lain. Bisa disebut

a) Waroeng Taman , disini bisa ditemukan makanan Indonesia umum. Meskipun demikian tersedia pula menu-menu serapan dari luar seperti Fuyunghai.

b) Saung Pak Ewok, lagi-lag memakai kata tradisional , Saung yang artinya Pondok. Jangan dibayangkan bahwa sajian full tradisional. Saung ini menawarkan menu gado-gado alias berbagai macam.

Andalannya adalah sop buah yaitu campuran potongan berbagai macam buah dengan yoghurt. Untuk melihat tentang Saung Pak Ewok, anda bisa memakai fasilitas search di web ini dengan kata kunci Pak Ewok atau Saung Pak Ewok.

c) Agri Park , sebuah taman dimana juga terdapat berbagai usaha kuliner dengan berbagai macam pilihan. Campur aduk jenisnya tetapi hanya sedikit yang tradisional. Sisanya adalah umum atau , meminjam kata pelajaran bahasa Indonesia, serapan dari luar Bogor.

d) Bila anda penggemar wisata kuliner tanpa mempedulikan tempat, beberapa warung tenda berjejer di belakang Taman Kencana. Tempatnya tidak nyaman karena anda harus makan di bawah pohon atau bangku seadanya. Hanya bila anda gemar petualangan, mengapa tidak ? Bukan begitu?

Nah, kalau anda masih penasaran mencari sesuatu yang berbau tradisional, mungkin hari Minggu adalah waktu yang terbaik.

Mengapa demikian ?

Kuliner Taman KencanaKarena pada hari itu kuliner Taman Kencana akan mendapat banyak anggota tidak tetap. Pedagang kaki lima dengan gerobak-gerobaknya akan memenuhi sekeliling Taman Kencana.

Banyak diantara mereka menjajakan jajanan khas tradisional baik dari Bogor atau luar Bogor. Saat itulah pilihan jenis tradisional akan lebih bervariasi.

Meskipun demikian biasanya lebih pada jajanan dan bukan pada makanan utama.

Ada satu hal yang harus anda waspadai pada hari Minggu disini. Banyaknya pedagang bukan berarti anda akan mudah mendapatkan tempat.

Hari Minggu antara pukul 6-9 pagi adalah Car Free Day ala Bogor dan biasanya tempat ini akan penuh dengan orang-orang yang mencari sarapan setelah berolahraga.

Anda tetap harus berjuang mencari tempat.

———

Begitulah kira-kira mengapa kuliner Taman Kencana sering disebut sebagai salah satu pusat kuliner di Bogor. Ada selera “londo” , ada juga selera “pribumi” disini. Ada gaya meneer ada juga gaya abang-abang.

Mana yang anda suka , tinggal pilih saja. Hanya sebelum itu usahakan cari tempat dulu.

Selamat menikmati kuliner Taman Kencana!

4 COMMENTS

  1. Ini adalah bagian terbaik dari Bogor dan separuh jiwaku ada disini
    …The place where life was at its best…

    • Yang punya wilayah… hahahahahaha

  2. pizza delivery bekasi

    haha iya juga ya, resto di taman kencana makanannya londo semua…

    tapi itu tuh yang terkenal di bogor, gimana dong? :)) asinan dan venus sih udah pernah coba :p

    • Ya ga papa.. kalau suka, mau gimana lagi..

      Kalau mau coba yang tradisional, coba laksa gang aut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.