Kabar bagus! Bogor kembali raih sertifikat Adipura. Berarti untuk kali ketiga berturut-turut Kota Hujan mendapatkan penghargaan ini setelah pada tahun  2017 dan 2018. Sesuatu yang menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik dalam hal kebersihan lingkungan mengingat terakhir kali penghargaan Adipura mampir ke kota ini tahun 1988.

Dua puluh tujuh tahun lamanya, Kota Bogor dianggap tidak memenuhi syarat sebagai kota bersih menurut penyelenggaranya, Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. Barulah pada tahun 2015, kota ini dianggap kembali sebagai layak mendapatkan satu dari 4 jenis penghargaan Adipura ayng tersedia.

Tetapi, tahukah Anda makna dari Sertifikat Adipura itu sendiri ? Samakah dengan penghargaan Adipura yang diterima puluhan tahun yang lalu itu.

Jawabannya ada pada jenis penghargaan Adipura yang berlaku sekarang. Sejak dimulainya lagi pemberian penghargaan terhadap kota “bersih” di Indonesia tahun 2002 ini ada perubahan dimana ada penyesuaian dalam kriteria.

Selain sertifikat Adipura ada 3 jenis Adipura lainnya yang diberikan kepada berbagai kota di Indonesia, yaitu

  • Adipura Kencana : penghargaan ini diberikan kepada kota yang pencapaiannya melebihi apa yang ditetapkan sebagai standar kota Adipura, salah satu contoh di tahun 2017-2018, Kota Surabaya dianugerahi penghargaan ini
  • Adipura : penghargaan ini diberikan kepada kota yang memenuhi standar dan kriteria pengelolaan lingkungan yang sudah ditetapkan
  • Sertifikat Adipura : penghargaan ini dianugerahkan kepada kota yang mengalami peningkatan penilaian dalam pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan periode / tahun sebelumnya
  • Plakat Adipura : diberikan kepada kota yang memiliki sarana atau prasarana terkait dengan pengelolaan lingkungan atau ruang publik yang terbaik, seperti tempat pemrosesan akhir (TPA), terminal bis, taman kota, dan sebagainya

Nah, berarti Kota Bogor bisa dianggap sebagai kota yang berhasil melakukan peningkatan dalam upaya menjaga kebersihan lingkungannya. Dan, artinya sejak tahun 2018, upaya itu terus menunjukkan hasil yang terus membaik.

Itulah mengapa disebut sebagai sebuah kabar baik.

Bisa jadi, tahun depan, atau 2-3 tahun mendatang, penghargaan yang diterima meningkat menjadi Adipura dan bukan lagi sekedar sertifikat.

Yuk kita bantu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.