Komunitas Ponselgrafi Indonesia - Smartphone Bukan Hanya Buat Selfie

Komunitas Ponselgrafi Indonesia namanya. Sebuah grup tertutup yang lahir di tahun 2017 yang lalu dari tangan seorang fotografer handal asal Bogor, Rudy Sempur yang foto-foto hasil karyanya banyak yang bertema tentang Bogor.

(Silakan simak : Bogor Itu Terindah – Lensa Dari Tanah Rantau)

Grup yang dibuat untuk menunjukkan kepada banyak orang bahwa smartphone atau ponsel sebenarnya bisa memberikan manfaat lebih daripada sekedar untuk selfie saja (dan berkomunikasi tentunya). Di komunitas yang berbasis Facebook ini para anggotanya dapat sharing berbagai foto yang dihasilkan dengan menggunakan ponsel alias telpon genggam.

Sebuah grup yang memiliki idealisme bahwa banyak manfaat yang lebih banyak bisa dihasilkan dengan kamera smartphone daripada sekedar memamerkan kenarsisan diri sendiri kepada orang lain. Salah satunya adalah dengan menunjukkan keindahan dunia lewat foto-foto yang dihasilkan sebuah smartphone.

Anggotanya meskipun sebagian besar adalah warga Bogor tetapi tidak mengikat, alias warga luar Bogor pun bisa mengikutinya. Meskipun demikian, karena kebanyakan dari 588 anggotanya (hingga saat ini) adalah warga Bogor, kebanyakan fotonya bertemakan Kota Hujan.

Komunitas Ponselgrafi Indonesia - Smartphone Bukan Hanya Buat Selfie 2

Sebuah komunitas yang saya juga ikuti hingga saat ini. Selain karena Kang Rudy Sempur adalah rekan sesama fotografer dan sudah beberapa kali juga hunting foto bareng, konsep ini sesuai dengan pandangan saya tentang bagaimana seharusnya memanfaatkan kamera pada ponsel.

Mayoritas pengguna ponsel sering hanya memanfaatkan kamera depan ponsel hanya untuk melakukan swafoto atau selfie saja. Padahal, ada kamera belakang yang bisa menghasilkan banyak hal selain memamerkan wajah diri sendiri.

Kamera belakang sebuah ponsel bisa dipergunakan untuk terlibat dalam citizen journalism atau jurnalisme warga. Kamera ini juga bisa memperlihatkan keindahan dunia kepada banyak orang.

Sesuatu yang tentunya lebih bermanfaat dibandingkan memajang wajah diri sendiri di media sosial.

Morning VIew in One Corner of Bogor Palace Frontyard a

Dua buah foto di dalam artikel ini dibuat dengan menggunakan ASUS T00N, sebuah ponsel lawas warisan dari si Kribo Cilik (Yang sudah tidak cilik lagi).

Walau belum sempat disharing di Komunitas Ponselgrafi Indonesia tetapi seharusnya menunjukkan apa yang ditulis di bagian atas, bahwa kamera Ponsel/Smartphone/HP bisa menghasilkan lebih dari sekedar kenarsisan diri sendiri.

2 COMMENTS

  1. Saya boleh gabung ya pak ke komunitas ini.?

    • Coba saja.. tulis saja dipesannya kenalan saya..

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.