Komunitas Bogor di dunia maya
Komunitas Bogor – Masyarakat Bogor bisa digolongkan sudah masuk golongan masyarakat modern. Mereka tinggal dalam sebuah kota yang sedang menjelang menjadi kota metropolitan. Meskipun demikian ternyata mayoritas dari mereka tetap tidak melepaskan warisan dari leluhur berupa kebiasaan bersilaturahmi antar anggota masyarakat.

Tidak mengherankan kalau di kota ini tumbuh berbagai jenis komunitas. Komunitas baik yang berlandaskan hobi maupun sekedar sebagai sarana menjalin silaturahmi.

Komunitas Bogor ini ternyata bukan hanya ada di dunia nyata, alias yang ada secara fisik tetapi juga ada di dunia maya. Sebagai masyarakat yang sudah tidak asing lagi dengan peralatan komunikasi modern, banyak dari mereka membentuk komunitas berlabel Bogor di internet.

Salah satu media yang paling umum digunakan, sesuai dengan trend, adalah Facebook (FB). Cukup banyak komunitas Bogor yang terbentuk dengan memanfaatkan fasilitas group di FB.

Komunitas Bogor di Facebook

Paling tidak terdapat 8 komunitas Bogor terbentuk di Facebook. Anggotanya mulai dari yang hanya ratusan hingga yang mencapai ribuan.

Bisa disebutkan komunitas-komunitas tersebut sebagai berikut

Komunitas Bogor di dunia maya1. Bogor Heritage (Pusaka Bogor)

Bogor Heritage atau Pusaka Bogor merupakan komunitas Bogor di dunia maya yang paling banyak anggotanya.

Sampai tulisan ini dibuat tercatat 20,000 orang menjadi anggotanya.

Anggotanya bukan hanya warga Bogor tetapi bahkan orang-orang yang tidak tinggal di Bogor tetapi masih memiliki perhatian kepada kota ini.

 

kOMUNITAS Bogor di dunia maya
PAGUYUBAN PECINTA BOGOR

2. Paguyuban Pecinta Bogor (PAPEBO)

Anggotanya mencapai 5,900 lebih orang.

Sama dengan Bogor Heritage anggotanya terbuka bagi siapa saja yang peduli terhadap kota hujan.

 

 

Komunitas Bogor di dunia maya3. Paguyuban Bogor

Anggotanya mencapai 4,200 orang.

Keanggotaan juga terbuka sama seperti semua komunitas Bogor di Facebook lainnya

 

 

Komunitas Bogor di dunia maya4. Masyarakat Cinta Bogor

MCB singakatannya. Angka anggotanya mencapai 15,000 lebih.

Keanggotaan terbuka bagi semua orang baik warga Bogor atau bukan tetapi merasa terkait dengan kota ini

 

 

Komunitas Bogor di dunia maya5. Bogor, Kemarin, Hari ini, dan Esok

Tidak sebanyak komunitas yang lain. Keanggotaannya mencatat 1,800 orang saja.

 

 

 

Nah ke-lima komunitas ini secara total memiliki anggota hampir 50 ribu orang.

Para anggotanya sangat aktif. Kicauan hampir tidak berhenti setiap waktu. Pembicaraan bebas selama tidak berbau pornografi atau SARA, maka tidak akan dipermasalahkan oleh para anggota maupun tim moderator.

Postingan beragam dan sering berupa foto. Foto kuliner yang sedang nge-trend di Bogor sampai foto polisi yang melanggar aturan pun berkeliaran di dalam ruang komunitas. Tidak jarang cerita sejarah tentang Bogor di masa lalu beserta foto disharing kepada seluruh anggota komunitas.

Tidak jarang pula kritikan kekesalan terhadap pemerintah disampaikan melalui media ini.

Meskipun demikian para anggotanya bukan hanya sekedar mengkritik. Komunitas Bogor di dunia maya sering mewujudkan kepedulian mereka terhadap kota ini dalam berbagai tindakan nyata. Penggalangan donor darah rutin dilakukan salah satu komunitas. Pengumpulan dana seperti yang terakhir dilakukan untuk perbaikan Museum Perjuangan Bogor yang kondisinya memprihatinkan digerakkan dalam bentuk Heritage Run bulan April lalu.

Bogor mungkin sudah menjadi kota modern tetapi sifat dasar warga Bogor yang penuh keramahan dan tetap menjaga silaturahmi terlihat dipertahankan. Kesibukan sehari-hari tidak berarti mereka melupakan perhatian terhadap kota yang mereka cintai ini. Meskipun kadang hanya bisa melalui cara sederhana bergabung dengan komunitas Bogor di dunia maya.

Penulis bergabung dengan komunitas yang mana ? Semuanya ! Komunitas ini adalah lahan ide dan informasi yang sangat berharga untuk membuat Lovely Bogor tetap berjalan.

 

Catatan : masih ada komunitas Bogor tetapi lebih spesifik yang akan dituliskan secara terpisah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.