Loely Bogor LogoSelamat Pagi Kawan Pembaca.

Mudah-mudahan Anda semua dalam keadaan sehat wal’afiat dan semoga selalu berada dalam lindungan-NYA.

Tidak terasa tahun 2015 sebentar lagi akan berakhir. Tahun yang saya pikir merupakan sebuah tahun awal yang penuh dengan lika-liku. Tentu saja dalam kaitan dengan keberadaan Lovely Bogor.

Sebenarnya, beberapa draft tulisan terbaru sudah siap untuk diterbitkan. Meskipun demikian, akhirnya diputuskan untuk ditunda hingga awal tahun depan, yang sebentar lagi tiba.

Bukan karena takut kehabisan ide. Bukan pula karena takut tidak ada yang baca karena semua orang sibuk berlibur. Alhamdulillah, sejauh ini untuk kedua hal tersebut, Lovely Bogor diberikan kemudahan sehingga masih tetap berjalan seperti biasa.

Alasannya, mungkin karena saya, sebagai pemilik, admin, sekaligus penulis di blog ini ingin mengucapkan TERIMA KASIH kepada seluruh pembaca Lovely Bogor.

Ya, terima kasih sebesar-besarnya dan juga sebanyak-banyaknya. Tanpa kehadiran Anda semua yang menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog ini, maka beberapa hal di bawah ini tidak akan terwujud dan tercapai.

Mungkin Anda bertanya, pencapaian apa? Yah, bila Anda seorang blogger senior, atau penulis terkenal, hal di bawah ini bukanlah sesuatu yang menakjubkan. Tetapi, bagi saya seorang blogger “newbie” alias baru, yang baru saja memulai menekuninya, hal ini sudah jauh di luar perkiraan. Jauh sekali dalam artian yang baik.

Lotus

Pencapaian 2015

Yang pertama :

Ketika memulai menulis artikel pertama, tidak pernah terbayangkan bahwa suatu waktu ada lebih dari 2.200 pengunjung setiap harinya. Sama sekali tidak.

Pada awal mulanya, saya berpikir kalau 500 orang saja setiap hari, itu sudah sebuah hal yang patut disyukuri. Ternyata, jumlahnya hingga akhir tahun ini sudah 4 kali lipat. Sulit untuk tidak merasa senang.

Bahkan sebenarnya, pada saat-saat tertentu, pengunjung pernah melebihi 3.000 orang dalam sehari, hanya angka 2.200 adalah angka yang cukup fair karena itulah jumlah rata-rata paling tidak dalam 2-3 minggu terakhir.

Yang Kedua :

LOVELY BOGOR sudah mendapatkan persetujuan sebagai salah satu GOOGLE ADSENSE PUBLISHER (GAP).

Anda tentu melihat, ada beberapa iklan pada blog ini. Mudah-mudahan kehadirannya tidak mengganggu Anda. Ini adalah sebuah keistimewaan yang diberikan karena blog ini sudah dipercaya untuk menjadi mitra dari GA.

Bagi para blogger, menjadi mitra GA bukanlah hal yang mudah. Banyak yang sudah mencoba bahkan berkali-kali dan belum tentu mendapatkan persetujuan dari GA.

Alhamdulillah, Lovely Bogor diberikan kemudahan. Dengan menjadi mitra GA, terbuka peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Tentu saja tidak mudah dan akan tetap membutuhkan kerja keras.

Yang Ketiga :

Lovely Bogor tahun 2016 sudah mampu membiayai dirinya sendiri.

Yah, selama ini LB memang masih disuplai dari kocek pribadi. Tahun depan biaya untuk membayar sewa domain dan sewa server akan tertutupi dari pemasukan iklan.

Belum mampu untuk seratus persen menebus biaya operasi (yang termasuk ongkos bensin untuk memotret atau tiket masuk lokasi wisata), tetapi paling tidak, biaya utama sudah tertutupi.

Tidak pernah terbayangkan hal itu bisa terjadi pada tahun pertama. Tentunya, dengan demikian, maka diharapkan pengelolaan LB akan menjadi lebih baik dengan adanya tambahan dana.

kilas balik akhir tahun 2015-2

Rencana Perbaikan Dan Target Di 2016

Tentu dengan datangnya tahun yang baru, pada saat bersamaan datang pula harapan. Harapan saya, Lovely Bogor dapat lebih berkembang dan bermanfaat di masa mendatang.

Hal itu tentu tidak luput dari kerja keras. Kerja keras untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang ditemukan selama perjalanan di tahun 2015. Masih banyak sekali kekurangan yang ditemukan tetapi ada satu hal yang paling menonjol.

Sesuatu yang sebenarnya penting bagi blog ini. Sesuatu itu adalah terlalu serius dan kaku, tidak fun.

O yah. Saya merasakan itu ketika membaca ulang hampir semua tulisan yang pernah saya buat. Saya pikir sebagai sebuah blog, LB harus lebih memasukkan unsur “fun” alias kegembiraan pada pengunjungnya dan bukan sekedar informasi.

Kemungkinan besar hal itu disebabkan karena gaya menulis saya sendiri yang cenderung terlalu serius. Yah, saya tahu keinginan untuk memberikan yang terbaik dan bermanfaat membuat saya agak terjebak.

Di akhir-akhir tahun, saya mencoba untuk lebih bebas dalam menulis, tetapi ternyata karena sudah sedikit terlalu dalam dengan gaya penulisan sebelumnya, kesannya agak sedikit membingungkan.

Oleh karena itulah, maka di tahun yang akan datang, 2016, hal ini akan diperbaiki.

Mengenai target pengunjung di tahun 2016? Saya tidak memiliki target angka, kalau tahun depan, 15-20% ada kenaikan pada pengunjung perhari, maka hal itu sudah termasuk sukses bagi blog ini.

Pesimis? Tidak. Tentu diharapkan lebih besar tetapi mengingat masih banyaknya kekurangan yang harus diperbaiki, angka tersebut cukup realistis untuk dicapai.

Tampilan Blog?  Sebagai admin, saya haturkan permintaan maaf karena pada tahun ini berulangkali LB mengalami perubahan tampilan.

Hal ini karena terjadi 3x pergantian template blog. Template blog terakhir, yang sedang Anda lihat ini adalah Newsmag. Inilah template yang paling cocok untuk LB.

Meskipun demikian, dalam perjalanannya tidak semudah itu membuat tampilan menjadi sesuai yang diinginkan.. Perubahan tata letak harus beberapa kali dilakukan. Itulah yang membuat tampilan blog ini berulangkali mengalami perubahan.

Di tahun 2016, ditargetkan hal tersebut tidak lagi terjadi. Masih akan ada beberapa perbaikan, tetapi diharapkan tidak akan lagi mengganggu pengunjung.

kilas balik akhir tahun 2015-2

Rasanya sudah terlalu panjang tulisan ini. Tentunya Anda sudah bersiap-siap untuk merayakan pergantian tahun.

Saya tidak akan mengganggu terlalu lama lagi. Tulisan ini akan menjadi artikel terakhir di tahun 2015.

Sekali lagi, saya ucapkan TERIMA KASIH kepada Anda, Kawan pembaca. Tanpa partisipasi dan waktu yang Anda luangkan, kesemua yang disebutkan di atas tidak akan pernah tercapai dan tentunya, target kecil yang sudah disiapkan akan tetap membutuhkan partisipasi Anda.

Janganlah bosan untuk mengunjungi Lovely Bogor. Bahkan kalau bisa, bantulah dengan memberikan saran atau masukan.

Suatu waktu, saya berharap bisa membalas partisipasi Anda dalam bentuk selain ucapan terima kasih. Mudah-mudahan tidak membutuhkan waktu lama untuk mewujudkan hal tersebut.

TERIMA KASIH KAWAN. Selamat Tahun Baru dan semoga kita mendapatkan yang lebih baik di tahun depan. Amin.

2 COMMENTS

  1. tahun dimana artikel ini sedang dibuat,,,saya sedang awal2nya mengenal cerita sukses Linda ikeji,,,dan sedang Membuat blog MLM dan blog tsb sudah di Banned.

    Tapi Syukur dech saya bertemu dengan blog ini…sehingga bisa banyak belajar……

    • Upss… ini tahun awal LB berdiri dan masih mencari arah.. tetapi tahun yang baik untuk saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.