Kesenian Mabokuy, Bukan Mabokcuy, Asal Purwaraja, Ciamis

Ada satu penampakan tamu spesial dari luar Kota Hujan pada acara Cap Go Meh Bogor atau Bogor CGM Street Festival, Februari 2020 yang lalu. Namanya kesenian Mabokuy.

Jangan salah eja jadi mabok cuy. Artinya berbeda jauh.

Mabokuy sendiri merupakan singkatan dari tiga kata, yaitu manusia, boboko, dan dudukuy. Tiga kata campuran bahasa Indonesia dan Sunda.

Kesenian Mabokuy Asal Desa Purwara

Artinya, manusia ya manusia/orang, boboko artinya bakul nasi, dan dudukuy adalah caping atau penutup kepala yang terbuat dari anyaman bambu.

Jadi, kesenian mabokuy ini memang terdiri dari ketiga unsur itu. Bentuknya mirip dengan ondel-ondel dari betawi, yaitu boneka atau robot-robotan yang menyerupai manusia. Mabokuy bisa berbentuk wanita, kakek-kakek, atau nenek-nenek sama seperti boneka ikon kota Jakarta itu.

Bedanya adalah boneka ini dibuat dari berbagai peralatan rumah tangga yang terbuat dari anyaman bambu.

Hal ini tidak mengherankan karena pada awalnya, kesenian ini lahir untuk mempromosikan hasil produksi berbagai jenis anyaman bambu di daerah asalnya, Desa Purwaraja, Ciamis.

Masyarakat di wilayah tersebut yang mendapatkan penghasilan dari menjual peralatan rumah tangga yang terbuat dari bambu merasa terdesak oleh produk sejenis yang terbuat dari plastik. Oleh karenanya, untuk dapat bersaing mereka mencari cara untuk memperkenalkan produknya dan lahirlah Mabokuy.

Ternyata, justru robot-robotan ala ondel-ondel ini mendapatkan perhatian masyarakat luas dan bahkan wisatawan asing. Kepopulerannya tersebar kemana-mana, termasuk tahun 2020 ini. Penampakannya terlihat di jalan Suryakencana saat parade Cap Go Meh Bogor diadakan.

Kesenian Mabokuy Asal Desa Purwara

Baca juga : Kesenian Genye – Gerakan Nyere

Lucu dan menarik saat melihat ondel-ondel Ciamis ini berlenggak lenggok mengikuti alunan musik berirama Sunda saat acara itu. Dipikir-pikir, mirip dengan orang “mabok” juga gayanya.

Mari Berbagi

2 thoughts on “Kesenian Mabokuy, Bukan Mabokcuy, Asal Purwaraja, Ciamis”

  1. Mas Anton, jadi size si mabokuy ini juga Segede ondel2 yaaa. Td nya aku pikir sebesar boneka anak doang. Jujurnya td aku serem pas liat fotonya mas, sebelum baca ceritanya yaaaa. Krn lgs keingetan Ama Jailangkung, maaaf -_- ..

    Tapi pas tau kenapa boneka ini dibuat, oke jd paham :). Dan kalo besarnya memang Segede ondel2, jadi ga terlalu serem malah 🙂

    • Iyah.. segede orang.. kayak ondel-ondel..

      Hahahaha.. wajar saja serem. Apalagi kalau ketemu malam. Kebetulan itu dipotretnya juga saat Bogor sudah gelap, jadi emang nyeremin. Ga salah juga…

      Waduh..boneka phobia neh…

Comments are closed.