Nymphaea Rubra si teratai pink 01
Bunga Teratai – Kota Bogor sudah menetapkan fauna simbol kota ini, yaitu Rusa Totol. Pilihan yang sangat baik sekali mengingat sejarah yang ada pada diri si “uncal”. Hanya, apakah kota ini sudah memiliki flora simbolnya? Saya kurang tahu karena walaupun sudah melakukan surfing kesana kemari belum ditemukan adanya hal itu.

Kalaupun ada pemilihan flora simbol kota Bogor, mungkin Rafflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai akan menjadi favoritnya. Keduanya sudah pasti menjadi calon terkuat bila pemilihan itu ada.

Meskipun demikian, kalau diharuskan menjatuhkan pilihan, maka bukan kedua nama itu yang akan mendapatkan suara dari saya.. Pilihan di dalam benak saya, adalah sesuatu yang harus ceria dan bisa memberikan kesan modern sekaligus semarak bagi kota hujan ini.

Pilihan saya akan jatuh pada BUNGA TERATAI.

Bunga dari tanaman air keluarga Nhympaeceae ini memenuhi kriteria saya tentang bagaimana sebuah flora simbol seharusnya.

 

Bunga Teratai itu ceria

Terdapat berbagai warna bunga dari tanaman aquatic ini. Ada yang berwarna Pink, Putih dan kuning. Kesemuanya memberikan suasana semarak dan ceria. Sesuai dengan suasana kota ini yang penuh dengan keceriaan dan warna-warni.

Bentuknya juga cantik. Dibandingkan dengan Rafflesia Arnoldi dan Bunga Bangkai, bunga teratai lebih memberikan kesan kegembiraan . Tentu saja kedua nama itu secara ilmiah dan pengetahuan lebih mempunyai nama tetapi dalam hal memberikan kesan gembira, keduanya tak bisa menandingi bunga yang lahir dari keluarga Nymphaeacea ini.

Sejarahnya cukup panjang

Taman astrid

Mungkin tidak beberapa puluh tahun lebih muda dibandingkan kedua nama itu, tetapi keberadaan tanaman yang juga sering disebut Lotus ini tidak berarti baru. Usinya bisa dikata melebihi 100 tahun.

Salah satunya yaitu yang Teratai Raksasa yang diduga sudah berada di kota ini sejak akhir 1890-1900-an. Teratai ini juga termasuk sebuah tanaman langka mengingat kondisi di habitat aslinya di rimba Amazon ini sudah semakin mengakhatirkan.

Teratai itu unik

Teratai Pink atau Nhympaea RubraMeskipun bagi banyak orang dipandang sebagai biasa saja, teratai memiliki keunikan tersendiri. Dengan daun lebarnya, Victoria Amazonica , sang Teratai Raksasa bahkan bisa menopang berat seorang bayi tidur di atasnya.

Di bagian dalamnya, sulur yang menghubungkan daun dengan akar di dasar kolam bisa mencapai panjan 7-8 M. Lebar daunnya sendiri bisa berdiameter 3-4 Meter. Sebuah ukuran besar untuk sebuah tanaman air.

Bunga Teratai itu cantik

 

Andalah yang menilai sendiri seberapa cantik bunga teratai itu dari foto-foto di tulisan ini. Bisakah anda mengatakan tidak? Saya yakin anda akan setuju bahwa bunga-bunga ini terlihat enak dipandang mata.

Kesemuanya indah, baik dalam keadaan kuncup, mulai mekar, sampai mekar sempurna.

——-

Jadi itulah calon yang saya ajukan bila ada pemilihan flora simbol kota hujan ini. Anda boleh setuju atau tidak. Kalaupun tidak terpilih (itupun kalau pemilihannya ada), tidak akan menyurutkan rasa suka saya terhadap tanaman yang satu.

Karena itu, kalau ada kesempatan untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor lagi, tujuan pertama selalu dan hampir pasti adalah Danau Gunting. Itu adalah tempat dimana kecantikan bunga teratai yang paling mempesona (menurut ukuran saya)

Bagaimana dengan anda, setuju dengan pilihan saya>

4 COMMENTS

  1. Luar biasa banget kang, jarang ada blogger kya gini. Hal yang simple bisa dibuat menjadi satu artikel yang keren. Btw bogor indah ya, semoga satu saat nanti bisa jalan kesana hehe.

    • Mas Priant .. selamat datang di Bogor versi saya.. maen-maen kang ke Bogor

  2. Avatar Terra triwahyuni

    Maaf, yang Anda tampilkan itu gambar Lotus… Bukan teratai.
    Teratai bukan Lotus. Meski memang banyak yang salah sebut juga

    • terima kasih masukannya

      coba cek lagi update-an terbarunya.. sudah betul kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.