Pertanyaan tentang jam buka Kebun Raya Bogor pernah saya terima beberapa waktu yang lalu. Yang bertanya merasa heran karena saya menyebutkan bahwa meskipun secara resmi jam operasional Kebun Botani pertama di Asia Tenggara itu adalah pukul 07.30 sampai 17.00, tetapi saya bisa masuk lebih awal.

Pada saat, itu saya mengatakan sudah biasa bagi saya untuk masuk ke Kebun Raya Bogor 1-1/2 jam sebelum waktu resminya.

Kemungkinan besar, yang bertanya tidak percaya dengan apa yang disampaikan. Mungkin juga yang bertanya berpikir kalau saya bisa masuk melalui jalur tidak resmi dan kongkalikong dengan penjaga karcisnya.

Padahal, sama sekali tidak. Saya masuk ke KRB lewat jalur resmi, bahkan melalui Pintu I alias Gerbang Utama yang menghadap ke Pasar Bogor.

(Baca Juga : Tempat Lari Pagi dan Olahraga Terbaik di Bogor, Kebun Raya )

Ini buktinya.

Kapan Sebenarnya Jam Buka Kebun Raya Bogor - Bisakah Masuk Lebih Awal 2

Kurang jelas?

Silakan lihat bagian yang sudah dicropping dan diperbesar.

Kapan Sebenarnya Jam Buka Kebun Raya Bogor - Bisakah Masuk Lebih Awal B

Jelaskan? Disitu terlihat tanggal cetak tiket yang menyebutkan 15/09/2018 06.03 (hari saaat tulisan ini terbit).

06.03. Pagi. Bukan sore. Kalau jam 6 sore, KRB sudah tutup.

Berarti memang terbukti bahwa pengunjung bisa memasuki Kebun Raya Bogor lebih awal dari jam operasional resminyanya yang setengah 8 itu.

Loket dan gerbangnya sudah buka dan pengunjung dilayani seperti biasa. Tidak ada masalah. Penjaga loket sudah siap sedia dan langsung melayani begitu ada pengunjung.

Hanya saja, mungkin ada catatan tersendiri karena biasanya saya kesana setiap akhir pekan, alias Sabtu atau Minggu dan belum pernah mencoba lagi pada hari biasa. Mungkin ada kebijakan tersendiri untuk akhir pekan dimana KRB beroperasi jauh lebih awal dari waktu resminya.

Keuntungan masuk Kebun Raya Bogor lebih awal daripada jam operasional resmi

Untuk apa masuk Kebun Raya lebuih awal daripada jam operasional resminya? Toh sama saja?

Beda. Jauh sekali.

Suasana KRB di pagi hari masih terasa sangat sejuk. Tetapi, yang pasti masih sepi dan tidak padat. Oleh karena itu, mereka yang ingin berolahraga sambil menghirup udara yang segar, akan datang lebih awal. Suasananya berbeda sekali ketika memasuki jam operasional, terutama di akhir pekan.

Perlahan setelah masuk waktu resmi, KRB menjadi padat dan mulai dipenuhi mobil yang mondar mandir kesana kemari. Jumlah orangnya pun terus bertambah dan pada akhirnya, terasa sekali kurang nyaman dan cocok.

Untuk seorang yang menyukai fotografi, terlalu banyak orang juga sangat tidak menguntungkan. Sulit tenang untuk memotret. Buat yang ingin istirahat dan relax tanoa gangguan pun sulit karena akan ada suara riuh rendah dimana-mana.

Jadi, itulah mengapa saya suka pergi ke Kebun Raya Bogor lebih awal dari jam buka resminya. Biasanya, setelah masuk waktu, saya beranjak meninggalkan KRB.

(Baca juga : Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik?)

Mau coba? Modalnya selain uang tiket, ya kemauan untuk bangun pagi saja kok. Tidak perlu kongkalingkong dengan penjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.