Kantung plastik, Putih atau hitam, berlogo atau tidak sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berbagai pusat perbelanjaan modern atau pedagang kaki lima selalu memanfaatkan jasanya untuk menyenangkan pembeli.

Kantung PlastikKita pun sudah terbiasa dan nyaman ketika menenteng belanjaan yang kita beli dalam kantung plastik.

Memang penemu kantung plastik haruslah diberi pujian. Benda yang satu ini memang terbukti mempermudah dan memperingan kehidupan kita semua.

Tetapi pernahkah kita menyadarai bahwa sahabat kita yang satu ini juga memiliki sisi berbahaya?

Bahaya Kantung Plastik

“No free lunch” atau Tidak Ada Makan Siang Gratis adalah pepatah yang tepat untuk menggambarkan hal ini. Tidak ada sesuatu tanpa ada konsekuensi adalah makna yang tergantung dalam pepatah ini.

Kita memang terbiasa berpikir bahwa kantung plastik itu diberikan gratis. Tidak ada ongkos atau sepeser pun yang kita harus keluarkan untuk mendapatkannya.

Sudah menjadi sesuatu yang lazim sebuah toko memberikan kantung plastik secara cuma-cuma. Bahkan kalau mereka tidak memberikannya maka dianggap sebagai pelit.

Pernahkah kita menyadari sesuatu tentang benda ini?

Sesuatu itu dalah sebuah kenyataan bahwa sebuah kantung plastik baru bisa terurai dalam tanah paling cepat 10-20 tahun. Bila pun sudah terurai maka bahan-bahan pembuatnya pun masih bisa menimbulkan dampak negatif bagi tanah.

Ya, karena bahan dasarnya plastik, benda ini juga terbuat dari berbagai senyawa kimia. Tidak semuanya aman bagi lingkungan.

Kalau bahaya yang dikandung pada kantung plastik digabungkan dengan disiplin masyarakat Bogor dalam membuang sampah yang masih rendah, kira-kira apa hasilnya?

Saluran air yang tersumbat

Saluran Air Yang tersumbat Sampah Plastik
Saluran Air di Jalan Juanda Bogor

Foto ini diambil di saluran air di Jalan Juanda Bogor. Lokasinya di sebelah Gedung Direktorat Jendral Planologi.

Saluran ini tersumbat oleh banyak sampah plastik yang dibuang oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Sifat plastik yang tidak tembus air, menghalangi aliran air . Hasilnya, saluran air ini bak bendungan kecil dan penuh dengan berbagai sampah.

Bau busuknya bisa tercium dari air yang kehitaman. Jangan tanyakan apakah ada ikan yang hidup di dalam air berwarna kehitaman ini.

Pengotoran lingkungan

Sampah di Jalan Suryakencana Bogor

Banyak warga Bogor begitu malas bahkan untuk berjalan kaki ke tempat sampah. Banyak dari mereka yang merasa cukup membungkusnya dalam kantung plastik dan meletakkannya dimana saja.

Hasilnya, sebuah pemandangan yang sangat tidak enak dipandang mata. Jangan tanya bau apa yang tercium dari tumpukan yang ditemukan di Jalan Suryakancana Bogor ini.

Ini hanyalah dua dari sekian banyak hal buruk lainnya yang bisa diakibatkan oleh kantung plastik.

Bagaimana mengurangi efek buruk kantung plastik?

Dengan sistem pengelolaan sampah di Bogor yang masih sangat tertinggal sulit untuk mengurangi bahaya kantung plastik hingga batas minimal.

Pengelolaan berdasarkan sistem Sanitary Landfill hanya bersifat melokalisasi sampah di suatu tempat. Sampah dari Kota Bogor biasanya akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) saja dan hanya ditumpuk.

Jadi akan tetap saja ada pencemaran lingkungan tetapi dalam lokasi yang terbatas.

Di sisi lain, tidak memakai kantung plastik sama sekali juga tidak mungkin karena benda ini sangat berguna pula bagi kehidupan. Tidak mungkin ditiadakan.

Jadi kita bisa membantunya dengan cara

Sampah dalam kantung plastik

  • Simpanlah kantung plastik setelah semua belanjaan dikeluarkan. Pergunakan untuk keperluan lainnya ketika diperlukan. Salah satunya adalah sebagai pembungkus sampah. Kantung plastik bisa membuat sampah lebih mudah diangkut kalau diikat dengan erat.
  • Mengurangi pemakaian plastik. Kalau belanjaan kita hanya sedikit, tolaklah ketika diberikan kantung plastik. Masukan barang yang Anda beli ke dalam tas. Kalau agak banyak, usahakan semua cukup dalam satu kantung plastik
  • Kalau belanjaan Anda banyak, di beberapa Supermarket , seperti Giant Ekstra Yasmin Bogor kasirnya akan menawarkan untuk memakai kardus. Terimalah tawaran ini. Kertas akan lebih mudah terurai dan bahkan bisa didaur ulang.
  • Buanglah kantung plastik yang sudah sobek ke tempat sampah. Pastikan jangan sampai terbuang di tanah atau saluran air. Ingatlah mengenai dampak buruknya bagi tanah.

Hasilnya akan jauh dari nilai ideal tetapi setidaknya, kita melakukan sesuatu untuk mengurangi efeknya di masa depan.

Silakan pergunakan kreatifitas Anda yang lain untuk memaksimalkan penggunaan kantung plastik dalam kehidupan sekaligus mengurangi pemakaiannya.

Itulah paling sedikit yang bisa kita, warga Bogor lakukan untuk mewujudkan slogan #Bogoh Ka Bogor”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.