Ngawur keliatannya. Memang sih, siapapun sulit menganggap pohon palem sebagai tanaman yang fotogenik alias cantik kalau dijadikan foto. Batangnya lurus. Daunnya begitu saja, tidak banyak. Tidak rimbun. Juga, tidak punya bunga yang berwarna-warni menarik.

Oleh karena itulah, yang namanya keluarga palem tidak dianggap sebagai tanaman yang indah dan menarik. Kecuali, beberapa yang bisa memberikan manfaat, seperti kelapa, kelapa sawit, aren, dan penghasil produk lainnya.

Yah, begitulah adanya memang keluarga palem-paleman ini.

Secara fisik memang tidak menarik, tetapi jangan salah juga. Ada satu tempat di Bogor, tepatnya di Kebun Raya Bogor yang menjadi salah satu spot foto favorit. Lokasinya berada dekat sekali dengan Pintu II KRB di dekat kantor pos. Pas di sebelah Taman Taijsman. Tepatnya berada di wilayah koleksi Palem (lihat di Peta Kebun Raya Bogor)

Tidak percaya? Coba saja lihat beberapa foto yang diambil di jalan dekat Taman Koleksi Palem itu. Foto-foto ini diambil bersama dengan beberapa kawan lama semasa SMA dulu dan tentunya mantan pacar yang selalu setia menemani.

Jejeran Pohon Palem Fotogenik Di Kebun Raya Bogor
Jejeran Pohon Palem Fotogenik Di Kebun Raya Bogor

Memang kesannya kaku, tetapi jejeran pohon palem ini justru mmbentuk “sebuah lorong” indah yang bagus dijadikan latar sebuah foto.

Hal itu terjadi karena tidak rimbunnya daun jenis pohon ini membuat lingkungan di sekitarnya terkesan “kosong” dan sederhana. Hal itu membuat lebih mudah bagi seorang pemotret karena tidak perlu terlalu susah membersihkan latar belakangnya.

Ditambah dengan jalanan yang memberikan efek “leading line” atau garis pemandu yang juga menunjang suasana.

Itulah alasan mengapa jejeran pohon palem di dekat Taman Teijsman ini menjadi salah satu lokasi yang paling digemari sebagai spot untuk memotret.

Syaratnya tidak banyak untuk bisa menghasilkan foto yang bagus disini, yaitu

  • Datang pagi-pagi atau sore sekalian dan jangan siang, selain karena panas, juga karena tidak rimbun, lokasi ini akan kebanjiran cahaya matahari yang membuat foto jadi overexposed (atau terlalu terang)
Contoh foto overeposed
  • Tahu sudut pengambilan, yang terbaik adalah dari arah Selatan ke Utara, alias menghadap ke Pintu II, jangan sebaliknya
  • Mau sabar karena lokasi ini berupa jalan, terkadang banyak mobil dan kendaraan lain lewat. Bersabarlah menunggu sampai semua kendaraan itu melintas dan tidak masuk ke bidang foto agar tidak menjadi “bocor”
  • Cobalah berpose atau bergaya yang ceria karena akan membuat foto menjadi enak dilihat

Memang hasil fotonya memberi kesan yang berbeda dibandingkan kalau dilakukan di Jalan Kenari yang rimbun dengan pepohonan besar dan rimbun. Tetapi, percayalah hasilnya tidak akan mengecewakan.

Contohnya ada di dalam tulisan ini. Enak dilihat kan?

6 COMMENTS

  1. Saya paling suka mas, sama background pohon2 yang lurus seperti palm dan pinus.. Sukanya Selain emang potogenik abis, kita juga ga perlu banyak gaya jadinya plus bisa mainin pola pohonnya untuk hasil fotografi yang lebih menarik..

    Duh, bahasa saya udah kayak apa aja :))

    • Jangan peduli gaya bahasa.. yang penting pesan tersampaikan.. hahaha.. intinya setuju kan palem itu fotogenik?

  2. www.reyneraea.com

    Belom pernah ke Bogor, pengeeennn ke sana.
    Sudah lama kepo ama kota hujan tersebut, kayaknya kota yang menarik buat dikunjungi nih 🙂

    • Main ke Bogor Rey.. kalau suami sudah sembuh. Ntar saya jadi guidenya deh…

  3. Tiap ke kebun raya bogor pasti lewatin ini nih
    Tapi lebih banyak fotonya deket kolam dan air mancur sihhh

    • Haaa.. jangan cuma kesana doang dongg.. banyak tempat seru disana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.