Foodcourt SKI - Sumber Karya Indah Bogor 07 Banyak orang mengira Sumber Karya Indah (SKI) Tas Tajur Bogor yang biasanya dikenal sebagai sebutan SKI Katulampa Bogor di daerah Tajur, hanya menjual tas saja. (Harga disana banyak yang murah lho. Ada yang Rp 50.000 – hingga di atas Rp 1.000.000)

Bahkan warga di sekitar Bogor (JaCiMi alias Jakarta, Cianjur dan Sukabumi) menjuluki SKI Katulampa sebagai “surga” nya tas. Tidak heran tempat ini sering diserbu oleh kalangan remaja dan dewasa, khususnya Ibu-ibu.

Padahal sebenanrya bukan hanya itu yang ada! Di dalam SKI Katulampa terdapat beberapa tempat lain yang tidak kalah serunya, seperti Rumah Sepatu, Kios Oleh-oleh dan souvenir. Terdapat juga Factory Outlet Tajur dan beberapa wahana bermain beserta outbond.Tidak ketinggalan sebuah restaurant mewah terdapat di dekat parkiran mobil dan cake store dekat wahana balon air.

Nah, di samping Rumah Sepatu, ada area yang paling ramai, yaitu pusat jajanan murah, yang biasanya pengunjung menyebut “Foodcourt”.

Makanan dan minuman yang ada di foodcourt SKI ini, tidak hanya dari khas Bogor, Jawa Barat, tetapi ada variasi dari daerah Solo Jawa Tengah. Beberapa makanan khas Bogor, diantaranya laksa, soto mie dan roti unyil marak dibeli pengunjung. Tidak aneh kalau cepat habis.

Kuliner dari luar Bogor sebut saja jajanan khas Cirebon seperti tahu gejrot. Dari Solo diwakili oleh Nasi Liwet Keprabon Solo.

Foodcourt SKI - Sumber Karya Indah Katulampa Bogor
Batagor Libya Dan Laksa Bogor

Minuman segar yang banyak diminati pengunjung, ada 3 macam seperti es cendol, es cincau dan es coklat. Bahkan dahulu pada tahun 2015, ada es coklat yang dicampur dengan jahe.

Sedikit berbeda di nasi liwet keprabon solo. Minuman favorit disini adalah teh manis hangat maupun es teh manis hehehe. Heran kan, tetapi siapa sih yang tidak suka minuman yang ini.

Laris. Sangat laris. Tidak jarang penjualnya sudah menutup kiosnya sebelum waktu SKI Katulampa tutup. Mereka sudah kehabisan stok untuk dijual.

Berapa kisaran harganya?

Kisaran harganya murah saja kok!!

Semua makanan dan minumannya kisaran harga dari Rp 3.000 – Rp 20.000… Laksa dan soto mie dihitung per porsi dengan harga sekitar Rp 15.000. Untuk jenis minuman es berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000.

Foodcourt SKI - Sumber Karya Indah Bogor
Jajanan Di Foodcourt SKI Katulampa Bogor

Tapi lain halnya dengan harga liwet dan roti unyil.

Harga kedua jenis makanan ini bisa disesuaikan . Pengunjung dapat memilih ukuran liwet, ½ atau 1 porsi. Juga biasanya pengunjung ingin menambah gorengan maupun lauk pauk lain untuk teman nasi liwetnya. Jadi harganya akan menyesuaikan dengan yang dibeli.

Sama halnya dengan roti unyil ini, dapat dibeli satuan dari mulai harga sekitar Rp 3.000 sampai per box dari harga Rp 20.000 – Rp 50.000, atau bahkan di atas Rp 100.000 dari beberapa box sesuai keinginan dan bisa memilih rasa rotinya sesuai selera.

Bagaimana rasanya?

Rasanya lain dari makanan dan minuman foodcourt-foodcourt di mall seperti biasanya kalo bagi saya. Bagi saya, bumbu dalam masakan laksa dan soto mie khas Bogor sama enaknya seperti soto mie dan laksa Cibatok Kabupaten Bogor yang terkenal di Bogor.

Foodcourt SKI - Sumber Karya Indah Bogor 03
Nasi Keprabon dan Es Coklat

Bumbu racikan khas soto mie memiliki bumbu yang gurih dan pedasnya terasa nampol di lidah, bahkan bumbu dan porsi makanannya banyak sekali yang biasanya disebut “maro pisan euy”. Ditambah lagi, dengan harumnya laksa dari kemangi atau dalam bahasa Sundanya disebut suraung.

Untuk batagornya, wah rasanya tak kalah enak dengan batagor yang terkenal dari 10 tahun lalu di Taman Topi.  Nasi liwetnya juga tidak kalah enak dari nasi liwet khas Bogor maupun se-Jawa Barat. Rasanya khas sekali. Mungkin karena di atas nasinya disiram dengan kari/sayur labu siam.

Tahu gejrotnya pun rasanya enak, bagi saya sih tidak tertandingi dari tahu gejrot khas Cirebon pun. Minuman-minuman segarnya juga tidak terlalu manis maupun kurang manis, semuanya cukup menghilangkan dahaga.

Mengapa harus ke Foodcourt SKI Katulampa Tajur?

Footcour SKI KatulampaPengunjung tidak hanya dapat membeli makanan saja, tapi bisa mengenali makanan khas daerah maupun variasi masakannya. Selain itu, pengunjung dapat sekaligus membeli oleh-oleh loh.

Bagaimana aksesibilitas menuju SKI Katulampa Tajur?

Jika Anda pengunjung dari JaCiMi dengan kendaraan pribadi maupun rombongan bus via tol, Anda dapat langsung belok kiri dari arah keluar tol Jagorawi. Kemudian lurus terus hingga Gedung Balai Binarum, selanjutnya bisa mengikuti arah Angkutan Umum trayek nomer 13.

Ada belokan ke kiri sebelum Gedung Balai Binarum, Anda belok kesitu, kemudian belok kanan ketika menjumpai pertigaan. Lalu tinggal mengikuti papan penunjuk arah menuju SKI Katumlampa Tajur dan Anda tinggal melihat sebelah kanan bertuliskan SKI Katumpa Tajur, kemudian masuk langsung ke parkiran khusus kendaraan roda empat (mobil maupun bus).

Foodcourt SKI - Sumber Karya Indah Bogor 05Jika Anda pengunjung dari luar Bogor (baik JaCiMi maupun daerah lain) dengan angkutan umum dari Stasiun, Anda dapat langsung naik Angkutan Umum trayek nomer 03 dari depan Stasiun hingga terminal Damri Botani Square, lalu transit dengan naik Angkutan Umum trayek nomer 13 langsung menuju SKI Katulampa Tajur Bogor.

Jika Anda pengunjung dari luar Bogor (baik JaCiMi maupun daerah lain) dengan angkutan umum dari Terminal Bus Baranang Siang, Anda dapat langsung naik Angkutan Umum trayek nomer 13 dari Terminal Baranang Siang. Lalu Anda ikut memutar balik rute Angkutan Umum 13 dari Terminal, Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Raya Pajajaran – Jl. Raya Baranang Siang (Jalur Sistem Satu Arah) hingga tiba di SKI Katumpa Tajur Bogor.

Created by : Dimulya Mila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.