City Blogger
Pemandangan salah satu sudut kota Bogor

Jadi City Blogger Yuk!

Bingung? Jangan! Penulis akan menjelaskan setelah ini mengenai mengapa ajakan itu disampaikan.

Oke lah sebelumnya tentu harus dijelaskan mengenai apa itu City Blogger.

City Blogging dan City Blogger

Anda tentu sudah tahu mengenai apa kegiatan blogging. Meskipun demikian, izinkan penulis menjelaskan secara singkat saja apa itu blogging.

Blogging adalah sebuah kegiatan menulis artikel yang dilakukan oleh seseorang di sebuah media bernama blog atau web log. Inti dasarnya adalah menuliskan ide-ide serta pandangan-pandangan pribadi dari seseorang di sebuah media dunia maya yang mulai populer di akhir tahun 1990-an.

Dalam perkembangannya blog atau weblog banyak berkembang sehingga dari segi tampilan dan cara penulisan tidak jauh berbeda dengan website-website yang dikelola oleh para profesional. Bahkan lebih jauh lagu sebuah blog yang dikelola secara mandiri bisa bersaing dalam ketenaran dengan website-website tersebut.

kota layak pejalan kaki1Informasi-infomasi yang disampaikan juga sudah sudah semakin sering dipakai sebagai rujukan dalam perbincangan sehari-hari.

Nah “city blogging” adalah salah satu bagian dari kegiatan blogging atau dalam bahasa Indonesia menjadi ngeblog yang berfokus atau bertema tentang sebuah kota.

Bahan dasar atau artikel-artikel dalam sebuah city blog berbasis pada kehidupan sehari-hari di sebuah kota.

Kegiatannya disebut city blogging dan pemilik atau penulis artikel-artikel dalam sebuah city blog adalah city blogger.

Lovely Bogor adalah sebuah bentuk kegiatan City Blogging dan saya, penulisnya disebut City Blogger.

Manfaat menjadi City Blogger

Apa guna menjadi seorang blogger yang menulis tentang kotanya. Banyak orang beranggapan bahwa ngeblog itu adalah sebuah kegiatan sia-sia , tidak memberi hasil apa-apa, dan hanya membuang waktu.

Kalau dilihat dari sisi materi, mungkin ada benarnya. Seorang blogger tidak mendapat ganjaran materi apapun, meskipun ada juga yang berhasil meraup dollar dari kegiatannya.

hok tek bio ciampea12Hanya, sebenarnya ada manfaat yang dapat diraih seorang city blogger atau blogger lainnya. Bisa disebutkan

  1. Bisa menyalurkan bakat menulis atau berlatih menulis
  2. Bisa berbagi informasi kepada yang membutuhkan

    Artikel-artikel yang ditulis dalam sebuah blog akan tersedia di internet bagi siapapun yang membutuhkan. Berbagai search engine seperti Google, Yahoo dan lainnya akan terus mengoleksi informasi dari berbagai website, termasuk diantaranya blog.

  3. Memberitahukan pandangan pribadi terhadap suatu hal yang akan sulit dituangkan di media konvensional seperti koran

    Bila pada koran atau media lainnya, surat pembaca pun diedit dan diteliti kelayakannya, sebuah tulisan yang ditulis seorang blogger bisa langsung terbit di blog miliknya. Siapapun bisa membacanya.

  4. Bisa menjadi lahan penghasilan

    Bila sebuah blog terkenal, maka sama persis dengan website-website lainnya, sang blogger bisa memancing minat para pemasang iklan. Dari iklan tersebut, sang blogger bisa mendapatkan penghasilan. Sudah cukup banyak contoh blogger yang meraup ribuan dollar dari kegiatan nge-blog.

  5. Bisa membantu mengenalkan kotanya pada dunia luar.

    Tulisan-tulisan mengenai daerah tujuan wisata, kuliner enak di salah satu sudut kota, dimana berbelanja yang enak dan seterusnya akan mengundang pengunjung berdatangan. Kalau turis dan wisatawan tertarik dan datang ke kota dalam sebuah artikel tentu akan membantu usaha pemerintah melakukan promosi ke dunia luar. Semakin dikenal sebuah kota, arus uang masuk akan membantu perekonomian di kota tersebut.

  6. Menjadi lebih tahu mengenai kota dimana kita tinggal

    O ya. Meskipun, penulis sudah tinggal selama 38 tahun di Bogor, ternyata masih banyak sekali pengetahuan tentang Kota Hujan ini yang didapat ketika mencari ide dan bahan tentang Bogor. Kita bisa menjadi lebih kenal dengan kota dimana kita hidup.

Dan masih banyak hal positif lainnya dengan menjadi city blogger.

Cara menjadi city blogger

Tidak sulit.Sama sekali tidak sulit.

Banyak penyedia fasilitas blog gratis yang menyediakan media untuk ngeblog secara cuma-cuma. Salah satu diantaranya adalah Blogger. Dengan memiliki satu account gmail, maka Anda sudah bisa membuat blog sendiri. WordPress adalah pilihan lainnya.

Silakan anda masukkan saja frase “cara membuat blog di blogger atau wordpress”, Anda akan menemukan banyak sekali tulisan para blogger yang berspesialisasi dalam pembuatan blog. Jadi tidak perlu khawatir kekurangan guru yang akan berbagi ilmu mereka tentang pembuatan blog.

Kemudian sisanya hanya kemauan dan mungkin sebuah smartphone berkamera saja.

O ya mengapa berkamera, kebanyakan city blogger mengandalkan pada kekuatan foto dan gambar. Seperti contoh adalah Windy City. Klik saja tulisan yang berwarna biru dan Anda akan melihat sebuah city blog yang sangat menarik.

Image4444Contoh lainnya, ya Lovely Bogor ini sendiri. Hingga saat ini setiap hari sekitar 1000-1200 pengunjung datang dan membaca tulisan-tulisan serta melihat foto-foto di blog ini. Kalau Anda sedang membaca tulisan ini berarti Anda sedang membaca sebuah city blog.

Foto-foto yang ada di Lovely Bogor pun bukan dihasilkan oleh sebuah kamera canggih DSLR berharga puluhan juta. Sebagian diantaranya dihasilkan oleh sebuah kamera smartphone Sony Xperia M saja.

Foto Istana Bogor di atas adalah salah satu hasil kamera smartphone tersebut.

Selebihnya yang dibutuhkan seorang city blogger adalah kemauan untuk jalan dan kreatifitas.

Kemauan untuk jalan diperlukan karena seorang city blogger harus mau berkeliling untuk mencari kota. Tentu tidak perlu harus selalu dilakukan secara khusus. Bisa saja ketika kebetulan sedang pergi ke suatu tempat, seorang city blogger mengambil foto dari sesuatu yang dianggap menarik.

Setelah itu, hanya perlu dituangkan dalam sebuah tulisan. Tambahkan foto yang tadi diambil dalam tulisan, maka jadilah sebuah artikel yang siap untuk dibaca.

Bagaimana Anda tertarik menjadi City Blogger? Mudah lho, bahan tersedia di sekitar kita menunggu untuk diambil saja. Dengan kerja keras, jangan lupa bisa memberikan penghasilan tambahan bagi Anda.

6 COMMENTS

  1. menjadi city blogger,,saya mau Pak, dan saya ingin mengarap blog dengan tema kota, seperti blog LB.
    dan khusus kota saya tentunya.

    • Bagus… memang begitu seharusnya kang.. kita bantu promosikan kota kita

  2. Widihhh keren kang hade pisan tipsnyah saya juga lagi mulain bikin blog ala cityblogger tapi masih minim konten euy salam dari cileungsi….

    • Semangat teh… semangat.. ntar kita kolaborasi teh. Cileungsi kan Bogor juga.

      Saya nanti mau maen ah ke Cileungsi

  3. Postingan ini jadi bikin semangat untuk ngeblog terus. Haturnuhun sharingnya.. ^_^

    • Iya kang. Hayuk semangat menulis tentang Bogor. Biar semakin banyak yang tahu tentang kota kita ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.