Investasi rumah yang merugikan
Bangunan rumah yang hampir roboh

(Tidak mungkin! Investasi rumah dan tanah adalah sebuah jenis investasi yang bisa disebut hampir kebal terhadap kerugian. Apalagi di kota Bogor yang lahannya terbatas. Harga tanah akan selalu meningkat setiap tahunnya dan hampir tidak pernah turun.)

Anda benar! Hal yang anda katakan di atas menunjukkan realita di kota ini. Bahkan dengan bangunan yang hampir roboh seperti foto di atas, uang yang anda tanamkan akan kembali. Bahkan, kemungkinan besar akan berlipat dibanding ketika ditanamkan.

Dibandingkan dengan sepuluh tahun lalu, harga tanah, rumah dan properti di kota hujan ini sudah berlipat ganda. Paling sedikit, nilai sekarang 3 atau 4 kali dibandingkan saat itu. Tidak jarang ada yang mencapai 10 kali lipat.

Jadi bantahan yang anda berikan sangat tepat. Tidak ada sangkalan atau argumen untuk itu. Hanya, tulisan ini akan dilanjutkan tanpa merubah judulnya. Judulnya akan tetap “Investasi Rumah yang merugikan”

(Lho? Bagaimana bisa?)

Tulisan ini akan membawa anda pada sebuah kenyataan lain. Meskipun demikian anda akan dibawa melihat dari sudut yang tidak berbau uang, profit, nilai. Anda akan sedikit berpindah posisi sebentar, posisi yang sering dilupakan sebagai seorang investor.

Alasan investasi rumah yang merugikan

Investasi rumah yang merugikan
Rumah kosong yang dipenuhi ilalang

Anda tentu sudah melihat gambar sebuah rumah yang hampir roboh. Itu adalah sebuah rumah yang tidak pernah ditempati dan tidak diurus pemiliknya sehingga hampir semua bagian menghilang/rusak. Bila tanpa perbaikan, bisa dipastikan dalam beberapa waktu ke depan akan segera ambruk.

(Lalu? Bukankah bisa dijual tanahnya. Toh harga tanahnya sudah pasti berlipat ganda. Jelas tidak rugi sama sekali bahkan dibandingkan bunga kalau uangnya disimpan tetap akan sangat menguntungkan)

Seperti sudah disebutkan di atas, anda benar sekali! Kali ini pun benar. Meskipun demikian anda saya ajak untuk melihat sisi lainnya. Sisi-sisi yang sering luput dari perhatian seseorang yang hanya memikirkan profit dan keuntungan.

Coba perhatikan beberapa hal yang disebutkan di bawah ini.

Rumah kosong sumber penyakit

Pernahkah anda berpikir bahwa tanpa perawatan maka sebuah rumah kosong bisa menjadi sarang berbagai penyakit. Nyamuk dan lalat adalah dua nama binatang yang hidup di tempat kotor. Bila rumah anda tak diurus, maka hampir pasti tempat tersebut akan menjadi sarang sumber penyakit.

Apalagi bila halamannya tidak pernah dipangkas. Meskipun anda tidak pernah merasa menanam ilalang, tanaman ini akan tumbuh terus bahkan tanpa izin anda.

Semakin tinggi ilalang, besar kemungkinan akan menjadi sarang binatang melata seperti ular. Belum lagi rimbunnya tanaman liar ini juga akan menyenangkan tikus dan nyamuk.

Tentu anda tidak rugi karena anda tidak menempati rumah tersebut. Bahaya tidak akan menyentuh anda yang jauh dari sini tetapi hal tersebut membahayakan warga di sekitar rumah kosong anda.

Anda tentu tidak akan pernah tahu berapa warga masyarakat yang terkena demam berdarah karena nyamuk.

Rumah kosong tidak membayar iuran lingkungan

Dalam hitungan anda, karena anda tidak menempati rumah tersebut berarti tidak ada iuran yang harus dibayar. Mengapa harus bayar toh anda tidak tinggal disitu. Iuran kan hanya untuk manusia yang menempati rumah tersebut.

Investasi rumahBila anda berpikir demikian, berarti lebih baik anda tinggal di sebuah tempat yang tidak ada orang lain.

Lingkungan selalu terdiri dari dua bagian. Bagian hardwarenya, yaitu bangunan rumah dan softwarenya yaitu manusianya. Ketiadaan anda dalam rumah tersebut tidak berarti anda bisa melepaskan tanggung jawab.

Dana iuran lingkungan dipergunakan untuk merawat lingkungan secara keseluruhan dan hasilnya dinikmati oleh semua. Ketika sebuah lingkungan menjadi bagus, maka akan mendongkrak harga rumah anda juga.

Bila anda tidak mau ikut urun membayar iuran, anda adalah orang yang curang. Anda mau menikmati hasil tetapi tidak mau ikut berpartisipasi.

Rumah kosong merusak keindahan

Tidak pernah nyaman melihat sebuah rumah yang bolong disana sini, sampah dan kotoran bertebaran, berdebu dan bagian yang hampir roboh. Anda bisa berargumentasi bahwa toh itu rumah anda. Hanya saja, tanggung jawab anda sebagai makhluk sosial tidak bisa hanya sebatas kalimat tersebut.

Anda sebagai anggota masyarakat memiliki kewajiban untuk berperan serta menjaga lingkungan.

Rumah kosong yang rusak susah dijual

Bila anda memiliki tanah saja akan lebih mudah dijual dibandingkan sebidang tanah dengan rumah yang sudah mau roboh.

Investasi rumah yang merugikan
Sampah berceceran di depan rumah kosong

Belum terhitung kesan buruk ketika calon pembeli melihat kondisi rumah kosong. Bila mereka sama seperti anda berniat investasi rumah, maka hal tersebut bukan sebuah masalah. Hitungan mereka sama seperti anda , uang, margin, dan keuntungan.

Hanya saja kebanyakan calon pembeli rumah di Bogor mencari rumah untuk ditempati. Lahan Bogor yang sempit membuat banyak orang kesulitan dalam mendapatkan tempat tinggal.

Oleh karena itu kebanyakan mereka mencari rumah siap pakai. Biasanya mereka bersiap hanya untuk melakukan perbaikan kecil-kecilan saja dan bukan membangun sebuah rumah baru.

Dalam hal ini anda akan dirugikan sebagai investor karena ujungnya anda harus menekan harga jual. Besar kemungkinan harganya akan jauh di bawah target anda.

——–

Anda memang berhak melakukan investasi rumah, atau investasi apa saja. Itu adalah hak seorang warga negara.

Meskipun demikian anda harus menyadari bahwa masyarakat dan lingkungan berhak pula mendapatkan ketenangan, kebersihan, dan kenyamanan. Kedua pihak memiliki hak masing-masing yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu anda sebagai orang yang ber-investasi rumah memiliki kewajiban lain terhadap masyarakat yang harus dipenuhi. Merawat rumah dimana anda berinvestasi adalah kewajiban dan keharusan yang tidak bisa dihindari. Anda akan menjadi seorang investor yang tidak baik ketika anda tidak melakukan tugas anda.

Jangan sampai anda mendapatkan untung dari investasi rumah anda tetapi masyarakat yang menanggung kerugian akibat kemalasan dan kepelitan anda.

(Catatan :  Foto rumah-rumah kosong diambil di lingkungan Bukit Cimanggu City oleh penulis pada beberapa kesempatan)

2 COMMENTS

  1. Tulisan yang menginspirasi dan saya setuju dengan pandangan bapak…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.