[INFO] Manula Atau Lansia Tetap Boleh Naik Commuter Line, Tapi …..

Pada masa pandemi Covid-19 ini, banyak sekali peraturan yang berubah dan menyesuaikan agar protokol kesehatan bisa dilaksanakan dan penyebaran virus berbahaya bisa ditekan. Salah satunya adalah terkait masyarakat berusia lanjut yang dikategorikan rentan terpapar virus Corona mengerikan ini.

Salah satunya adalah perubahan peraturan dalam bertransportasi. Baru-baru ini PT KCI, Kereta Commuter Indonesia mengumumkan adanya perubahan terkait penumpang yang sudah tua.

Kamu manula atau lansia memang tetap boleh naik Commuter Line atau KRL Jabodetabek. Hanya saja, mulai tanggal 8 Juni 2020, ada pembatasan kereta mana yang bisa dipergunakan masyarakat yang masuk kategori ini.

Kaum manula atau lansia sejak tanggal tersebut hanya boleh menggunakan CL yang berangkat antara pukul 10.00 – 14.00 alias bukan jam sibuk.

Memang aturan baru ini seperti membatasi hak, tetapi tentunya dengan tujuan baik. Bila berangkat di jam-jam sibuk, seperti saat berangkat dan pulang kerja, situasi di dalam kereta akan sangat padat dan resiko mereka terpapar virus berbahaya ini akan semakin besar.

Dengan kondisi badan yang biasanya tidak sekuat yang lebih muda, hal itu akan menjadi sangat berbahaya bagi diri mereka sendiri.

Peraturan baru ini sudah disosialisasikan oleh pengelola KRL Jabodetabek lewat pengeras suara di stasiun dan di dalam kereta. Kebetulan sejak dua hari belakangan saya sudah kembali melakukan WFO (Work From Office) dan kembali aktif menjadi anak kereta dari stasiun Cilebut. Beberapa media berita online pun sudah memberitakan tentang aturan baru ini.

Tidak disebutkan sampai kapan aturan pembatasan ini akan berlaku. Bila Anda berusia di atas 60 tahun, aturan ini berlaku untuk Anda.

[INFO] Manula Atau Lansia Tetap Boleh Naik Commuter Line, TapiBila Anda merasa masuk dalam kategori ini, sebaiknya atur kembali rencana keberangkatan Anda. Jangan sampai sudah repot-repot sampai di stasiun, Anda ditolak masuk dan harus menunggu beberapa jam.

Lumayan menyebalkan pastinya kalau hal ini terjadi.

Mari Berbagi