Bonenkai Festival Bogor

Ingin merasakan sedikit cita rasa budaya Jepang di Bogor? Bisa saja. Datang saja ke Bonenkai Festival Bogor di Hotel Salak the Heritage.

Acara ini sudah menjadi kalendar tahunan di hotel yang merupakan cagar budaya di Bogor itu. Setiap tahunnya disponsori oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, digelar perhelatan dengan nama Bonenkai Festival.

Bonenkai sendiri adalah sebuah tradisi di negeri Sakura yang sebenarnya dilakukan setiap akhir tahun (Bo = Lama, Nen = Tahun, Kai = pertemuan).  Tradisi ini dilakukan untuk melepas tahun silam dan melupakan berbagai hal, terutama yang buruk dan bersiap menanti datangnya harapan di tahun baru.

Biasanya dilakukan sekelompok orang, pegawai perusahaan atau kelompok lain, yang berkumpul di suatu tempat. Makanan dan minuman tersedia dan semua orang bergembira melupakan berbagai kesulitan dan kesusahan di tahun yang akan segera berakhir.

Itulah Bonenkai. Tradisi sejenis juga dilakukan setelah tahun baru, di awal tahun dan diberi nama Shinenaki (Shi = baru, nen= tahun, kai = pertemuan)

Tetapi, Bonenkai ala Hotel Salak the Heritage bukanlah sejenis itu. Juga dilakukan di pertengahan Januari (tahun 2017 diselenggarakan tanggal 14-15 Januari).

Bonenkai Festival Bogor ini benar-benar sebuah festival yang terdiri dari gabungan berbagai macam acara. Di dalamnya ada beberapa acara rutin yang selalu ada , seperti

Bazaar

Bonenkai Festival Bogor

Festival Bonenkai Bogor 2017 13

Pernak-pernik berciri khas negara Sakura dijual dalam banyak stan. Mulai dari sumpit hingga boneka dan banyak hal lain bisa dibeli disini.

Bonenkai Festival Bogor

Ingin mencicipi cita rasa kuliner Jepang pun bisa dilakukan. Selasar di hotel Salak diubah menjadi ruang makan dadakan.

Tinggal memilih jenis makanan Jepang yang ingin dicoba.

Bonenkai Festival Bogor Hotel salak The Heritage

Daya tarik Bonenkai Festival adalah kehadiran para penggemar Cosplay, yaitu orang-orang yang mengenakan kostum sesuai dengan tokoh-tokoh anime favorit mereka.

Penampilan mereka terkadang memang sangat mirip sekali dengan apa yang kita lihat pada manga (komik Jepang) atau film anime (film kartun Jepang)

Lihat saja sendiri. Mereka kerap menjadi sasaran untuk berfoto bersama.

Festival Bonenkai Bogor 2017 46 Festival Bonenkai Bogor 2017 51

Kontes Dance dan Pagelaran Musik

Tentunya tidak lengkap kalau tidak ada musiknya kan? Bonenkai Festival Bogor pun mengadakan acara-acara ini. Tersedia mulai dari lomba karaoke, pagelaran tari, dan musik, yang tentunya berkaitan dengan Jepang.

Terus terang, saya sendiri terkadang kagum melihat bagaimana para peserta menyanyikan lagu Jepang dengan fasih.

Festival Bonenkai Bogor 2017 04 Festival Bonenkai Bogor 2017 49

Permainan khas Jepang

Untuk meramaikan suasana, juga diadakan permainan-permainan kecil khas Jepang yang melibatkan pengunjung.

Tentunya dibimbing oleh orang Jepang langsung.

Seru.

Festival Bonenkai Bogor 2017 37 Festival Bonenkai Bogor 2017 38

Dan sebagai kenang-kenangan biasanya ada stan foto dimana pengunjung bisa mengenakan busana khas Jepang saat berfoto. Dicetak di tempat dan bisa langsung bisa dibawa pulang.

Bukan acara resmi Kota Bogor, tetapi selalu seru dan dihadiri pengunjung bukan hanya dari Bogor saja. Banyak pengunjung yang datang dari kota-kota sekitar.

Itulah setidaknya yang dilaporkan dari peliput acara Bonenaki festival Bogor 2017 kali ini

  • Arya Fatin Krisnansyah
  • Naufal Ali Radhitya

Keduanya siswa kelas 9 SMP Borcess yang menghadirinya tanggal 15 Januari 2017 yang lalu. Saya sendiri tidak bisa menghadirinya. Semua foto di dalam artikel ini adalah hasil karya mereka berdua dengan menggunakan smartphone.

Mau tahu suasananya tahun 2015 silakan lihat di sini.

(Jika Anda ingin mengirimkan liputan acara, baik untuk sekolah sendiri atau tempat lain, silakan kirim saja ke Lovely Bogor di email antonardyanto@gmail.com. Jangan lupa kirim fotonya ya supaya lebih menarik. Mau bercerita soal pengalaman di Bogor juga boleh)

5 COMMENTS

  1. pantesan saja,,,hehe,tetapi bagus juga kok untuk melatih semangat anak muda sedini mungkin.

    awalnya saya memperhatikan setiap kata dan gambarnya,,,,kok ada yang kabur,,,,agak aneh menurut saya,,sebab saya yakin Pak Anton tidak membuat gambar seperti itu,, dan diluar kebiasaan.

    mmm,,ternyata ada Fhotografer dadak yach pak,,hehe.

    saya terkadang binggung,,,untuk melacak Pak Anton Update artikelnya dimana setiap Hari…karena saya yakin Pak Anton menulis setiap hari…Blog maniak Menulis selalu sepi dari artikel terbaru,,,hadeeehh,,,:)

    • Yap. Memang semakin mereka kreatif semakin baik, dan tentunya harus diberi kesempatan kan?

      Hahahaha… saya nomaden Kang.. memang sayang untuk sementara MM dibiarkan idle dulu. Tetapi, benar saya memang menulis tiap hari dan diposting dimana-mana.. hehehehe.. met mencari kang

  2. kenapa ada beberapa gambar yang terlihat kabur yach ,,pak?

    • Karena bukan saya yang motret kang.. itu hasil karya dua anak SMP yg hadir.

      Walau agak kabur, tetapi paling pas untuk artikelnya dibanding yg lain, jadi yang dipasang ya itu. Lagi pula, saya ingin mendorong mereka tetap berkreasi.

      Gagal dalam hal membuat foto yang jelas lebih kecil dibandingkan semangat dan usaha mereka mencoba mendapatkan foto2 tersebut. Kesalahan wajar kan dan bisa diperbaiki?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.