Gunung Bunder Itu Bukan Gunung
Pemandangan Gunung Salak dari Curug Cigamea

Gunung Bunder itu bukan nama sebuah gunung. Cukup banyak orang yang kadang bingung dan menganggap nama ini merupakan nama sebuah gunung yang ada di Bogor.

Nama ini sebenarnya adalah nama sebuah desa di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Terdapat 15 desa di dalam Pamijahan dan 5 diantaranya memakai kata “Gunung” di depannya.

Lima desa tersebut adalah Gunung Bunder , Gunung Bunder II, Gunung Menyan, Gunung Picung, dan Gunung Sari.

Gapura Obyek Wisata Curug Cigamea
Gapura Obyek Wisata Curug Cigamea

Gunung Bunder terkenal sebagai salah satu kawasan tujuan wisata karena di dalam lingkungan administratifnya terdapat Kawasan Wisata Gunung Salak Endah.

Beberapa nama air terjun yang paling sering di kunjungi wisatawan di kawasan desa ini, seperti Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet dan masih banyak lainnya.

Jadi, ketika Anda mendengar nama ini, jangan membayangkan sebuah gunung baru karena memang Gunung Bunder itu bukan sebuah gunung.

Foto di atas adalah ilustrasi saja. Itu foto Gunung Salak yang diambil dari salah satu titik di dalam kawasan Desa Gunung Bunder, yaitu Curug Cigamea.

2 COMMENTS

  1. Ternyata Gunung bunder itu nama desa, woow banyak dong yang salah menafsirkan bahwa gunung bunder itu nama sebuah gunung di Bogor seperti gunung salak, Gunung Gede, Gunung Halimun dls, thanks info nya

    • Hahahaha… sama-sama mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.