Gedung Korem 061 / Suryakencana Bogor

 

Gedung Korem 061 / Suryakencana tidak akan terlewatkan oleh pandangan Anda bila melalui Jalan Merdeka Bogor. Dijamin itu.

Kehadiran sosok patung badak putih di depan halamannya memang sulit untuk tidak membuat orang menoleh sejenak. Apalagi bangunan Gedung Korem 061 terbilang enak untuk dipandang. Halamannya luas dan yang pasti bentuk bangunannya terkesan kuno.

Tidak mengherankan bahwa bangunan ini termasuk salah satu bangunan yang merupakan cagar budaya Bogor.

Sulit sekali mencari data sejarah terkait Gedung Korem 061 ini. Sudah cukup lama mencari informasi terkait sejarahnya , seperti kapan didirikan dan dahulu fungsinya dipergunakan sebagai apa.

Akhirnya yang didapat hanyalah berupa penggalan-penggalan sedikit yang didapat dari banyak sumber. Padahal sejarah bangunan seperti ini sudah seharusnya disebarluaskan kepada masyarakat umum agar mereka semakin memahami pentingnya merawat bangunan ini. Menjadikannya sebuah cagar budaya tanpa mensosialisasikan kepada warga Bogor, rasanya sulit dimengerti.

Baiklah, hasil cuplikan sejarah apa saja yang bisa didapat dalam pencarian tentang bangunan cagar budaya ini

1. Kapan dibangunnya : tidak diketahui dengan pasti. Patut diduga didirikan sekitar awal abad ke-20 (1900-an)

2. Pada tahun 1930, bangunan ini pernah dipergunakan sebagai Gedung Penelitian Tanaman Karet

3. Tahun 1940-1942, bangunan ini dipergunakan sebagai sebuah Sekolah Tehnik, Ambasscool atau Hogere Burger School. Kalau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Sekolah Lanjut Tingkat Menengah, setingkat dengan SMP-SMA tetapi hanya 5 tahun saja.

4. Tahun 1942-1945, bangunan dipergunakan sebagai rumah Shecokang alias Residen Bogor.

5. Antara tahun 1950-1971, Gedung Korem 061 ini menjadi Pusat Pemerintahan di Kota Bogor

6. Barulah di tahun 1971, bangunan ini menjadi Markas Korem 061 / Suryakencana. Sebelum tahun 1971, Korem 061 bermarkas di gedung yang sekarang menjadi Balaikota Bogor.

Memang hanya berupa cuplikan-cuplikan saja. Tidak terlalu banyak informasi sejarah yang tersedia tentang Gedung Korem 061 ini.

Sayang sekali, seharusnya setidaknya kisah sejarah yang terkandung pada Gedung Korem 061 ini disebarluaskan. Bisa menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi warga Bogor.

Haruskah saya bertanya pada si Badak Putih yang hingga sekarang setia berdiri di halaman depan Gedung Korem 061 ini. Pasti dia tahu pasti setiap detil kisah yang ada di gedung tersebut. Sayangnya dia tidak bisa berbicara untuk menceritakannya pada orang yang lewat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.