Factory Outlet di Bogor
Raja Factory Outlet

Bogor sering disandingkan dengan Bandung sebagai sebuah kota tujuan wisata belanja. Hal tersebut berkaitan dengan sesuatu yang ada di kedua kota, yaitu “Factory Outlet” atau sering disingkat FO.

Memang betul di kota hujan ini terdapat “cukup banyak” . Dua kata tersebut diberi tanda kutip karena sebenarnya jumlah factory outlet yang ada di Bogor tidak banyak.

Tidak banyak, tetapi karena semuanya terkumpul di sebuah jalan yang sama . Bisa dibayangkan bila factory outlet diibaratkan titik, bila titik-titik tersebut dikumpulkan dalam satu bidang sempit, maka kesannya menjadi banyak.

Padahal bila dihitung secara jumlah, maka angka yang terlihat sebenarnya tidak banyak. Bila dibandingkan dengan Kota Kembang Bandung, maka jumlahnya akan terlihat sedikit.

Di Bandung, yang namanya FO menyebar hampir di seluruh penjuru kota. Bila anda menyusuri jalan-jalan di kota kembang tersebut, paling tidak 1-2 FO akan ada di sebuah jalan, maka di Bogor anda hanya akan menemukannya di satu jalan saja.

Dimana menemukan Factory Outlet di Bogor ?

Jawabannya cukup singkat. Jalan Pajajaran !

Factory Outlet di Bogor
Bogor Boutique Outlet

Deretan FO bisa ditemukan di jalan ini terutama di bagian setelah Kampus Magister Manajemen IPB. Factory Outlet juga bisa ditemukan di bagian utara jalan ini yang mengarah ke Tajur meskipun jumlahnya tidak sebanyak di tempat sebelumnya.

Bangunan FO di jalan Pajajaran ini memiliki berbagai macam bentuk. Mulai dari yang sederhana sampai yang terlihat bak rumah pejabat nan megah.

Mayoritas dari mereka juga menekankan pada kenyamanan agar penghuni betah berbelanja di tempat mereka. Ruang berpendingin udara bisa disebut sebagai standar minimum.

Murahkah berbelanja di Factory Outlet ?

Murah atau mahal adalah sebuah hal yang bersifat relatif. Bila anda puas dengan apa yang anda dapatkan maka harga yang dibayarkan akan terasa murah. Sebaliknya bila anda tidak puas, maka akan terasa mahal.

Factory Outlet Bogor
Factory Outlet di Bogor

Factory Outlet di Bogor menawarkan kisaran harga yang beragam. Rentang harganya mulai dari yang hanya berharga Rp. 20,000.-/potong sampai yang ratusan ribu rupiah.

Mungkin akan ada pertanyaan mengapa rentang harganya bisa cukup besar bahkan dalam satu FO.Pengunjung yang berpikir bahwa FO identik dengan harga murah sering merasa kecele.

Nah untuk memahaminya ada bagusnya mengetahui bahwa yang namanya FO di Bogor tidaklah 100% sebuah Factory Outlet.

Cukup banyak yang memadukan fungsi sebagai factory outlet, distro bahkan butik/galeri. Padahal ketiga jenis tempat ini memiliki fungsi yang berbeda.

Factory outlet

Fungsi aslinya adalah menjual produk-produk atau stok dari sebuah pabrik. Biasanya produk yang dijual adalah sisa ekspor, yaitu sisa produksi yang tidak lulus standar inspeksi dari pemilik brand (biasanya merek dari luar negeri).

Persyaratan ketat sering membuat pihak pabrik memiliki banyak stok karena ditolak oleh pembeli dari luar negeri. Untuk mengurangi kerugian dan menumpuknya stok di gudang, barang-barang ini disalurkan ke dalam negeri.

Disinilah fungsi dari sebuah factory outlet.

Kualitas dari barang sisa ekspor ini akan beragam dan tidak sama. Sering barang yang ditolak hanya punya cacat sedikit saja dan tidak terlihat mata awam, tetapi sering juga jumlah cacatnya banyak dan sangat terlihat.

Harganya jelas sangat murah (meskipun menyandang merek terkenal) karena sering kali motif melepas barang ini adalah hanya agar uang tetap berputar. Barang sisa ekspor sering “dilepas” oleh pabrikan di bawah biaya produksi.

Factory Outlet Bogor
Factory Outlet

Distro

Distro atau distribution store biasanya berkaitan dengan merek-merek dalam negeri. Biasanya jumlah yang diedarkan sangat sedikit tetapi kualitasnya terjaga. Harga yang dijual akan tetap memperhitungkan biaya produksi, biaya operasional dan keuntungan.

Butik

Bisa dibilang butik adalah kelas tersendiri. Jumlah barang yang dijual bahkan lebih terbatas dibandingkan distro. Tidak jarang butik menyesuaikan barang dengan pesanan.

——–

Nah beberapa factory outlet di Bogor ada yang menggabungkan ketiga peran ini sekaligus.

Perhatikan bentuk bangunan dari sebuah “factory outlet”. Semakin megah dan mewah bangunannya, semakin besar kemungkinan outlet tersebut menjalankan ketiga fungsi tersebut di atas.

Hal itulah yang membuat rentang harga dari yang paling murah hingga paling mahal menjadi terlihat besar sekali. Sesuatu yang tidak perlu anda herankan atau membuat anda kecewa ketika tidak mendapatkan harga murah.

Cara menuju lokasi factory outlet di Bogor

Factory Outlet Bogor
Factory Outlet di Bogor

Karena letaknya terlokalisasi, mudah sekali mencari keberadaan FO. Pergunakan semua angkot yang menuju jalan Pajajaran (atau baca tulisan mengenai jalan ini yang link-nya sudah saya tebalkan di salah satu bagian.

Hanya karena anda sudah berada disini, maka saya berikan patokan dari

Terminal Baranangsiang

Anda bisa pergunakan angkot no 08 merah untuk menuju kawasan factory outlet di bagian Utara. Untuk ke bagian Selatan, anda harus menyeberang jalan dan mencari angkot no 13 Merah. Tarifnya Rp. 3,500.-/orang

Stasiun Bogor

Dari jalan Kapten Muslihat, pergunakan angkot no 03 Merah. Angkot ini akan melewati Taman Kencana dan keluar di depan Hotel Pangrango 3.

Ini adalah awal dari deretan factory outlet di bagian Utara.

dari arah Cibinong

Pergunakan Miniarta jurusan Terminal Baranangsiang yang akan melewati jalan Pajajaran dari ujung Utara sampai terminal.

dari arah Salabenda/Parung

Pergunakan bus Pusaka karena anda hanya perlu naik sekali. Bila anda naik angot akan butuh 2 sampai tiga kali ganti angkot.

Tips berbelanja di factory outlet :

Bila anda gemar berburu barang bermerek, berkualitas tetapi murah, factory outlet sebenarnya memberikan peluang tersebut.

Meskipun demikian untuk mencegah timbulnya kekecewaan setelah berbelanja, bahkan kalau bisa anda merasa puas, hal pertama yang harus dipahami adalah

Barang sisa ekspor yang ada di sebuah factory outlet, pasti akan ada “cacat”-nya. Hal itulah yang membuatnya berada di rak sebuah FO dan bukan di toko pembelinya di negara asal..

Factory Outlet BogorItu adalah pengalaman yang didapat setelah bekerja dalam bidang tekstil dan garment selama kurang lebih 20 tahun. Jadi hal yang pertama yang harus diingat adalah anda memilih yang terbaik diantara “terburuk”.

Seorang “quality inspector” dari pembeli luar negeri biasanya sangat ketat dalam menilai barang. Tidak jarang sebuah baju, blus atau celana ditolak hanya karena jumlah “stitches” (berapa kali benang masuk ke jahitan dalam satu inci) kurang.

Bisa juga hanya karena warna tidak sesuai dan masalah kecil lainnya.

Jenis yang seperti inilah yang harus anda cari. Karena sering hal tersebut tidak kasat mata oleh orang awam.

Hal itu bisa anda lakukan sebenarnya sangat sederhana.

Jangan hanya melihat harga murah.

Besar kemungkinan semakin murah harga, semakin besar “cacat” yang ada.

Buka lipatan pakaian/baju/celana (produk garment) 

Perhatikan secara teliti apakah ada benang yang longgar atau posisi yang “tidak normal” dari bagian dari barang yang dijual.

Walau tidak terbiasa , rasanya akan tetap terlihat bila ada kejanggalan dari bentuk suatu barang. Benang jahitan yang longgar akan timbul dan akan bisa terlihat dengan membuka lipatan

Factory Outlet Bogor
Factory outlet di Bogor

Pergunakan kamar pas

Anda bisa memanfaatkan kamar pas untuk itu. Jangan hanya mencoba untuk melihat sesuai atau tidak ukuran sebuah pakaian dengan badan anda..

Pergunakan kamar pas untuk meneliti apakah ada yang terasa janggal ketika sebuah pakaian dikenakan. Kalau terasa janggal biasanya berarti ada bagian yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Bisa berupa ukuran kanan kiri yang tidak sama. Bisa berupa bagian bahu tidak pas dan lain sebagainya.

Bila anda bersama teman atau keluarga, minta mereka untuk melihat hal tersebut ketika anda mengenakan baju.

Manfaatkan kamar pas untuk meneliti barang yang anda beli.

Dua hal yang terakhir disebut adalah sesuatu yang biasa dilakukan marketer atau merchandiser produk garmen untuk ekspor . Kedua hal tersebut dilakukan sebelum mengirimkan contoh kain atau baju kepada pelanggan luar negeri.

Catatan :

Factory Outlet BogorAda banyak hal yang berkaitan dengan kualitas yang hanya bisa dibuktikan dengan melakukan tes di laboratorium khusus. Hal-hal tersebut seperti ketahanan warna terhadap air, cuci dan lain-lain.

Nah cukup sering pembeli outlet kecewa karena baju yang mereka beli ternyata luntur. Tidak jarang menimbulkan prasangka buruk.

Mungkin harus dimengerti bahwa sistem pembelian sisa ekspor biasanya adalah borongan. Besar kemungkinan sebuah FO tidak bisa memilih kualitas barang yang dibeli. Pihak pabrikan juga biasanya tidak akan membuka data mengapa barang di-“reject”

Meskipun biasanya pihak FO melakukan pemilahan, tetapi penekanannya adalah pada kondisi fisik yang bisa dilihat mata. Sementara ada jenis penyebab “reject” yang hanya bisa ditemukan melalui tes laboratorium.

——–

Selamat berburu ! ( O ya.. tahukah anda bahwa di beberapa pasar kaget di Bogor sering ditemukan penjual barang sisa ekspor dengan harga bersaing? )

7 COMMENTS

  1. Pak Anton.. apa kabar?.. nice artikel, klu ngubek2 seputaran bogor pasti link ini yg muncul pertama.. hahaha semoga semakin banyak info2 bogornya.. sukses trus ya Pak..

    • Allow pa kabar Fitir… thank you

  2. Mau tanya ada butik sederetan Raja sebelum blossom…ada yg tau namanya dan nomer telfonnya. Pernah kesana tapi lupa, Makasi

    • Lha ya banyak Mba.. seinget saja di jajaran itu ada B’Bos, terus ada Lumbung Padi, terus House of Donnatelo, Pasadena , Bogor Boutique Outlet… yang mana yang Mbak maksud yah

  3. Distro Di Bogor

    Bagus Informasinya, tambahan mengenai Factory Outlet dan Distro di Bogor, boleh Kunjungi Restart Development juga.. Jl. Pakuan Ciheulet No.30, Baranangsiang, Bogor Tim

  4. ada satu lagi FO namanya LIVINGROOM tepatnya di jl Achmad Adnawijaya no 75-77 Bogor Utara koleksinya lebih lengkap dan harga lebih terjangkau so harus dilihat

    • Thanks buat infonya.. nanti saya coba kesana… ada contact personnya ga mas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.