Enak! Hidangan Chinese Food Di Restoran Ta Wan

Jujur saja. Kata “Chinese Food” pada judul sebenarnya berupa dugaan. Bukan sebuah kepastian karena di retoran Ta Wan sendiri memang tidak disebutkan apakah hidangannya menganut paham ala negeri Tiongkok atau negara lain.

Dugaan itu timbul karena nama yang dipergunakan, Ta Wan, terdengarnya seperti kata dalam bahasa Cina, tetapi ketika dimasukkan ke dalam Google Translate hasilnya malah bikin tambah nggak ngerti. Tebak-tebakan orientasi resto yang satu ini juga berdasarkan pada alat makan yang dipergunakan, selain piring, ada sumpit yang merupakan ciri budaya makan negeri tersebut, meski sekarang hampir semua resto sudah banyak yang meniru.

Jadi, bisa dianggap bahwa restoran yang cabangnya ada di CCM (Cibinong City Mall) ini sebagai penyaji Chinese Food.

Lagi pula, tidak penting juga sebenarnya untuk mengetahui orientasi kuliner sebuah restoran. Bukankah yang penting nikmat dan enak di mulut, dan tentunya halal.

Iya kan?

Tata Ruang Enak Dilihat

Tata Ruang Restoran Ta Wan Cibinong City Mall 2

Terus terang saja. Biasanya saat berkunjung ke sebuah rumah makan yang berada di pusat perbelanjaan modern, kesannya hampir sama, yaitu terlalu artifisial dan umum. Tidak unik. Maklum saja, karena para pengunjungnya biasanya berpikir sekedar untuk mengisi perut saja. Jadi, segi kepraktisan dan penampilan kerap tidak menjadi pertimbangan penting.

Yang penting makan.

Tetapi, saat memasuki gerainya di mall terbesar di Bogor itu, nuansanya agak berbeda. Tidak besar tempatnya, maklum juga pasti mahal sewa ruangnya, tetapi terasa tidak “kaku” dan “praktis” ala restoran modern.

Tata Ruang Restoran Ta Wan Cibinong City Mall

Terlihat sekali usaha pengelolanya untuk memberikan sentuhan artistik pada rumah makannya.

Dinding berlapis kayu, meja dan kursi kayu, hiasan dinding, semua memberikan nuansa “tidak terlalu modern”. Berbeda dari kesan resto modern ala mall yang simplistis.

Nyaman untuk mata.

Makanannya Enak!

Makanan enak itu syarat utama sebuah rumah makan/restoran. Sebagus apapun restoran kalau makanannya tidak membuat senang yang makan, ya tidak akan dikunjungi lagi.

Betul kan?

Dan, restoran Ta Wan sendiri masuk dalam kategori, menurut saya, tempat yang akan tidak akan saya tolak untuk kunjungi.

Menu restoran Ta Wan

Memang hanya tiga jenis makanan yang Lovely Bogor pesan, sapo tahu, bebek goreng kering, dan satu lagi lupa namanya, cuma jenis udang tepung. Tetapi, penilaiannya bagus sekali.

Enak! (Memang susah bagi orang yang hanya punya dua kategori makanan, “enak” dan “enak sekali” seperti saya, untuk memberikan review soal makanan)

Tapi, kalau mau dibuat lebih rinci, bebek goreng ala “bebek peking” nya punya kulit yang renyah dan daging yang tetap empuk dan jiucy. Sapo tahunya lembut dilidah dan gurih. Isinya juga banyak. Udang “goreng” (yang entah apa nama resminya), renyah dan tetap lembut.

Jadi, kalau dimasukkan dalam kategori yang ada, mendekati level “enak sekali”.

Buktinya, makanan tandas tak tersisa. Sulit untuk begitu kalau makanannya tidak enak. Minumannya pun cukup segar sebagai pelengkap dan lumayan banyak pilihannya. Sayang tidak sempat memotret menunya seperti biasa jadi tidak bisa bercerita lengkap.

Itu penilaian saya.

Harga

Harga Makanan di Ta Wan

Yang satu ini relatif. Saya tidak bisa menyebutkan mahal atau murah karena semuanya akan tergantung pada kantong masing-masing.

Yang bisa disebutkan adalah standar harga tempat kuliner yang ada di Kota Bogor. Tidak berbeda jauh dengan Makaroni Panggang atau Kedai Kita yang terkenal itu. Tidak selisih jauh lah.

Untuk semua yang kami makan disana, 3 minuman dan 3 jenis makanan, uang yang keluar adalah 3 lembar 100 ribuan. Entah uang kembaliannya berapa karena kali ini bukan dompet saya yang terbuka, tetapi dompet sang mantan pacar.

Dibandingkan dengan rasa dan jumlah makanannya rasanya seimbang dan pantas.

Itulah sedikit pengalaman berkuliner di Restoran Ta Wan. Memang tidak “bercirikan” khas Bogor, tetapi sebagai tempat untuk mengisi perut dan bersantai, resto yang satu ini patut  dipertimbangkan, terutama kalau malas keluar dari kenyamanan CCM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.