Danau Gunting Kebun Raya Bogor
Danau Gunting

Danau Gunting bisa ditemukan di dalam Kebun Raya Bogor.

Wujudnya bisa ditemukan pada saat memasuki gerbang utama Kebun Raya tersebut. Banyak orang melihat dan mengagumi apa yang terletak di dalam danau hanya sedikit yang tahu namanya.

Luasnya tidak seberapa tetapi danau ini memiliki pulau kecil di tengahnya. Pulau kecil ini bernama sama dengan nama danau itu sendiri.

Nama danau ini diambil dari bentuk danau yang bila dilihat dari udara menyerupai bentuk sebuah gunting.

Keindahan Danau Gunting

Danau Gunting indah dan menenteramkan. Gemercik air yang keluar dari sebuah air mancur kecil yang sengaja ditanam di tengah danau dipadu dengan kehijauan sekeliling akan membuat pengunjung betah berlama-lama disana.

Apalagi di sekeliling tempat ini ditempatkan beberapa bangku batu agar pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati suasana.

danau gunting
Teratai di danau gunting

Terlebih bila dipadukan dengan sosok Istana Bogor memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang ada disana.

Meskipun demikian ada satu sisi danau kecil ini yang sangat istimewa. Berbeda dengan kehijauan yang mendominasi lingkungan danau ini, disisi sebelah Utara yang berbatasan halaman istana, suasana sangat semarak.

Warna merah muda lembut menyeruak. Bila sedang musim teratai berbunga, warna ini akan mendominasi.

Keceriaan dan keindahan ini berasal dari ratusan teratai dari berbagai jenis yang hidup disana.

danau gunting
Bunga Teratai Merah Muda di danau gunting

Beberapa jenis teratai yang ada disana bisa disebut beberapa namanya diantaranya Nymphaea Alba, Rubra dan juga yang paling terkenal Victoria Amazonica, sang teratai raksasa dari rimba Amazon.

Misteri dan Mitos seputar Danau Gunting

Seperti juga banyak bagian lain dari Kebun Raya Bogor, Danau Gunting juga tidak terlepas dari keterkaitannya dengan mitos atau misteri.

Salah satu yang paling menjadi buah bibir adalah tentang penampakan sesosok “noni” Belanda di pulau kecil di tengah danau.

danau gunting
Pulau Gunting di danau gunting

Banyak diceritakan kehadiran sesosok wanita berpakaian ala Belanda masa lalu muncul di tengah pulau. Banyak yang menduga itu adalah sosok Lady Raffles alias Olivia Mariamne Devenish yang monumennya berada dekat dari danau.

Cerita berbau misteri dan mistis lainnya adalah kegagalan sebuah ekskavator ketika hendak melakukan pengerukan atau pembersihan danau. Sang alat berat tidak mau berfungsi dan hal tersebut dikaitkan dengan keberatan dari “sesuatu” terhadap tindakan tersebut.

Masih ada cerita penampakan seekor ular besar yang kemudian menghilang menambah kemisteriusan danau ini.

danau guntingBenar atau tidaknya, semua hal tersebut sulit dibuktikan. Yang mempercayainya banyak tetapi yang menganggapnya hanya sebagai bualan atau mitos juga tidak sedikit.

———

Terlepas dari semua mitos, misteris, mistis, Danau Gunting tetaplah indah dan enak dipandang mata. Tempat yang paling tepat bila anda ingin menikmati ketenangan dan keindahan.

Apalagi Danau Gunting berada tidak jauh dari gerbang utama Kebun Raya. Anda hanya perlu berjalan lurus dari monumen Lady Raffles dan sudah akan sampai ke tempat dimana danau itu berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.