Lovely Bogor sudah berusia 5 tahun, hari ini, 8 Januari 2020. Yap, memang itulah tanggal yang ditetapkan sebagai hari lahir blog kecil ini.

Pada tanggal itu 5 tahun yang lalu, memang blog itu belum ada isinya, masih kosong melompong saja, tetapi saat itu nama www.lovelybogor.com sudah aktif dan berfungsi. Jadi, bisa dikata sudah lahir di dunia meski belum mampu berbuat apa-apa.

Perjalanan yang lumayan panjang dan sebenarnya saat dimulai ada keraguan sendiri pada diri admin. Pertanyaan “Apakah blog ini akan berumur panjang?” kerap muncul karena sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa banyak sekali website atau blog yang tumbang bahkan sebelum mencapai angka 2-3 tahun.

Apalagi, saat blog LB lahir, kondisi perblogan di Indonesia sebenarnya kurang kondusif. Persaingan yang begitu ketat, sama ketatnya dengan persaingan kedai kopi di kota hujan belakangan ini, membuat banyak blog semakin tidak mampu membiayai dirinya sendiri.

Jadi, angka 5 tahun sendiri bisa dianggap sebagai sesuatu yang lumayan. Tentu jangan dibandingkan dengan blog-blog atau media online besar yang biasanya didukung modal dan organisasi yang mapan pula. Blog cenderung dikelola oleh satu dua orang saja dan kerap didanai secara pribadi.

Alhamdulillah, ternyata blog Lovely Bogor bisa bertahan selama ini. Rasa syukur hadir juga karena biaya pengelolaannya, tidak lagi hanya bergantung pada kocek pribadi sang admin. Blog ini sudah bisa membiayai dirinya sendiri dari penghasilan iklan dan pemasukan lainnya.

Bukan hanya cukup, tetapi lebih dari itu karena bahkan biasa membiayai rumah tangga sang adminnya juga.

Jadi, sesuatu yang sangat patut disyukuri. Sudah bisa berjalan sendiri dan memberikan sedikit tambahan pendapatan.

Hanya saja, hari ini, ada sedikit kekhawatiran dari admin sendiri terhadap Lovely Bogor. Ada kecenderungan bahwa blog ini mulai ditinggalkan pembacanya.

Bukan salah blognya. Bukan pula salah pembacanya.

Yang salah.. ya si adminnya. Si bloggernya orang yang berada di belakang layar.

Rasa bosan menyelinap dan semakin kuat hadir setelah menjalani kehidupan sebagai blogger. Ditambah dengan waktu yang sepertinya semakin sedikit, dan tentunya tenaga yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Hasilnya adalah produktivitas menulis dan frekuensi penerbitan tulisan berkurang jauh.

Dulu ketika memulai, saya, sebagai admin LB rajin turun ke jalan dan berburu ide tulisan meniru gaya wartawan. Dan, ide-ide itu bisa dituangkan dalam 3-5 tulisan dalam sehari.

Satu tahun belakangan ini, bisa dihitung dengan jari saja saya berkelana dan menyusuri jalanan di Bogor.

Capek adalah alasan utama. Setelah bekerja mencari nafkah sehari-hari di ibukota, inginnya Sabtu atau Minggu itu dimanfaatkan untuk leyeh-leyeh di rumah saja. Mengistirahatkan kaki dan badan.

Padahal, waktu senggang dalam seminggu, ya cuma di dua hari itu saja. Tidak mungkin saya berkeliling Bogor di hari kerja.

Jadinya, tidak terlalu banyak hal yang bisa dilihat dan tidak banyak yang bisa dituangkan dalam tulisan atau foto. Efeknya, ya rutinitas update di Lovely Bogor berkurang. Sangat jauh berkurang.

Ditambah lagi dengan ide “gila” membangun jaringan Lovely Bogor Network, yaitu jaringan blog di bawah Lovely Bogor. Ada paling tidak 10-12 blog lainnya.

Ide yang sebenarnya tidak bijaksana karena membagi waktu yang sudah tidak banyak. Dampaknya terasa sekali karena perhatian dan waktu pada setiap blog, terutama blog LB semakin sedikit saja.

Alhasil, situasi yang dihadapi blog ini di hari ulang tahunnya sebenarnya sangat tidak menyenangkan. Penurunan pembaca terasa sekali dibandingkan sebelumnya. Sesuatu yang wajar mengingat jumlah tulisan yang diposting dalam satu tahun belakangan hanya 1/10 saja dari apa yang dihasilkan dalam 1 tahun pertama.

Parah memang.

Lama kelamaan, kalau tidak segera diatasi dan situasi seperti ini berlanjut terus, bukan tidak mungkin dalam 1-2 tahun ke depan Lovely Bogor akan menghilang dari dunia maya untuk selamanya. Persis seperti yang dialami ratusan atau ribuan blog/website setiap tahunnya.

Sesuatu yang tidak saya harapkan mengingat begitu banyak hal yang telah dialami. Blog ini telah menginspirasi saya sebagai manusia bahwa dunia maya adalah sebuah dunia yang sangat luas dan penuh potensi. Sesuatu yang akan memberikan banyak hal kalau terus digali.

Untuk itulah, di hari ultah Lovely Bogor yang ke-5, setelah memutuskan untuk cuti ngeblog selama hampir dua bulan untuk merenung dan menghilangkan kebosanan, saya, sebagai admin Lovely Bogor memutuskan untuk memberi perhatian lebih kepada blog yang satu ini.

Ada target tambahan ratusan tulisan baru yang harus ditayangkan sampai akhir tahun. Jumlahnya, sama dengan jumlah tulisan yang sudah pernah terbit selama 5 tahun ini (Ayo tebak berapa jumlah tulisan yang ada di blog ini sampai hari ini)

Caranya ?

Ya mau tidak mau harus seperti kembali ke awal lagi, yaitu turun ke jalan dan melongok kehidupan masyarakat Kota Hujan lagi. Dan, kemudian menulis lebih banyak lagi.

Tidak ada jalan lain. Namanya juga blogger yang kerjaannya menulis. Kalau Vlogger kerjaannya membuat video.

Tetap pada pola yang sama, yaitu bercerita tentang apa yang dilihat selama berkeliling Bogor. Meski, akan ada tambahan karena ternyata kehidupan di kota yang dulu terkenal dengan talasnya ini juga ada di dunia maya (bener loh).

Jadi, silakan tunggu yah.. kalau mau, kalau tidak? Saya bisa mengerti dan nggak akan misuh-misuh.

Itulah sedikit catatan di hari ulang tahun blog kesayangan saya ini.

SELAMAT ULANG TAHUN LOVELY BOGOR.

Bogor, 8 Januari 2020

2 COMMENTS

  1. Mungkin perlu inovasi baru biar tidak bosan kang. Buat akun youtube lovelybogor?

    • Ogah ah… hahahaha.. Bikin youtube lebih berat lagi, saya fokus saja pada menulis..

      Semangat sudah kembali lagi kok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.