Cat IVD Apps: Intra Vaginal Device sebagai Kontrol Populasi dan Identitas Kucing Betina Berbasis Android untuk Mewujudkan Perumahan Ramah HewanSaat ini populasi kucing perlu mendapat perhatian dengan seksama dan cermat. Dari tahun ke tahun populasi kucing mulai menampakkan peningkatan populasi. Peningkatan populasi kucing tersebut dapat menyebabkan ledakan populasi yang berpotensi mengganggu kenyamanan dan kesehatan masyarakat seperti penyakit yang dapat ditularkan ke manusia (zoonosis).

Apabila kondisi ini terus dipertahankan tanpa adanya pengendalian penyakit akan berampak pada peningkatan angka populasi kucing serta berdampak pula terhadap kesejahteraannya.

Provinsi DKI Jakarta telah membuat program pencegahan zoonosis berupa kartu identitas (KTP) yang diperuntukkan untuk anjing. Sebelum diberi kartu identitas, dilakukan penyuntikan vaksin rabies dan microchip untuk pendataan identitas anjing dan status kesehatan anjing.

Pembuatan KTP untuk anjing oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini masih menghadapi kendala utama yaitu dikhawatirkan kartu identitas tersebut hilang sehingga identitas hewan tidak dapat diketahui. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu penerapan teknologi berbasis android bernama Cat IVD Apps.

Cat IVD Apps merupakan aplikasi berbasis android yang bertujuan untuk membantu para pecinta hewan khususnya kucing, aplikasi ini terdiri dari fitur-fitur yang sangat membantu pecinta kucing untuk menyimpan identitas dan belajar cara menajemen kucing yang baik agar terhindar dari penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia (zoonosis).

Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah kita dapat menyimpan data identitas kucing kita, seperti umur, ras, berat badan, vaksinasi, riwayat penyakit dan terdapat ID kucing. Untuk mengetahui identitas kucing kita, hanya perlu memasukan nomor ID kucing yang sebelumnya telah dipasangkan pada kucing. Sehingga apabila terdapat kucing yang hilang dapat dengan mudah diketahui identitasnya hanya dengan mendeteksi ID kucing menggunakan ID reader.

Fitur ini juga dilengkapi dengan data dari pemilik setiap kucing.

Selain fitur identitas, Cat IVD Apps juga memiliki fitur edukasi untuk pemilik kucing yang didalamnya mencakup tentang menajemen kesehatan yang menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan kucing dan penanganan pertama apabila kucing sedang sakit.

Manajemen pemeliharaan yang menjelaskan cara grooming, memandikan dan perawatan kucing yang baik dan benar. Selain itu terdapat fitur manajemen nutrisi dan populasi yang memiliki materi edukasi masing-masing.

Sebagai penyempurnanya, aplikasi ini juga terdapat fitur adopter berfungsi untuk pemilik kucing ataupun untuk orang-orang yang ingin memulai merawat kucing dan terdapat fitur kontak konsultasi dengan pusat kesehatan hewan (puskeswan) dengan manajemen hewan khususnya kucing.

Tim Cat IVD Apps juga melakukan turun lapang untuk melakukan survei dan wawancaran. Berdasarkan survei dan wawancara dengan perwakilan dari warga perumahan di daerah bogor terkait populasi kucing yang berada dilingkungan tersebut, didapatkan beberapa permasalahan mengenai populasi kucing.

Diantaranya adalah banyaknya populasi kucing tidak disertai dengan adanya manajemen pemeliharaan yang baik. Apabila hal ini tidak ditangani dengan serius, dikhawatirkan akan semakin membahayakan bagi lingkungan kaitannya dengan isu zoonosis. Menyadari akan kondisi tersebut, maka perlu adanya perbaikan manajemen kesehatan sehingga penyakit yang berasal dari hewan ke manusia dan sebaliknya dapat dikendalikan.

Manajemen kesehatan kucing yang baik dan benar akan mewujudkan kesejahteraan kucing yang baik yang akan berdampak pada terciptanya perumahan ramah hewan. Program Cat IVD ini telah dan sedang diimplementasikan dibeberapa perumahan di kabupaten dan kota bogor.

Implementasi program dibagi menjadi 5 kegiatan;

Hallo Owner!

Kegiatan ini berisi pengenalan tim pkm serta menyampaikan latar belakang dan tujuan program kepada peserta program di perumahan serta memberikan motivasi dan sosialisasi terkait pentingnya kesadaran untuk memperhatikan kesejahteraan hewan dan menjaga populasi hewan.

Data Meongku

Kegiatan ini berisi pendataan kucing di perumahan, edukasi manajemen kesehatan dan nutrisi, pemeriksaan kucing dan pemberian obat cacing serta ektoparasit pada kucing.

Apa Kabar Kucingku?

Kegiatan ini berisi edukasi manajemen populasi dan pemeliharaan, sosialisasi pentingnya cuci tangan yang baik dan benar terutama setelah memegang hewan, serta pemeriksaan kucing dan pemberian obat cacing serta ektoparasit pada kucing.

Yuk Pasang IVD!

Kegiatan ini berisi sosialisasi pembuatan pakan alternatif bagi kucing, kegiatan sosialisasi pada anak untuk menumbuhkan rasa peduli pada hewan melalui menggambar dan mewarnai hewan. Serta dilakukan sosialisasi teknologi Cat IVD Apps pada warga perumahan.

Kucingku Sehat

Kegiatan ini berisi pemberian vaksin rabies untuk kucing di perumahan serta pemasangan microchip pada kucing.

Keunikan program ini adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kucing sebagai hewan peliharaan melalui aplikasi android sehingga diharapkan masyarakat mampu mengaplikasikan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut secara mandiri.

Tulisan ini merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa

Oleh :

  1. Dian Utami; B04150035; 2015
  2. Fathan Abdul Aziz; B04150059; 2015
  3. Resti Puspitaningsih; B04150011; 2015
  4. Yaomil Ashar ; B04150012; 2015
  5. Syahrul Fadhillahir; B04150055; 2015

 

Dibawah bimbingan :
Drh Mokhamad Fakhrul Ulum, MSi, PhD

(Tulisan ini dibuat oleh yang namanya tersebut di atas. Lovely Bogor menerima email berisi tulisan tersebut di atas beserta semua foto untuk ditayangkan. Hak Cipta tetap merupakan milik para penulis artikel ini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.