cara naik commuter lineBagi para komuter di Jabodetabek, naik commuter line bukanlah sebuah hal yang asing. Setiap hari ratusan ribu orang keluar masuk stasiun untuk menuju ke tujuan masing-masing.

Hana saja sejak berbagai perbaikan yang dilakukan oleh PT Kereta Commuter Jabodetabek (PT KCJ), commuter line atau KRL dulunya menjadi sangat populer. Semakin banyak orang yang memanfaatkan sarana ini untuk bepergian. Selain karena lebih murah, juga lebih cepat dan efisien.

Nah karena commuter line merupakan satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan di Bogor, saya akan menjelaskan mengenai cara-cara naik commuter line. Tentu ini tidak ditujukan bagi anda-anda yang setiap hari melakukan hal ini, tetapi untuk rekan-rekan yang mungkin baru pertama kali memanfaatkan transportasi massal ini.

Baiiklah saya akan mulai penjelasan sebagai berikut

 

Cara naik commuter line

 

1. Loket Commuter Line

 

naik commuter line
Loket Commuter Line

Tentu sebelum anda naik ke atas kereta anda harus membeli tiket atau bisa juga membeli via commuter line ticket vendor machine (mesin tiket otomatis). Tiket Commuter Line dapat dibeli di loket-loket yang tersedia di stasiun. Sekarang ini setiap stasiun akan memiliki paling tidak 2 jejeran loket yang siap melayani anda. Satu jejer akan terdiri dari beberapa loket.

Anda akan diminta untuk ikut antrian. Lalu ketika giliran anda datang pastikan anda menyebutkan stasiun tujuan anda dengan benar. Perhatikan hal ini penting untuk menghindari kesalahan.

Kalau ada kesalahan anda bisa-bisa dikenakan denda yang cukup mahal (sebesar Rp. 50,000.-)

Jadi pastikan anda sudah tahu stasiun tujuan anda sebelum berangkat.

 

2. Tiket

Tiket Commuter Line saat ini tidak lagi berbentuk kertas tetapi bentuknya kartu elektronik yang terbuat dari plastik dengan chip di dalamnya.

Tiket Commuter Line ada dua jenis. Satu untuk “sekali jalan” dan satu lagi untuk “berlangganan. Bentuk keduanya berbeda.

 

Tiket Sekali Jalan

 

Naik Commuter Line
Tiket Commuter Line sekali jalan

Harga tiket sekali jalan akan dhitung Rp. 2,000.-/5 stasiun pertama dan Rp. 500/3 stasiun berikutnya. Jadi kalau untuk pergi ke Jakarta Kota dari Bogor dengan 22 stasiun, maka tarif yang berlaku adalah Rp. 7,000.-

Selain dari tarif perjalanan, maka anda akan dikenakan biaya jaminan sebesar Rp.5,000.-/tiket. Jaminan ini adalah untuk tiket yang anda pegang. Jaminan bisa diambil kembali ketika anda mengembalikan tiket anda ke loket.

Jadi kalau anda mau naik Commuter Line ke Jakarta Kota maka anda harus membayar di loket keberangkatan Rp. 7,000.- + Rp. 5,000.- = Rp. 12,000.-/tiket masuk lihat update

(Update : Tarif Baru Commuter Line mulai 1 April 2015 berdasarkan jarak dan tidak lagi berdasarkan jumlah stasiun. Untuk 25 Km pertama akan dikenakan Rp. 3,000.- Kemudian untuk setiap 10 Km berikutnya akan dikenakan Rp. 1,000.-)

Update : Jaminan untuk Kartu Single Trip atau Tiket Harian Berjaminan menjadi Rp. 10,000.- mulai 1 April 2015

Untuk melihat daftar tarif terbaru bisa klik disini .

Tiket Berlangganan (Kartu Multi Trip)

 

Naik Commuter Line
Kartu Multi Trip Commuter Line

Bila anda ternyata harus sering bepergian naik Commuter Line, lebih baik anda memakai Kartu Multi Trip (KMT). KMT sifatnya lebih fleksibel karena kita tidak perlu antri di loket setiap hari. Hal ini bisa menghemat waktu ketika kita sedang terburu-buru.

Kartu ini mirip dengan Tiket Sekali Jalan. Hanya warnanya yang berbeda.

Kartu ini bisa diisi ulang layaknya mengisi pulsa HP. Bisa diisi ulang di semua loket di stasiun Commuter Line.

Kartu Perdana – Rp. 50,000.- (termasuk pulsa Commuter Line Rp. 30,000.-)

Hal yang harus diperhatikan dalam memakai KMT adalah nilai saldo dalam kartu pada saat tap out. Nilai minimumnya harus sebesar Rp. 7,000.- alias satu kali perjalanan terjauh. Kalau sampai tidak ada maka anda akan dikenakan denda.

Catatan : Bila anda memiliki BCA Flazz, Brizzi, BNI Tap Cash, dan Mandiri e-money anda bisa menggunakannya untuk naik Commuter Line. Anda hanya perlu mengaktivasi kartu milik anda di alat aktivasi di stasiun. Biasanya alat ini berwarna merah dan terdapat di seberang atau sebelah loket. Tempelkan kartu anda untuk mengaktivasi.

Untuk mengisi ulang saldo di beberapa stasiun sudah terdapat mesin isi ulang e-money.

Update : Saldo minimum dalam Kartu Multi Trip saat tap out harus Rp. 5,000.- mulai berlaku sejak 2018

Update Oktober 2018 : Bila ternyata saldo kurang dari yang ditetapkan, penumpang bisa melakukan Fare Adjustment alias menambah saldo. Caranya dengan pergi ke loket atau menuju mesin khusus yang ada di dalam stasiun dan kemudian mengisi ulang tiket sebelum menempelkannya ke gerbang keluar.

3. Gate Tap In.

 

naik commuter line
Gate Tap in commuter line

Setelah memiliki tiket anda harus menuju gate tap in. Bentuknya seperti gambar di sebelah.

Cari yang tidak ada tanda “X” merah karena berarti itu untuk keluar. Temukan gate yang di depannya ada contreng hijau.

Lagi-lagi anda harus mengantri. Jangan coba untuk mendahului karena itu bukanlah sebuah kebiasaan yang baik dan membuat anda kemungkinan akan diteriaki orang di belakang anda.

4. Tempelkan Tiket anda untuk membuka gerbang

 

naik commuter line
Tempat Tap-In di gate

Di gerbang tap in akan ada sebuah petunjuk bertuliskan “Tap disini”. Tempelkan tiket anda di tanda tersebut.

Tunggu sampai lampu merah berganti menjadi lampu hijau.

Setelah lampu berubah menjadi hijau, dorong tongkat yang ada di depan anda ke depan. Pada saat bersamaan anda berjalan masuk.

Setelah proses ini dilalui anda berarti sudah ada di dalam stasiun.

Anda hanya tidak diperkenankan keluar di stasiun yang sama setelah 1 jam setelah tap in.

5. Menunggu di peron

 

train service to Bogor
The view of Cilebut Station Bogor.

Di dalam stasiun, anda bisa langsung menunggu di peron. Bsa juga anda duduk-duduk di tempat tunggu sampai kereta anda datang. Anda tidak dibatasi waktu dan tiket anda berlaku untuk hari itu sampai perjalanan terakhir.

Perhatikan! Informasi kereta akan disiarkan setiap kali akan datang sebuah kereta. Harap diperhatikan untuk menghindari terjadinya salah naik.

Harap berdiri di belakang baris kuning kalau anda di peron. Ini pertanda garis batas aman.

6. Naik Kereta

cara naik commuter line 2Ketika kereta datang, tetaplah berdiri di belakang garis batas aman sampai pintu membuka.

Ketika pintu terbuka tidak perlu tergesa-gesa. Kereta akan menunggu sampai ada tanda dari petugas untuk berangkat. Jangan mendorong orang di depan anda.

Kereta pertama dan terakhir hanya untuk kaum wanita. Jadi bila anda laki-laki jangan masuk ke dua gerbong ini atau anda akan diminta turun.

Di dalam kereta di setiap sudut ada kursi KHUSUS untuk Lansia, Ibu membawa Balita, , Orang Cacat. Bila anda membutuhkannya jangan ragu untuk memintanya. Bisa juga anda katakan ke petugas yang ada atau kepada minta bantuan penumpang lain. Biasanya mereka tidak akan segan membantu.

Baca juga : 17 Tips Naik Commuter Line Agar Sedikit Nyaman

7. Di Stasiun tujuan

 

Selam perjalanan perhatikan apakah stasiun yang anda tuju masih jauh atau sudah dekat. Di jam sibuk lebih baik anda berdiri 2 staisun sebelum stasiun tujuan karena anda akan harus “berjuang” menuju pintu karena padatnya.

Tunggu sampai pintu terbuka dan hati-hati keluar dari kereta. Ada banyak stasiun yang memiliki jarak antara pintu kereta dan peron. Kalau tidak hati-hati anda bisa kejeblos ke bawah peron.

 

8. Keluar Stasiun

 

Anda harus menuju ke gate lagi seperti di langkah no 3 dan 4. Lakukan hal yang sama untuk membuka gate.

Kalau ini sudah selesai berarti anda sudah keluar dari stasiun.

Catatan: kalau ternyata stasiun dimana anda turun tidak sesuai dengan tiket anda , maka gate tidak akan membuka. Anda akan dipaksa untuk berbicara dengan petugas dan dikenakan denda.

Kalau anda turun sebelum stasiun tujuan, gate tetap akan terbuka tetapi kalau anda berada di stasiun yang lebih jauh dari yang tertera di tiket maka anda tidak akan bisa keluar.

9. Kembalikan tiket ke loket

BACA JUGA : RUTE COMMUTER LINE / KRL JABODETABEK

Bila anda tidak akan kembali naik commuter line, anda bisa mengembalikan tiket anda ke loket. Anda akan menerima uang jaminan Rp. 10,000.- dari petugas. Hanya bila anda akan pulang naik commuter line lagi, lebih baik anda simpan.

Pada saat pulang , anda tinggal membayar tarif saja tanpa perlu membayar jaminan lagi.

Demikianlah cara naik commuter line. Semoga dapat membantu.

324 COMMENTS

  1. Comment:
    pak Anton..Saya MW Tanya..klo Dr st.pondok cina ke st.lemah abang Naik cl ada gk yha..???
    jika memang ada transit atw ada yg Lgsg ke lemah abang..???
    trims..

    • Tidak ada CL ke Lemah Abang. Stasiun ini tidak dilewati CL.

      1. Naik CL ke kota atau Jatinegara, turun di Manggarai atau Jatinegara
      2. Naik CL ke Cikarang
      3. Lanjutkan denga KA lokal dari cikarang ke lemah abang atau naik kendaraan umum lain

  2. Ass, pa saya mau tnya, klo isi krtu etoll diloket stasiun bogor apa bsa? Dan klo bsa brpa nominal top upnya trims

    • alau e-moey Mandiri bisa kayaknya.. coba saja aktifkan dulu di mesin aktivasi kartu yang ada di stasiun

  3. Pak saya mau tanya kartu BCA Flazz itu bsa dgunakan naik CL luar jabodetabek tdak? Sprti Bandung atau Yogya?

    • CL hanya ada sampai Jabodetabek saja, termasuk Cikarang.. tidak ada CL yang di luar wilayah itu

  4. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
    kalau dari stasiun kota mau ke taman safari bogor, berhenti dimana ya pa dan naik krl no berapa

    Makasih atas info nya

    • Ya harus di Stasiun Bogor.. steelah itu Taman Safari masih jauh lagi dari Stasiun Bogor harus naik angkot 2-4 kali…dari Stasiun naik 02 Merah ke arah Sukasari turun di Pasar Gembrong dan naik yang ke arah Ciawi, lalu dari Ciawi naik yang ke arah Puncak

  5. Maaf ni pak mo tanya.. kalo dr arah stasiun kota menuju poris plawad transitnya dimana?
    Trs harus beli tiket lagi ngga?
    Maaf.. maklum baru pemula.. hehe

    • Dari stasiun kota naik yang ke arah Bogor turun di Manggarai

      Naik yang ke arah Jatinegara turun di Stasiun Bukit Duri

      turun di Duri dan kemudian naik ke arah tangerang.

      Beli tiket langsung ke Poris saja

  6. Assalamualaikum pak saya mau tanya.
    Saya punya kartu e_money 1 dan saya membawa 5 rekan saya apa biasa di pakai bergantian kartu e_money tersebut tuk naik krl ?
    Trima kasih

    • Setahu saya 1 kartu satu penumpang. Jadi tidak bisa

  7. Maaf tanya kalo saya mau naik krl rombongan lima org atau lebih satu keluarga beli tiket THB cukup satu saja tapi bisa tap lima kali atau harus beli lima tiket THB masing2 pegang sendiri2.

    • Beli 5 masing-masing pegang satu karena masuknya satu persatu

  8. Maaf pak mau tanya, kalau saya dari pasar minggu mau ke cilebut transit dulu/langsung? Maaf baru pertama mau naik commuter line

    • Kalau dari Pasar Minggu langsung ke Cilebut tidak perlu transit. Naik saja yang ke arah Bogor.

      Cilebut itu satu stasiun sebelum Bogor. Tidak perlu khawatir nanti di dalam kereta akan ada pengumuman nama stasiun sebelum tiba disana.

  9. assalamualaikum, apakah ada cl yg dri bogor tujuan ke stasiun bekasi timur pak?
    trmksh, jazakallahu khair..

    • Tidak ada CL yang langsung. Jadi harus transit di Manggarai atau Jatinegara baru ada CL yang ke arah Bekasi

      • baik nya berhenti dimana y pak?
        manggarai atau jatinegara?
        trmksh..

        • Sama saja mbak.. cuma kalau saya sih milih transit di Manggarai kalau mau ke Bekasi. Lebih cepat dan tidak perlu ikut muter sampai Jatinegara. Lebih hemat waktu

  10. Maaf pak, saya dari pasar senen mau ke rangkas, ketika saya transit di tanah abang saya lanjut naik kereta lewat bawah apa atas pak??

    • Fanni, cek langsung dengan petugas disana sesampai di Tanah Abang.

      Pengaturan berangkat masuknya Commuter Line itu tidak diinformasikan. Jadi harus cek langsung di lokasi.

  11. pak kalo dri bogor tujuan ke kampung luar batang harus turun di st mana ya pak?

    • Coba ke stasiun Angke atau Ancol. Yang manapun lumayan deket. Harus nyambung pake angkutan umum lain

  12. Maaf pak, kalau mau ke monas yg cepet bagaimana kita ada di stasiun jayakarta
    Trims

    • Naik krt ke arah bogor turun di stasiun Juanda.. lanjut jalan kaki

  13. Comment: kalau untuk tapcash bni minimum saldonya brp ya pak? apakah sama dengan flazz?

    • Saldonya sama.. selama tersedia dana yang cukup untuk membayar perjalanan terjauh, maka seharusnya ok

  14. Selamat sore pak..
    Sebelumnya terimakasih atas info yang sangat bermanfaat ini, apalagi untuk saya yang baru pertama mau coba naik CL.

    Saya mau tanya, Saya dari Tangerang menuju ke Bogor. Tepatnya tujuan mau ke Bantar jaya (Bantar kambing).
    1. Saya tinggal beli tiket dari st.Tangerang menuju kebogor ya pak? Tapi nanti Turun di st.Duri kemudian naik yang menuju ke bogor? Sekali bayar saja? Begitu ya pak?
    2. Saya berencana menginap 1 atau 2 hari, bagusnya tiket yang mana yang saya beli pak? Tiket yg praktis jika saya mau pulang ke tangerang.
    3. Di Bogor stasiunnya cuma 1 atau ada beberapa stasiun lagi pak?
    4. Kalau saya mau ke Bantar jaya (Bantar kambing), turunnya cuma di st.Bogor saja ya pak (yg terdekat)?
    5. Setelah dari stasiun saya naik apalagi ya pak untuk angkutannya?
    6. Kira2 dari st.Bogor menuju Bantar jaya (Bantar kambing) perjalanannya berapa lama ya pak?

    Maaf pertanyaannya banyak, Saya masih bingung soalnya, dan tidak tahu harus bertanya kepada siapa lagi..

    Mohon bantu di jawab ya pak.. Terimakasih..
    Jazakallah Khairan Katsiran..

    • Sore.. senang bisa bermanfaat.. selamat mencoba commuter line yah

      • Iya, terimakasih pak..
        Tapi kok pertanyaan saya tidak dijawab -.-‘

        • Uppss.. maaf rupanya jawaban saya tidak terposting dengan benar…

          1. Saya tinggal beli tiket dari st.Tangerang menuju kebogor ya pak? Tapi nanti Turun di st.Duri kemudian naik yang menuju ke bogor? Sekali bayar saja? Begitu ya pak?

          Jawab : cukup sekali saja.. saat beli tiket langsung bilang ke stasiun Bogor. Jadi tidak perlu beli dua kali dan cuma tinggal ganti kereta

          2. Saya berencana menginap 1 atau 2 hari, bagusnya tiket yang mana yang saya beli pak? Tiket yg praktis jika saya mau pulang ke tangerang.

          Jawab : Bisa beli tiket THB PP (Pulang Pergi) , jadi tidak perlu lagi beli saat pulang. Selama masih dalam jangka waktu 7 hari, masih bisa dipergunakan.

          3. Di Bogor stasiunnya cuma 1 atau ada beberapa stasiun lagi pak?

          Jawab : Stasiun di Bogor ada 3, Stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggede

          4. Kalau saya mau ke Bantar jaya (Bantar kambing), turunnya cuma di st.Bogor saja ya pak (yg terdekat)?

          Jawab : sebaiknya turun di stasiun Bogor lalu agak jalan dikit ke Terminal Merdeka (atau bisa juga naik becak kalau tidak mau capek). Disana banyak angkot 06 untuk ke arah Bantar Kambing.

          5. Setelah dari stasiun saya naik apalagi ya pak untuk angkutannya?

          Jawab : Haniya harus ke Terminal Merdeka. Kalau bawaan tidak berat sebenarnya berjalan juga bisa karena jarak tidak jauh. Bisa juga naik becak. Disana cari angkot yang ke Bantar Kambing (no 06 biru)

          6. Kira2 dari st.Bogor menuju Bantar jaya (Bantar kambing) perjalanannya berapa lama ya pak?

          Jawab : tidak tentu tergantung kemacetan Bogor. Biasanya bisa sampai 1 jam.

          Maaf pertanyaannya banyak, Saya masih bingung soalnya, dan tidak tahu harus bertanya kepada siapa lagi..

          Mohon bantu di jawab ya pak.. Terimakasih..

          Jawab : sama-sama.. maaf juga jawabannya tidak terposting dengan baik
          Jazakallah Khairan Katsiran..

  15. Pak Anton infonya bermanfaat bangat. Semangat pak
    Saya juga mau bertanya pak.. saya dari pondok cina pake kartu brizzi tujuan saya ke jembatan lima. Pertanyaannya saya yurun di stasiun mana pak??

    • Lebih bagus turun di stasiun Tanah Abang. Jadi naik yang jurusan Jatinegara yah dari Pondok Cina

  16. pak, kalau saya masuk stasiun misalnya lewat gate a (pakai KMT), tidak naik KRLnya hanya lewat (menyeberang rel saja) saja kemudian keluar melalui gate b, bisa ga? saldo saya terpotong ga? terima kasih.

    • Saldonya terpotong 3000 rupiah. Keluar masuk stasiun yang sama akan tetap dikenakan tarif minimum, yaitu 3000 tadi

  17. Pak saya mau ke stasiun pasar minggu, naik dari juanda makenya cl yg jurusan bogor atau depok? Oya estimasi waktu dari stasiun juanda ke pasming brp menit yah pak?

    • Dari Juanda mau naik CL yang ke Bogor atau Depok bisa kok ke Pasar Minggu. Keduanya akan melewati stasiun ini.

      Kira-kira yah 30 menit saja

  18. Amelia yuliastuti

    Pak mau nanya kalo dari bekasi ke juanda naik cl jurusan apa pak ? Saldo yang akan terpotong jika menggunakan e money berapa pak ?

    • Naik CL jurusan stasiun jakarta kota bisa langsung turun di Juanda

      Nah, nggak tau berapa tarifnya tapi ga mahal kok. Paling 5000

  19. Aslm selamat malam pak. Thread nya menarik dan informatif.
    Saya mau nanya:
    1. Sy rencananya mau naik kereta dr ps senen ke cikampek. Tapi asalnya dari sudimara-tn abang-jatinegara (turun di sentiong trs lanjut ke ps senen, seperti yg bpk sdh jelaskan di komen2 sebelumnya). Nah yg mau sy tanyakan, mending beli THB apa bisa pake e money ?? Soalnya kalo pake e money apa sy hrs tap out dlu trs tap in lg ? Sedangkan jika sy sudah punya tiket ke cikampek masa sy hrs tap in lagi ? Baiknya seperti apa? Mohon pencerahannya pak. Trims

    • Wa alaikum salam…

      Pakai e-money juga bisa. Hanya diaktifkan dulu. Mudah kok cukup pergi ke alat aktivasi berwarna merah yang tertempel di dekat loket atau di seberangnya.

      Pakai e-money tetap harus tap in dan tap out kalau tidak e-moneynya nanti tidak bisa digunakan di CL. Cuma karena berarti sesampainya di Pasar Senen langsung naik yang ke Cikampek, tap outnya kalau pas kembali ke Pasar Senen lagi saja. Contohnya..

      – tap in di Sudimara
      – Berhenti di senen dan langsung naik kereta ke Cikampek (belum tap out)
      – Sepulangnya dari Cikampek ke senen lagi dan tap out dulu baru kemudian tap in lagi

      Bisa juga sesampainya di senen tap out dan kemudian masuk dengan memakai tiket yang ke Cikampek (bukan memakai e-money)

      Intinya tetap harus tap in dan tap out dengan kartu yang sama.

  20. nunung ismawati Bahmid

    Assalamu’alaikum pak,maaf ganggu waktunya webntar,saya mau nanya,kalau mau ke bgor,dari st palmerah it trun st tnah abang,beli tiket lagi apa langsung transit ke cl tjuan bgor…?? Soalnya in prtma kali mau naik cl..

    • Di Stasiun Palmerah, langsung saja beli tiket ke Bogor. Jangan beli tiket yang ke Tanah Abang.

      Dengan begitu, saat transit di Tanah Abang, tidak perlu keluar stasiun dan membeli tiket lagi. Cukup berganti kereta saja.

  21. Slamat malam….
    Mau tanya 1 kartu flazz mau dpake d comutter line boleh brp org?
    Sedangkan klo d trans jakarta kan boleh lebih dr 1 org.
    Mohon infonya,mksh seblmnya

    • satu orang saja.. tidak bisa dipergunakan berkali kali.

      Satu orang satu kartu

  22. Assalamualaikum pak. Kalo saya dari stasiun rawa buntu ingin ke stasiun manggarai itu kan saya harus transit di stasiun tanah abang ya. Tapi di loket saya bilang tujuannya tetap manggarai ya? Bukan tanah abang? Masih agak bingung nih pak, maklum pemula hehe

    • Betul.. di loket sebut saja stasiun tujuan akhir, Manggarai. Jangan sebut stasiun transit.

      Dengan begitu tidak perlu keluar di stasiun transit.

  23. Saya sejak TK tahun 2005 suka naik KRL hingga SMP tahun 2013 bersama bapak saya. KRL Ekspres, Ekonomi AC maupun Ekonomi sudah sering saya naiki, waktu itu sistem pembayarannya masih pakai karcis yang tentunya tidak ribet. Selepas itu saya tidak pernah naik KRL lagi. Jadi benar2 asing dengan peraturan yang ribet pakai kartu itu, hehe. Nah setelah saya membaca tulisan om, saya jadi tertarik untuk bertanya nih, berhubung liburan panjang saya setelah lulus SMA ini saya ingin naik KRL bersama teman saya ?

    Kalau saya mulai dari St. Nambo, pada saat di loket saya pilih tujuan misalnya St. Tangerang. Kemudian saya tidak langsung ke Tangerang tapi jalan2 dulu, misalnya Pertama dari St. Nambo naik CL tujuan Angke tapi kemudian turun di St. Depok. Dari St. Depok naik CL tujuan Bogor, kemudian turun di St. Bogor. Lalu dari St. Bogor naik CL tujuan Jatinegara kemudian turun di Jatinegara. Kemudian dari Jatinegara naik CL tujuan Bekasi dan turun di Bekasi. Dari Bekasi naik CL tujuan Jakarta Kota kemudian turun di St. Manggarai. Di St.Manggarai naik CL Bogor tujuan Jatinegara atau CL Nambo tujuan Angke. Kemudian turun di St. Tanahabang, naik CL dari St. Tanahabang tujuan Rangkasbitung. Turun di Rangkasbitung, kemudian naik KRL yang sama tujuan Tanahabang dan turun di St. Tanahabang. Dari St. Tanahabang naik CL Bogor tujuan Jatinegara atau Nambo tujuan Angke, kemudian turun di St. Duri. Dari St. Duri naik CL tujuan Tangerang dan turun di St. Tangerang.

    Bisakah seperti itu? Hehehe

    • Hahahaha.. tidak bisa. Teorinya bisa, tapi nggak bisa keluar stasiun. Jadi kalau sudah memilih stasiun Tangerang pakai THB, kalau keluar bukan di area sana, bisa terkena penalti, apalagi dipakai muter2 kayak begitu.

      Bisa saja maen dulu ke stasiun Bogor, tetapi kalau tidak mau kena denda, ya cuma bisa muter di bagian dalam stasiunnya, kalau keluar gate, bisa kena penalti.

      Jadi saya saran jangan deh. Lebih baik beli KMT kartu multi trip jadi tinggal isi saldo saja, dan tidak perlu antri.

      Menurut saya mah, yg sudah naik KRL sejak tahun 1989, sistem sekarang lebih enak

  24. Pak sy mw tnya kl dr bandara soekarno hatta k st tangerang jauh tdk ya…. bs kah kasih petunjuk dr st tangerang k bekasi rutenya gmn? Sama 1lg kl dr arah st senen-ke bekasi rutenya gmn… krn sy dr jogja mw k bekasi msh bingung kl hrs naik pswat/kereta dtmbh bw balita jd g mau repot. Trims.

    • Wulan,

      Kalau dari Bandara Soetta ke Bekasi, lebih baik naik Damri saja. Lebih praktis. Ada Damri dari Soetta ke Bekasi langsung tanpa harus transit. Rutenya ke Perumahan Harapan Indah dengan ke Terminal Kayuringin Bekasi.

      Tarif sekitar 45 ribu saja.

      Kalau pakai CL ruwet dan walau jarak dari Soetta ke Tangerang tidak jauh, tetapi akan makan waktu karena harus bolak balik nati kendaraan umum atau Taxi. Ongkosnya bisa lebih mahal.

      Jadi saran saya pakai Bus Damri saja. Sekeluar terminal Bandara, langsung cari saya counte rbus Damri dan tunggu saja disitu. Naik dan tinggal duduk sampai Bekasi

  25. Maaf pak izin tanya, kalau dari stasiun pondok ranji mau ke KPP pulo gadung, rute keretanya gimana ya? kemudian dari stasiun akhir itu kalau mak ke KPP nya saya bisa naik apa?

    • Stasiun Pondok Ranji turun di Tanah Abang. Naik CL ke arah Jatinegara turun di stasiun Gang Sentiong. Tunggu kereta balik dari Jatinegara dan turun di stasiun Senen.

      KPP Pulogadung sekitar 20-30 menit dari stasiun Senen. Tinggal naik mikrolet dai situ

  26. Assalamualaikum pak kalo tiket commuter Line nya kebawa pulang dan lupa balikin bagai mana?

    • THB berlaku 7 hari.. jadi masih bisa ditukarkan selama belum lewat masa 7 hari itu

  27. assalamualaikum
    pak kalau dari bekasi , ke pasar senin, gimana, ?
    kita belum pernah naik sendiri hiiiii…
    mohon info terimakasih

    • Wa alaikum salam dari bekasi naik cl yang ke arah jatinegara lalu ganti kereta yg menuju bogor. Turun di senen

  28. pak saya mau tanya pak. kalo dari bekasi ke sudimara rutenya gimana pak ? saya belum pernah naik KRL

    • Dari bekasi naik CL yang ke Manggarai atau Jatinegara. Turun di salah satu stasiun itu.

      1. Dari Jatinegara naik CL yang ke arah Bogor, turun di Tanah Abang dan naik CL ke Sudimara
      2, Dari Manggarai naik CL yang ke arah Angke atau Jatinegara, turun di Tanah Abang, lalu naik CL ke Sudimara

      Begitu Vicky

  29. Assalamualaikum pak, terima kasih infonya, sangat bermanfaat untuk saya yang baru coba2 naik CL karna biasanya saya naik transjakarta

    Semoga hari Anda menyenangkan ya pak ?

    • Wa Alaikum Salam Mimi

      Terima kasih kembali dan semoga hari Mimi menyenangkan juga

  30. Assalamu’alaikum pak anton..
    Selamat pagi, Aku eka ^_^
    Aku mau bertanya kalo dari Tanjung Priok ke Bogor naik CLnya gimana ya pak ?
    Soalnya aku belum pernah naik CL sebelumnya, Mohon jawabannya 🙂

    • Wa alaikum salam..

      Maaf terlambat menjawab, maklum ada urusan keluarga.

      Dari Tanjung Priok naik kereta yang Jurusan Kota. Lalu bisa berhenti di Kampung Bandan atau di Stasiun Kota, yang manapun sama saja.

      1. Kalau dari Kampung Bandan, tunggu CL yang dari arah Jatinegara menuju Bogor, nah naik saja. Bogor ada di paling ujung
      2. Kalau di stasiun Kota, pindah naik CL jurusan Bogor.

      Itu saja.

  31. thanks pak, infonya sgt membantu apalg utk pemula sprti saya
    ohh yaa pak sy mau tanya, klo dr st.tangerang ke st.ancol bisa langsung atau transit dulu? klo transit di st mana yaa pak?
    sekian trimakasih pak

    • Kalau ga salah saya sudah jawab pertanyaan ini.. coba deh lihat di komentar bagian atas disitu ada penjelasan tentang cara ke Stasiun Ancol dari Tangerang.

      Eniwe intinya dari Tangerang

      1. Turun di stasiun Duri
      2. kemudian naik CL jurusan Jatinegara, turun di Kampung Bandan
      3. Lanjut lagi dengan CL menuju stasiun Ancol

      Beli tiketnya langsung ke stasiun Ancol, jadi tidak usah keluar stasiun transit

  32. thanks pak,
    sgt bermanfaat info nya
    ohh yaa pak saya mau tanya, klo dr st.tangerang ke st.ancol bisa langsung apa transit dulu?
    klo transit di st. mana yaa pak?

    • Waduh dua kali transit tuh..

      Pertama turun di Stasiun Duri. Lalu naik CL ke arah Jatinegara turun di Kampung Bandan .. lalu tunggu CL yang ke stasiun Ancol

  33. Kalo kartu kena denda atau suplisi berapa biaya dendanya pak

    • Denda Rp 13 ribu. Suplisi 50 ribu

  34. selamat pagi pak, saya mau bertanya kalau mau ke pondok cina dari stasiun manggarai bagaimana ya pak rute dan tiketnya?

    terima kasih

    • Tinggal naik CL yang ke Bogor atau Depok, turun di Pondok Cina. Tidak perlu transit kalau dariManggarai

  35. selamat pagi pak, saya mau bertanya kalau saya dari stasiun Jatinegara mau ke pondok cina itu rute perjalanannya dan pembelian tiketnya bagaimana ya pak?
    terima kasih,

    • Naik yang ke arah Bogor saja, langsung dari Jatinegara turun di Pondok Cina. Tidak perlu transit

  36. mhn maaf pa anton, saya ardy, saya hendak berpergian dari bogor ke tangerang kota, sebaiknya seperti apa y pa, saya baru pertama kali menggunakan kereta api, trimakasih atas penjelasnnya

    • Kalau mau naikCommuter Line / Kereta,

      1. Pesan tiket langsung ke Tangerang
      2. Naik CL yang menuju ke Jatinegara, turun di stasiun Duri
      3. Dari Stasiun Duri, naik yang ke arah Tangerang
      4. Nah Stasiun Tangerang itu sendiri merupakan stasiun akhir dari jalur ini dan lokasi stasiunnya lumayan berada di tengah kota Tangerang.

      Mudah-mudahan bisa membantu

  37. Halo, pak mau tanya saya belum pernah naik kereta. Saya mau ke stasiun pasar Minggu dari Bogor. Infonya pak bagaimana caranya ?

    • Gampang.. kalau dari Bogor..naik saja CL jurusan jatinegara, atau kota nggak masalah. Semuanya pasti melewati Pasar Minggu.ga perlu transit

      Cukup bilang di loket Pasar Minggu.

  38. Pak saya ingin bertanya, hari senin besok saya ingin ke bogor dan ini kali pertama saya pergi ke bogor tanpa didampingi orang tua. Biasanya papa saya yang mengurus semuanya.
    1. Saya ingin naik dari st palmerah ke st bogor apa bisa langsung atau harus transit dahulu? Kalau transit di st mana?
    2. Cara membeli tiketnya bagaimana? Dan kalau beli pas sampai bogor untuk nanti pulangnya bisa tidak?
    3. Cara menukarkan uang jaminan bagaimana?
    Terima kasih sebelumnya pak.

    • Tenang Gie… ke Bogor itu mudah.. ga susah.. santai

      1. Harus transit di Sts Tanah Abang. Di Tanah Abang tunggu Commuter Line dari arah Jatinegara/Duri yang menuju Bogor. Turun di stasiun terakhir, sts Bogor

      2. Beli di loket saja. Sebutkan saja tujuan akhir, yaitu Bogor. Jadi tidak perlu keluar stasiun di Tanah Abang. Tinggal pindah kereta

      Pulangnya, ambil CL yang mengarah ke Jatinegara. Turun di sts Tanah Abang dan ganti kereta yang ke Palmerah. Cara beli tiket sama saja.

      Kalau memang pulang dalam sehari, pesan langsung saja tiket PP di loket, jadi ga cape antri.

      3. Tukar uang jaminan, ke loket labgsung saja. Biasanya ada yg bertuliskan refund. Itu saja nanti uangnya dikembalikan

      Have fun in Bogor Gir

      • Waaah terima kasih penjelasannya pak! Besok saya kesana

  39. Anggy Wira Pambudi

    Mau tanya pak kalau kereta KRL dari Jatinegara-Jakarta kota dan Jakarta kota ke cawang apakah ada? kalau ada biasanya jam berapa dan harga tiketnya brp ya

    • Tanggal satu april ini ada dari Bekasi – Jakarta Kota (Lewat Jatinegara juga). KRL dari Jakarta Kota – Cawang itu pakai yang jurusan Depok, Bogor, pasti lewat Cawang.

      Kalau mau sih mending naik CL dari Bekasi ke Manggarai .. nah dari situ naik CL yang ke Depok/Bogor. Pasti lewat Cawang

  40. Siang pak..
    Saya mau tanya, kalau saya mau ke bekasi naik krl pake kartu flazz, saldo minimal kartu flazz nya brp ya?
    Terimakasih pak

    • Dari Bogor ke Bekasi ongkos sekitar 12-15 ribu an. Lalu saldo min saat gate out 12 ribu..

      Jadi mon ada 27 ribu

  41. Bismillah
    Selamat sore pak,
    Saya dulu pernah beli tiket sekali jalan, tapi tidak saya kembalikan ke loket sudah berbulan-bulan, apakah tiket itu bisa saya gunakan lagi dengan cara di isi ulang di loket ? Apakah akan kena denda ?
    Jazakallahu khairan

    • Sore Regi…

      Kalau sudah berbulan bulan, jaminannya sudah hangus. Batas maksimum bisa isi ulang adalah 7 hari jadi tidak bisa lagi diisi ulang.

      Kalau mau berangkat lagi, beli baru saja Tiket Harian Berjaminan. Tidak perlu bayar denda. Hanya perlu membayar jaminan seperti layaknya THB.

      Kira-kira begitu Regi

    • Hallo pak
      Kalau transit(pindah kereta) bisa kena denda nggak pak??
      Terimakasih

      • Pindah kereta tidak masalah.. Selama tujuan akhirnya sama, tidak akan dikenakan denda. Jadi kalau beli akrcis untuk stasiun Manggarai, mau ganti kereta 5 kali tidak masalah selama berhentinya di Manggarai

  42. Hallo pak
    Saya pengguna kartu indomart emoney, sdh d aktivasi di stasiun bogor, sdh saya pake jg utk trans jakarta dan tol. Saldo terakhir 35 ribu, trus dua bulan kartu tdk pernah d gunakan lg. Nah kemarin saya pakai di stasiun pasar minggu tujuan bogor, tp kartu ditolak gate tdk bisa terbuka, kata petugasnya kena pinalti, lah knp? Saya loket dan benar katanya kena pinalti pdhl saldo msh banyak, dan di potong pinalti 12 ribu.
    Mohon penjelasannya terimakasih

    • Hallo juga Nas..

      Penalti itu ada beberapa macam

      1. Saldo saat gate out kurang dari 12.000
      2. Pernah dipake masuk stasiun tapi nggak tap out (mungkin krn waktu tap out ga beres)

      Kalu gate yg ga terbukanya pada saat mau masuk, berarti kartu itu pernah dipakai tap in tapi tidak tap out. Makanya pintu ga kebuka. Jadi dikenakan tarif terjauh.

      Itu menurut saya yah.. entah pada suatu waktu pernah tap out yang ga beres.

  43. apakah kartu multi trip bisa digunakan utk pembayaran tol? utk top up bisa dilakukan dmn aja?

    • Tidak bisa KMT hanya berlaku untuk Commuter Line dan lingkungannya (untuk bayar parkir juga bisa). KMT harus diisi ulang di stasiun sementara ini.

      Kalau memang sudah punya e-money seperti Flazz atau yang lain, pakai itu saja. Tinggal aktifkan di stasiun.

  44. Informasinya sangat membantu pak, dan lumayan bikin paham. Tapi saya mau bertanya untuk memastikan karena ini pertama kalinya saya akan ke Bogor.
    1. Kalau saya dari Jawa Tengah mau ke Bogor bisa naik kerata api ke stasiun Jatinegara Jkt lalu langsung naik CL ke Bogor kan pak?
    2. Tujuan saya adalah ke Botani Square. Bisa tolong rekomendasikan penginapan/ hotel di dekat situ yang harganya terjangkau namun fasilitas lumayan untuk menginap 2-3 malam.

    • Cut..

      1. Bisa. Turun Jatinegara, langsung naik CL ke Stasiun Bogor.
      2. Botani Square hanya Mall saja.. Kalau boleh saya sarankan bisa coba Elsana Transit Hotel di Jalan Sawojajar atau Wisma Sudirman di Jalan Sudirman. Tidak terlalu jauh dari Kebun Raya Bogor dan tarifnya lumayan hemat. Akses angkutan kota bisa didapat dari depan wisma. Jadi tidak terlalu sulit.

      Lokasinya dekat dengan Kebun Raya Bogor dan kalau mau cukup berjalan kaki juga bisa. Juga dekat dengan Museum PETA< Taman Air Mancur. bisa kemana-mana. Bahkan kalau mau ke Botani pun tidak jauh cukup naik angkot + jalan kaki (angkot no 07 merah + 03 merah tetapi dekat-dekat saja) Atau kalau mau bisa di Safira Butik Hotel di Jalan Paledang (jalan di seberang Stasiun Bogor). Kalau dari sini cukup sekali naik angkot 03 merah ke arah Botani Square. Ada juga Hotel Sempur di dekat Lapangan Sempur. Kalau mau ke Kebun Raya bisa jalan kaki begitu juga ke Botani Square Hotel Permata di Jalan Pajajaran seberang Kebun Raya juga ada. Ini malah hanya 200-300 meter saja dari Btani Yang manapun sebenarnya tidak sulit untuk menuju Botani Square yang lokasinya di depan Tugu Kujang.

  45. Assalamualaikum wr.wb pak..
    saya mau nanya, berhubung saya baru mncoba naik CL pak. Saya dari st.tangerang pengen ke st.bogor .. jalurnya gmana itu pak? pake transit? trus pas diloket bilang sama petugasnya langsung stasiun bogor pak?
    Hmm satu lagi pak.. waktu pertama kali naik CL kan saya pake THB.. trus skrng udh lewat 7 hari.. trus klw saya mau ke bogor besok itu caranya gimana pak? kan pake THB nggk bisa lagi tu pak..
    Terima kasih pak.

    • Wa alaikum salam Mbak Rima..

      1. Kalau dari Tangerang harus Transit di Stasiun Duri. Jadi naik saja CL dan turun di Sts Duri, lalu tunggu CL dari arah Jatinegara yang menuju Stasiun Bogor. Setelah itu tinggal turun di Bogor saja.
      2. Bilang di loket stasiun Bogor, ajdi tidak perlu keluar di stasiun Transit. Bisa juga langsung kalau PP bilang tiket PP
      3. Kalau sudah lewat 7 hari, THB yang lama sudah tidak bisa dipakai. Jadi beli lagi saja di loket dan bayar jaminan lagi. Cuma itu caranya

      Mudah-mudahan bisa membantu

      • Terima Kasih bnyak pak,, infony sngat membantu saya.

        • Terima kasih sama-sama Rima.. Hati-hati di jalan ya

  46. Salam kenal pak,blog nya bagus informasinya…

    • salam kenal juga.. terima kasih sudah berkunjung

  47. Siang pak, Saya naik CL dari Depok – Jakarta Kota (PP) tapi saya harus ke Grogol untuk menemui saudara, kalau saya gunain tiketnya ke Stasiun Grogol bisa gak? Tarifnya sama pak

    • Setahu saya tidak bisa mbak.. tapi sebaiknya tanyakan lgs ke loket

  48. Putri Jarsetyana

    Pak Anton saya mau tanya, soalnya saya newbie naik kereta hehe
    1. Saya dari stasiun tangerang mau ke stasiun tanah abang, itu transit dulu atau langsung ke tanah abang ya pak? Kalau transit, transitnya dimana aja?
    2. Saya kan pergi naik CL hanya 1 hari itu aja (pergi-pulang), berarti saya bilang ke loket di pertama pergi (stasiun tangerang) gimana pak?
    3. Kalau nanti saya dikasih kartu KHB, pas saya mau pulang dari arah stasiun tanah abang buat ke stasiun tangerang itu saya beli tiket lagi di tanah abang apa gimana pak?
    4. Saya kan perjalanannya pergi-pulang ya pak dari Tangerang ke Tanah Abang, nah KHB nya dituker pas saya udah pulang nyampe di stasiun tangerang lg kah pak atau gimana?
    Mohon pencerahannya Pak Anto, terima kasih banyak..

    • Malam Putri maaf baru bisa jawab, seharian tidak di rumah hari ini.

      1. Dari Tangerang perjalanan berakhir di stasiun Duri bukan Tanah Abang. Jadi harus transit. Nah dari Duri, tunggu saja CL dari arah Jatinegara ke Bogor. Naik itu dan kemudian turun di Tanah Abang.

      2. Kalau mau, bisa langsung pesan THB pulang pergi. Tetapi, kalau ragu beli saja THB ke Tanah Abang saja, baru pulangnya isi ulang lagi di loket. Yang manapun sama.

      3. Ketika beli THB dari stasiun Tangerang, THB tidak perlu dikembalikan dulu. Simpan saja. Kalau belinya THB PP, bisa langsung dipakai pulang ke Tangerang, tetapi kalau belinya yang sekali jalan, saat pulang di stasiun Tanah Abang, diisi ulang saja seharga tiket ke Tangerang.

      4. Untuk minta refund lakukan saja pada saat sampai di stasiun Tangerang saat pulang. Jadi tidak repot bolak balik ke loket.

      Mudah-mudahan membantu ya

  49. Annisa Putriana

    Pak saya mau ke Bandung daerah Lembang bisa ga pakai kartu busway? Trs jadwal nya sekira jam brp aja pak? Terima kasih

    • Maaf saya bingung soal Commuter Line ke Bandung daerah Lembang. Setahu saya tidak ada.

      Kartu Busway belum bisa dipakai di CL, pergunakan saja e=money seperti Flazz

      • Selamat sore pak Anton…
        saya bertiga mau pakai CL dari Bogor ke Jakarta Kota menggunakan kartu Flazz…
        apakah bisa memakai 1 Kartu Flazz atau harus 3 Kartu Flazz?
        Terimakasih pak Anton…

        • Sore Muljadi

          Sayangnya 1 kartu 1 orang. Jadi, yang dua lagi beli saja THB )Tiket Harian Berjaminan)

          O ya jangan lupa, kalau mau pake Flazz harus diaktifkan dulu ya

      • Pak saya minta saran klo dari stasiun cakung ke sudirman lebih baik pake KMT atau THB trimakasih.

        • Sama saja… mau pake THB ga masalah.. pake KMT juga OK

  50. mas kalo KMT yang kena suplisi/pinalti cara nyelesain nya gimana mas ?

    • Pergi ke loket aja mas… selesaikan disana..

  51. Siang pak, Untuk penggunaan multitrip card.. apakah bisa digunakan keberapa orang dalam satu waktu perjalanan? dan
    Nambo-Stasiun Kota, transit nya dimana? Terima kasih.

    • KMT hanya bisa dipergunakan satu orang saja. Tidak bisa dipergunakan beberapa orang sekaligus

      Dari Nambo ke stasiun Kota bisa transit di Citayam atau Manggarai. Biasanya kereta Nambo pasti jurusan Jatinegara jadi harus transit dimanapaun antara Citayam hingga Manggarai. Saya saran sih citayam

  52. salam kenal pak.
    saya mau bertanya pak.
    1. bilamana saya akan pergi ke st. pondok cina dari st. jatinegara. apakah lebih baik menggunakan CL lgsg jurusan bogor atau transit di st. manggarai? apakah keduanya memiliki efesiensi waktu yang terlalu berbeda?
    2. bilamana saya dari st. jatinegara akan ke st. pondok cina dan memilih transit di st. manggarai. untuk membeli tiket thb saya nanti mengatakan kepada petugas loket tujuan saya tetap st. pondok cina atau st. manggarai?
    3. bilamana transit (no. 2) untuk membeli tiketnya cukup sekali saja, atau nanti di st. transit kembali melakukan pembelian tiket?

    • Salam kenal juga

      1. Soal efisiensi waktu, akan tergantung pada jamnya Kang. Kalau pagi hari untuk ke Jatinegara terkadang CL sambungan yang dari arah kota agak sedikit. Jadi bisa menunggu agak lama.

      Kalau pakai yang langsung ke Jatinegara bisa lebih cepat.

      2. Nah, kalau dari Jatinegara mau balik ke Pondok Cina, lebih cepat kalau transit di Manggarai daripada harus ikut CL yang ke arah Bogor dari Jatinegara

      3. Cara 1 atau 2 cukup sekali saja beli tiket. Sebutkan saja stasiun tujuan akhirnya, jadi tidak perlu keluar di stasiun transit.

      Mudah-mudahn bisa membantu

  53. Ass, pa saya mau tanya kalau jadwal kreta api bogor kalibata jam brapa ada d bogor, tujuan saya ke mampang naik kreta yang jurusan jati negara kan. Turun di kalibata bner ga pa..

    • Wa alaikumsalam

      Kereta dari Bogor sudah ada sejak 04.25 pagi hingga jam 10 malam. Mayoritas CL dari Bogor akan melewati Kalibata. Jadi mau pakai yang jurusan Jatinegara atau Jurusan Stasiun Kota bukan masalah. Semuanya melewati stasiun Kalibata.

      Kalibata adalah stasiun setelah stasiun Pasar Minggu Baru dan sebelum Cawang.

      Ke Mampang memang bisa lewat dari Kalibata.

  54. TOP buat blog nya
    Saya mau tanya pak,,,saya mau ke bogor dari bekasi,,kalo beli commuter line nya di hari H kan pasti sudah habis pak kursi kereta nya,,,itu gmna pak ?? Apakah bisa pesan 2 minggu sebelumnya,,atau gmna pak ??
    Mohon infonya pak trmksih

    • Commuter Line ga pake nomor kursi.. jadi bebas, siapa cepat dia dapat. Tempat duduknya juga terbatas

      Lebih baik beli pas hari H dan langsung datang ke stasiun

  55. saya dari semarang mau ke bogor transit di jakarta naek kereta
    sebaiknya turun di stasiun pasar senin atau jatinegara ya pak
    karena saya mau ke bogor naek kereta CL
    mohon pencerahannya

    trims

    • Ari.. Kalau bawa barang bagus di Jatinegara biar duduk daripada di Senen susah dapat duduk

  56. maaf pa mau tanya kalau dari stasiun kalideres ke bogor itu brp kali transit ?
    transitnya distasiun apa aja ?
    saya harus brp kali beli tiket ?
    trs saat beli tiket saya harus bilang tujuan stasiun transit apa langsung bilang tujuan ke bogor ?
    terimakasih

    • Transit satu kali saja di stasiun Duri. Dari Kalideres ke Stasiun Duri, lalu tunggu CL yang dari arah Jatinegara menuju Bogor.

      Itu saja

  57. Pak saya mau ke bogor, kalo naik kereta dari stasiun lemah abang cikarang itu gimana ya pak?

    • Kalau dari Cikarangnya saya tidak tahu Lulu. Tapi kalau Lulu bisa cari bus ke Bekasi, bisa naik CL dari Bekasi saja.

      Dari Bekasi Naik CL yang ke arah Jakarta Kota. Turun di Jatinegara atau Manggarai, yang manapun bisa. Lalu naik CL yang ke arah Bogor. Itu saja kalau mau ke Bogor

  58. assalamualaikum wr.wb pak.. informasi nya sangat bermanfaat..
    mau tanya pak, kan saya dari poris tujuan bogor.. tiket hariannya saya ga ditukarkan soalnya esok paginya berangkat lagi ke poris.. otomatis kelewat 1 hari.. apakah masih berkaku untuk tiket hariannya saat isi ulang tiket keesokan harinya?
    terimakasih.

    • Wa alaikum salam…

      Masih Rois. Masa berlaku tiket harian 7 hari. Jadi kalau memang pulangnya besok, tidak usah dotukar dulu di Bogor. Nanti saja setelah kembali ke Poris

  59. Pak saya dari tangerang tjuan mau ke stasiun senen, naik krl bisa lgsg atau transit2 y pak ? Kira2 biaya.a brapa? Thanks

    • Harus transit sari.. apalagi kalau dari arah Bogor CL tidak berhenti di Senen, tetapi kalau dari arah Jatinegara CL baru berhenti.

      1. Turun di Stasiun Duri
      2. Naik CL ke arah Jatinegara (biasanya dari arah Bogor)
      3. Berhenti satu stasiun setelah Senen
      4. Tunggu CL dari Jatinegara yang ke arah Bogor, lalu naik dan turun di Senen

      Semoga bisa membantu

  60. nanyak nich pak klo dari stasiun jakarta kota ke stasiun depok lama naek KRL apa ya?trus 2 stasiun sebelum depok lama tuch stasiun apa aja ya pak?trimakasih

    • Naik CL yang jurusan ke Bogor, pasti lewat stasiun Depok

      Dua stasiun sebelum Depok

      Depok Baru
      Pondok Cina
      Universitas INdonesia

  61. Comment:pak saya mau tanya ,, klo dari setasiun pasar minggu ke setasiun pasar senen itu naik krl yg jurusan mana trus trassitnya berapa kali pak.

    • Kalau dari Pasar Minggu, naik CL yang ke Jatinegara. Turun satu stasiun setelah Pasar Senen. Lalu tunggu CL balik dari Jatinegara ke arah Bogor.

      Kenapa harus begitu? karena CL dari arah Bogor tidak berhenti di senen tetapi CL yang dari Jatinegara berhenti di senen

  62. Comment: pak saya mau ke tanah abang dari bogor gmna ya pak, ? apa harus transit pak ?

    • Kau dari Bogor langsung saja tidak perlu transit. Naik CL yang ke Tanah Abang-Jatinegara

  63. pak , saya mau tanya ,, saya dari stasiun bojonggede mau ke stasiun grogol , itu harga relasi nya berapa yaa ?
    trmksh yaa pak sblm nya ..

    • Andri

      saya tidak bisa hapal berapa tarif pastinya. Hanya kalau dilihat dari tarif ke Gondangdia yang sebesar 5000 rupiah, tarif ke Grogol sekitar 6000-7000 saja

  64. pak saya mau tanya:
    Alhamdulillah saya paham dr penyampaian bapak, blog ini sangat bermanfaat.
    tapi saya mau meyakinkan lagi, sebab saya belum pernah naik kereta sebelumnya, maaf bertanya2.
    – THB itu apa pak?
    – lalu saya ingin pergi ke st. bogor, tidak untuk rutinitas hanya untuk sekali saja karna ingin bertemu kawan lama, apa yg harus saya lakukan jika saya dari st. kota ingin menuju st. bogor?

    • Terima kasih.. kalau berguna

      THB – Tiket Harian Berjaminan. Ini tiket yang harus dibeli untuk pengguna kereta yang hanya sesekali menggunakan kereta. Persis seperti kalau ayubi hanya ingin pergi ketemu teman lama.

      Namanya berjaminan karena ada uang jaminan yang harus dibayar sebesarl 10 ribu rupiah. Sebagai contoh ongkos jakarta ke bogor Rp. 8000 , tetapi di loket keberangkatan Ayubi ahrus bayar Rp 18.000. Nah di stasiun tujuan, Ayubi pergi lagi ke loket untuk menukarkan Tiket dan mendapatkan kembali uang jaminan yang Rp 10 ribu tadi.

      Kalau hanya untuk sekali pergi saja, Ayubi pakai tiket yang THB itu. Pergi ke loket bilang mau ke Bogor, bayar, lalu petugas akan memberikan THB. Di stasiun tujuan tukar THB dengan uang jaminan.

  65. Infonya sangat membantu, pak saya mw tanya klo dari st. pasar senen mw ke st sudimara bilang ke loketnya gimana pak? Trus kalo membeli THB untuk pulang pergi bisa pak? Sebelumnya terima kasih pak

    • Dari Sts Pasar Senen naik CL jurusan Bogor. Turun di Tanah Abang, lalu dilanjut dengan CL ke Sudimara.

      Beli THB sebutkan saja tujuannya di loket langsung. Kalau mau ke Sudimara, sebut Sudimara, tidak perlu sebut stasiun transit.
      Beli THB PP bisa tetapi harus di loket. Tidak bisa di Vending Machine

  66. pak saya mau tanya kalau mau naik dari stasiun pondok cina-sta cikini dan sebaliknya gimana ? langsung atau transit dulu kah?
    oh iya kalau misalnya kita baru prtama kali beli tiket kemudian cara tau kalo kereta itu menuju ke stasiun yg kita tuju bagaimana?

    • Naik jurusan stasiun kota dan tidak perlu transit

  67. Mau tanya pak, rencana ny saya ingin pergi dr st. Kota ke st. Bogor,,dr st. Kota sy membeli kartu yg THB,, yg ingin sy tanya kan bisa kah ketika sampai d st. Bogor sy langsung membeli kartu lagi untuk balik nya,jd ketika waktu ny ingin balik k st,kota sy tdk usah mengantri lg,,,apakah hrs beli lg atau pakai thb dr st,awal lalu ngisi ulang lg, terima kasih,,,

    • Tidak usah beli lagi. Cukup diisi ulang saja. Jadi simpan saja dulu Thb nya samapi pulang.

      Nanti baru setelah pulang tukarkan agar uang jaminan bisa kembali

  68. Pak anton saya mau nanya,
    1. sy ingin buat KMT, bisa langsung saja di loket pak? Disemua stasiun bisa kan pak belinya?
    2. Saldo KMT terpotong pd saat tap in/tap out pak? Atau pd saat keduanya?
    3. KMT bisa direfund atau tidak?
    4. Tarif ongkos dari bekasi ke stasiun depok baru berapa ya pak?
    Mohon bantuannya pak terimakasih banyak

    • Langsung ke loket aja dan bilang mau beli KMT. Kalau tidak salah harganya Rp. 50 ribu termasuk saldo 30 ribu

  69. Pak saya mau ke depok, dr jatinegara sebaiknya langsung naik dr jatinegara atau transit k manggarai dulu?

    • Naik saja langsung dari Jatinegara.. ada CL yang langsung ke Bogor kok. Pasti lewat depok

  70. 5Bermanfaat sekali infonya pak khususnya buat saya yang baru di jakarta ini. Saya mau nanya, kalau naik KRL dr Grogol ke Bogor ada kereta langsung ga? Atau harus transit dulu. Saya mau ke IPB dramaga. Ini pertama kalinya saya ke Bogor. Setelah saya tiba d stasiun bogor saya harus naik angkutan apa buat sampai d IPB dramaga?? Terima kasih.

    • Dari Grogol tidak ada yang langsung harus ganti kereta di Bukit Duri. Dari bukit duri naik CL dari arah Jatinegara ke Bogor.

      Dari stasiun Bogor naik angkot no 03 Merah (nyebrang dulu yah lewat Jembatan Penyeberangan Orang) dan turun di terminal Laladon. Lalu dianjut dengan angkot 05 Biru ke arah Kampus Dalam atau Leuwiliang atau Ciampea

  71. Pak maaf mau tanya saya mau ke depok dr jatinegara, saya harus naik cl yg mana? Apa perlu transit dulu?

    • Yang ke arah bogor.. pasti lewat depok

  72. Pak saya dari bogor mau ke stasiun mangga besar , itu saya harus ke mannggarai dulu atau langsung beli tiket nya ke mangga besar dari stasiun bogor tolong info nya

    • Langsung saja .. nggak usah transit. Ambil jurusan kota . Pasti lewat mangga besar

  73. Assalamualaikum,
    Pak saya mau tanya, saya naik kereta dari karawang arah jakarta kota, rencana mau turun di st jatinegara.
    Dari st jatinegara naik kereta lagi CL arah bogor, apa bisa turun di st pasar minggu?

    • Bisa Liz.. dari Jatinegara ke arah Bogor pasti melewati Pasar Minggu dulu.

  74. Selamat pagi pak , saya linda dan baru pindah ke bogor pak klo dar bogor mau ke st.ui brati tinggal sebut saja ui depok ya pak? Apakah ada transit ? Trimakasiih

    • Bogor ke Ui.. tidak transit. Sekali naik saja.. stasiun ke 7 (bogor tidak dihitung) dari bogor.

      Jangan, sebutkan UI saja.. depok sama stasiun UI terpisah 2 stasiun. Jadi sebut UI tanpa embel2 depok

  75. Saya mau naik cl dari tangerang ke st rajawali. Baru pertama kali ini pak. Apakah ada pemberitahuan gerbong2nya? Saya takut salah naik jurusan keretanya saja hehhe maklum masih newbie

    • Saya juga baru.. baru 27 tahun saja naik KRL.

      Dari Tangerang turun di Stasiun Duri. Dari situ naik CL ke arah Jatinegara dan turun di stasiun Rajwali.Nanti biasanya di stasiun akan ada pengumuman kereta yang menuju ke arah sana. Naik di gerbong mana saja tidak masalah.

      Mudah kok. Kalau ragu, tanyakan saja pada petugas keamanan, mereka ramah-ramah kok dan siap membantu

  76. Pak dari tanah Abang mau ke stasiun Nambo transit di mana ya?? Dan paling malam jam brpa ya dari tanah Abang ke stasiun Nambo. Terimakasih

    • Tidak usah transut… tunggu saja di Tanah Abang yang ke arah Nambo.

      Untuk jadwal silakan lihat di jadwal commuter line di web ini

  77. Pak mw tanya, saya dr jogja dan rencana turun di St. Pasar Senen, nah tujuan saya mw ke Tangerang.
    Apakah bisa naik commuterline dr pasar senen ke tangerang?dan apakah harus transit dulu?
    Mohon infonya pak
    Terima kasih pak.

    • dari senen naik CL dari arah jatinegara dan turun di stasiun duri.. lalu tunggu CL yang ke arah tangerang

  78. florentina apriliani

    Assalamua’alaikum
    pak,saya sudah beli tiket di stasiun UP ke Bogor. Tetapi saya mau naik Kereta dari stasiun cawang itu bisa apa nggak??

    • Tidak bisa April….Lebih baik isi saldonya minta ditambah karena jarak UP lebih dekat ke Bogor daripada Cawang.. nanti kena denda.

      Tambah saldonya di loket dulu

  79. maaf pak saya mau nanya. saya binggung mau ke bogor. kalo dari stasiun keramat(sentiong ke stasiun bogor gimana ya?. terus apa harus transit? terus kartunya apa harus beli 2x kalo transit. terimaksih pak

    • Kalu dari Gang Sentiong, tidak perlu transit.

      Cukup naik CL yang dari arah Jatinegara ke Bogor. Jadi sebutkan saja ke loket jurusan Bogor. Keretanya langsung kok ke Bogor

  80. Pak saya mau tanya
    1. Sy mau ke st.pondok cina dr bekasi gimana ya
    2. Kli waktu transit harus keluar trus bayar lg apa tinggal tunggu kereta aja

    • Dari Pondok Cina, berhenti di Manggarai, lalu naik CL yang ke Bekasi.

      Saat beli tiket, beli langsung yang menuju Bekasi, jadi tidak perlu keluar stasiun untuk beli tiket lagi

  81. Siang pak. Kemarin saya membeli kmt versi gantungan kunci. Jika saya mau tap, di bagian mana saya menggunakannya? Mohon balasan nya. Terima kasih.

    • Tempelkan bagian yang mana saja mas.. nanti mesinnya akan scan sendiri. Tunggu beberapa saat, annti lampu hijau akan terbuka

  82. Comment:
    Assalamualaikum .
    Pa saya mau tanya, kalau mau naik cl dari stasiun bogor ke stasiun kota tua nanti dari kota tua mau balik lagi ke bogor caranya gimana? car beli tiketnya bagaimana?

    • Maaf baru sempat jawab sekarang karena ada kesibukan.

      Beli di loket saja mas. Kota Tua berarti tujuan Jakarta Kota. Sebutkan saja di loket nanti diberikan tiket kesana.

      Begitu juga sebaliknya

  83. Pak saya rencana akan ke bogor dari jakarta kota bersama istri, otomatis saya kan harus beli 2 tiket CL, apakah boleh jika namti saat saya proses beli tiket di vending machine saya langsung beli 2 kali sekalian buat istri, atau hanya boleh satu orang satu tiket, mohon infonya ya Pak! Terima kasih.

    • Satu orang satu tiket pak. Tapi beli di vending machine bisa langsung beli 2 pak

  84. ass pak saya mau bertanya. saya kan mau ke lenteng agung. kalo dr stasiun tangerang itu kan turun di duri. nah dr duri itu ngambil kereta yg arah jatinegara bukan ? trs langsung turun saja di lenteng agung. benar ga pak ? soalnya saya masih ragu ragu hehe

    • Betul sekali. 100 untuk Maisya

      Dari Tangerang ke Duri lalu tunggu CL dari arah Jatinegara dan turun di Lenteng

  85. Pak, saya tinggal di Pondok Ranggon Cipayung, kalau saya mau ke pasar senen stasiun yg terdekat dgn tmpt tinggal saya Jatinegara atau stasiun yang lain?

    • Waduh mas… saya tinggalnya di Bogor. Tidak hapal daerah Jakarta Timur. Cuma kalau mau ke Senen, lebih baik di jatinegara saja hanya perlu naik sekali

  86. Permisi Pak, tanggal 17 Agustus besok saya rencana ke Bogor. Apakah bisa jika berangkat dari stasiun grogol? Kalau bisa dari Grogol, CL ada dari jam berapa ya? Lalu untuk tiket hanya disa dibeli di tempat saat hari keberangkatan atau bisa saya beli dulu dari sekarang biar pas pergi ga usah antri?

    Untuk di Bogor sendiri setiap tanggal 17 Agustus apakah ada sistem tutup jalan untuk upacara & lomba 17an + toko2 wajib tutup? Takutnya pas kesana malah ga bisa apa2.. Saya rencana ke kebun raya bogor & wisata kuliner gang selot. Baiknya saya turun di stasiun Bogor yang mana? Lalu apakah selain 2 tempat itu ada destinasi wisata & kuliner yang Bapak rekomendasikan?

    Untuk CL dari Bogor apakah ada tujuan langsung ke Grogol? Kalau ada kereta terakhir adanya jam berapa ya? Untuk pulang hari baiknya THB dikembalikan pas sudah kembali ke Jakarta? Maaf ni banyak pertanyaan karena saya belum pernah ke Bogor naik CL..

    • – Bisa. Dari Grogol bisa e Bogor. Tapi transit dulu di stasiun Duri. Dari stasiun Duri baru naik yang ke arah Bogor
      – beli langsung saja. Sebenanrya bisa beli 2-3 hari sebelumnya, tetapi untuk apa. Lebih repot. Lebih baik beli saat mau berangkat. Tidak perlu ngantri lama. Apalagi pas hari libur, antrian sangat pendek. Tidak akan sampai 3-5 menit antrinya
      – Bogor terbuka dan tidak ada tutup jalan kecuali di lapangan Sempur karena biasanya dipakai upacara. Selain tempat itu terbuka
      – Tidak ada istilah toko tutup di Bogor, justru mereka buka karena biasanya pengunjung banyak
      – Kalau ke Kebun Raya berhenti di stasiun Bogor saja. Dari situ bisa lihat cara ke Kebun Raya
      – tempat wisata di bogor banyak bisa lihat di 50 tempat wisata di bogor
      – Kalau soal kuliner, silakan lihat di menu kuliner, ada banyak tempat. Terlalu banyak malah untuk saya tulis disini
      – Tidak ada CL langsung ke Grogol. Harus transit di stasiun Duri
      – Betul sekali THBnya kembalikan setelah kembali ke Grogol

  87. Pak saya mau tanya klo dr stasiun jakarta kota mau ke tangerang pake cl gmn pak,soalny sy baru

    • Naik cl ke manggarai..turun di situ lanjut naik cl ke arah jatinegara.. turun di sts duri. Lalu lanjut ke tangerang

  88. sore pak, mau tanya, apakah dari bekasi ke bogor ada jalur CL? kalo ada bagaimana caranya, kalo tidak ada harus bagaimana?.

    • Jalur langsung tidak ada. Harus transit di Manggarai atau Jatinegara.

      Dari bekasi naik Cl ke arah stasiun Kota, turun di Jatinegara atau Manggarai, lalu lanjut dengan CL ke arah Bogor.

      Beli karcisnya sekali saja, ke Bogor jadi tidak perlu keluar stasiun

  89. bifadlika haryani

    assalamu’alaikum pa saya mw tanya. sya mau pergi ke TWA mangrove jakarta daerah pluit. tapi saya mau naik kereta dari stasiun nambo. lebih baik saya transit dari st.Duri atau st. Manggarai ya pa ??
    memang apa bedanya ya pa kalo transit di duri atau manggarai. apakah kereta tujuan jakarta kota waktu datang nya lebih cepat/lama ya pa. mohon pencerahan nya pa . trimaksih

    • Wa alaikum salam…

      Stasiun tujuannya apa mbak? Kalau transit di duri, untuk orang yang mau ke arah grogol, pesing hingga tangerang.

      Kalau di Manggarai, orang transit untuk ke arah bekasi atau kota. Jadi tergantung stasiun tujuannya. Kalau dari Nambo mau ke Angke, tidak perlu transit juga bisa.

      Kalau dari nambo mau ke jkt kota, transitnya harus di Manggarai ga bisa di duri.

      Ke jakarta kota memang lebih banyak jadi waktu tunggunya sebentar.

  90. Klo dr pasar senen tujuan bogor harus transit dulu ato sekali jalan ya? Mohon penjlasan

    • sekali jalan saja.. ambil yang dari arah Jatinegara ke Bogor

  91. pa..aku mau tnya..aku kan dr st tegal mau k pd.kopi..turun d bekasi..aku mau naik CL dr bekasi..aku pnya indomaret Card..apa aku harus keluar dulu trus tap in pk kartu indomaret card ku ato langsung aj naik CL..aku takut d pd.kopi gak bisa keluar tap out error karna blom d tap in d bekasinya

    • Setahu saya Indomaret Card belum bisa dipakai untuk transaksi di CL. Jadi amannya, keluar dari stasiun Bekasi dulu dan beli THB daripada nanti bermasalah.

  92. Kalau dari pasar Senen ke Bogor bisa nggak

  93. Numpang tanya pak Anton. Utk menuju ke stasiun Pondok Ranji,saya harus naik CL dari stasiun mana ya?? Apa bs dari Stasiun tanah Abang ke stasiun Pondok Ranji??
    Trima kasih sebelumnya.

    • Dari Tanah Abang yang ke arah Serpong saja Tania

  94. dari St jatinegara apa ada CL yang turun langsung ke Bekasi?

    • ada.. dari Jatinegara ada yang langsung ke bekasi

  95. Pak mau tanya. Saya baru akan menggunakan CL untuk ke Bogor Minggu ini. Naik CL ke Bogor bisa dari Juanda ya pak?? Dan apakah untuk e-money jg kartu Flazz yg belum pernah digunakan utk CL,harus selalu diaktivasi terlebih dahulu?? Dan apakah di setiap stasiun CL bs dilakukan aktivasi e-money?? Saldo minimum utk ongkos PP Jakarta Bogor kira2 berapa ya pak?? Trima kasih sebelumnya.

    • Bisa naik dari Juanda.
      Betul e-money harus diaktivasi
      Bisa di setiap stasiun ada perangkat untuk mengaktivasi
      Ongkos maksimum 11000 rupiah dan saldo tersisa saat tap out harus 11000 juga. Jadi pastikan kurang lebih ada 22.000 rupiah dalam saldo emoney untuk sekali jalan

      • Trima kasih pak utk penjelasannya. Waktu itu saya sempat mendengar kalau aktivasi hanya bs dilakukan di St. Sudirman dan St. Bogor. Trima kasih banyak telah membantu.

          • itu hanya 1 kali aktivasi saja ya pak?

          • Satu kali aktivasi ajah kalau pakai e-money

  96. Pak saya mau nanya nih, kok saya dari bekasi ke stasiun kota kena tarif nya mahal ya, pdhl kan sekali msk kena 3000 eh pas mau kuar kena lg 3000 ribu, bgtu jga sebaliknya dr kota ke bekasi kena2 lg pas mau masuk sama kuarnya jd sehari saya bsa 12 rb kena nya pdhl make kmt itu klo boleh tau kenapa ya?
    makasih

    • Seharusnya hanya kena sekali, tap in tidak mengurangi saldo. Pada saat tap out baru saldo terpotong.

      Coba cek lagi tarif jkt bekasi.. apakah benar hanya 3000 atau 6000. Kalau memang ternyata terpotong dua kali tanyakan pada petugas loket karena dia pasti leboh tahu tarif yang berlaku.

  97. Mas saya dari bojong gede mau ke cibubur, trus turun di stasiun mana ya?
    Ok trima kasih

    • Susah om kalau mau ke Cibubur karena letaknya jauh dari jalur CL. Tidak ada cara yang mudah.

      Kalau mau bisa berhenti di Cibinong atau Nambo dan lanjut dengan angkot kesana
      Bisa juga ke Cawang, lalu lanjut dengan bus ke Cibubur
      Bisa ke Depok, dari sana baru naik bis ke Cibubur

      Tidak ada jalan mudah ke Cibubur naik CL mas. 😀 😀 Soalnya teman kantor tinggal di Cibubur dan dia pilih naik bus daripada CL, karena jatuhnya sama saja.

  98. Bagaimana dengan cara beli kartu KMT ? Beli Diloket atau di mesin VCM ?

  99. Pak Anton, informasinya sangat berguna sekali terima kasih sekalian untuk memastikan karena belum pernah naik CL saya ingin bertanya sbb: 1. Kalau naik dari stasiun kebayoran lama jakarta mau ke bogor caranya bagaimana? Naik line kereta warna apa? 2. Karena di bogor mau menginap apakah bisa bawa tas/koper ke CL 3. Saya dan isteri mau pakai emoney untuk jakarta bogor supaya saldo minimum Rp 11 ribu saat keluar di statsiun bogor seharusnya emoney saya isi minimum berapa rupiah?4. Ada saran pemginapann yang disekitar setatsiun bogor dan berada didaerah kuliner.5. Knlau mau melanjutkan perjalanan ke sukabumi caranya bagaimana?
    Terima kasih

    • Makasih sama sama

      1. Dari kebayoran lama naik Cl ke stasiun duri. Turun dulu lalu lanjut dengan CL dari arah Jatinegara menuju Bogor. Itu saja jadi transitnya di stasiun duri saja. Pesan karcis di loket langsung bilang Bogor jadi tidak perlu keluar stasiun duri.

      2. Bisa bawa koper ke CL. Bisa liat ukuran maksimum bagasi di sini.

      3.ongkos dari kebayoran sekitar 7000. Jadi satu emoney diisi saja 30000/orang. Untuk PP akan cukup

      4. Kalau di dekat stasiun Bogor kurang begitu nyaman. Kalau mau naik angkot satu kali saja dari depan stasiun menuju jalan Sudirman. Angkot no 07 atau 12 merah. Disana ada wisma sudirman atau elsana transit hotel. Murah dan cukup nyaman.

      Disana cukup banyak lokasi kuliner dan juga dekat Taman air mancur yang ramai di malam hari. Kalau mau ke kebun raya juga ga jauh

      5. Kalau mau ke sukabumi naik krt pesan tiketnya harus jauh jauh hari lewat online. Biasanya selalu habis.

      Kalau mau naik angkutan lain harus pergi ke terminal baranangsiang. Dari Sudirman harus naik angkot 07 yang memutari kebun raya. Cek dgn supirnya. Lalu turun di sekitar Kampus IPB. Berjalan sedikit ke arah Botani square untuk cari angkutan L300 menuju sukabumi.

      Mudah mudahan bisa membantu

  100. min, sy orang awam yang g tau menau soal gmn prosedur naik commuter line. tujuan sy bekasi ke pasar senen. sy mau tanya. tiket yg dibeli yg mna ? tiket pesen bbrpa hri sblmnya apa go show ? klu dr bekasi ke psr senen trif nya brp ?
    makasih nurin

    • Tiket belinya di stasiun Bekasi saja. Bilang sama petugas loket tujuan PASAR SENEN. Belinya di hari keberangkatan saja.

      Dari Bekasi turun di Jatinegara. Lalu lanjut dengan CL yang ke arah Bogo, berhenti di Stasiun Pasar Senen.

  101. Comment:maaf mo nanya,klo dari stasiun depok mau ke st.senen bisa langsung tidak ya…

    • Tidak bisa. CL dari depok tidak berhenti di Pasar Senen.

      Berhenti saja di satu stasiun setelah Pasar Senen lalu tunggu kereta balik dari arah Jatinegara

  102. Maaf pak saya mau tanya, kalau dari st bogor menuju Jakarta kota ada jam tertentu?

    • Banyak Mas kalau dari Bogor ke Jakarta Kota. Kereta sudah ada sejak 4.25 hingga 8 malam.

  103. Permisi numpang nanya , saya pengunjung baru yg ingin pergi ke Mall Citraland , dan akan menginap di Jati Padang , Pasar Minggu.
    Kalau naik KRL , dari mana dan turun mana
    Dan pembuatan kartu nya berapa , isi saldo berapa ?
    Makasih.

    • Dari Pasar Minggu bisa turun di stasiun Tanah Abang atau stasiun Duri. lalu dilanjutkan dengan kendaraan lain ke arah Grogol.

      Kalau mau , bisa turun juga di stasiun Juanda lalu lanjut dengan busway ke Harmoni, berganti busway yang mengarah ke Citraland.

      Tidak usah buat kartu multi trip kalau hanya sekali pakai. Pakai saja THB Tiket Hariaqn Berjaminan. Caranya langsung ke lot saja dan sebutkan stasiun tujuan. Nanti akan diberikan informasi tarif yang harus dibayar. Tarifnya adalah ongkos CL + Uang jaminan 10 ribu rupiah. Uang jaminan ini bisa ditukar kembali dengan cara menukarkan kartu CL ke loket di stasiun tujuan

  104. Assalamualaikum pak Anton,

    Maaf saya pemula alias baru tumben naik kereta CL, karena biasanya berpergian naik motor.

    Begini ceritanya pak ,,
    Hari minggu kemarin ( 19 juni 2016 ) , Saya beserta Istri saya berniat pergi berbelanja ke pasar Tanah abang dari tmpat tinggal saya yaitu Batu Ceper,,, Karena pemula saya selalu banyak tanya baik itu kepenjaga, kepetugas , PKD , maupun penumpang di dkt saya . Apakah itu soal pilihan jalur maupun cara cara nya pembelian tiket / kartu CL. selama pemberangkatan Alhamdulillah lancar.

    Permasalahannya di saat ingin kembali, ke stasiun Batu Ceper dari stasiun Tanah Abang. Di stasiun tanah abang begitu Istri saya melintas atau istilahnya Tap in ( stelah saya baca uraian cerita diatas) . kartunya itu tidak kontak dgn lampu.hijau tanda masuk, berulang ulang di coba pegawai penjaga kartu itu tidak juga berhasil, walhasil pegawai itu mengeluarkan kartunya sendiri dan menempelkannya di tap in , dan kontak lah lampu.hijaunya menyala dan.selanjutnya.istri saya di persilahkan masuk.

    Lalu selanjutnya saya , begitu.juga halnya dgn istri saya,, kartu sayapun tidak memunculkan kontak lampu hijau, dicoba lagi oleh penjaganya,,, tapi kali ini berbeda dgn istri saya,, penjaganya bilang bahwa saya harus keloket.dulu bilang disana isi ulang tujuan Batu ceper anjuran penjaga itu. maka saya segera ke loket dan bayar 2000 rupiah lalu.balik lagi kepenjaga tadi lalu Tap in ,,, dan berhasil ,,,,

    Di dalam Stasiun saya ragu selalu bertanya tanya kenapa istri bisa masuk sementara saya harus keloket isi ulang,,,,,,,

    Dan benar,,, Keraguan itu terjawab setibanya di stasiun batu ceper , Begitu tiba saya tidak ikut dalam antrian keluar saya memilih duduk duduk dulu di area peron menunggu antrian sepi,,, setelah sepi baru saya keluar menuju Tap out,,,, Disana berulang ulang kali di coba penjaga kartu istri saya tidak juga muncul kontak lampu hijau,,, karena tinggal saya berdua maka penjaga itu menahan istri saya untuk mempersilahkan saya untuk Tap.out ,,, lalu saya tempelkan kartu saya dan.kontak.langsung lampu hijau menyala.

    Dan selanjutnya , penjaga.itu mengechek kartu dari istri saya ke loket . Walhasil dari hasil chek penjaga itu langsung bilang Ibu di denda 50 ribu karena tidak mengisi ulang dan Bapak ( malsudnya saya ) dipersilahkan lanjutkan perjalanan,,, Dan saya bilang ,, maaf pak, ini istri saya dan saya yang bertanggung jawab ,,, lalu saya ceritakan ke penjaga itu dari awal berangkat hingga ke jadian Tap in di stasiun tanah abang tak lupa juga saya selalu bilang bahwa saya baru tumben alias pemula.. mungkin ada kebijakan dari pihak kepala stasiun,,, saya minta ke penjaga untuk bisa bertemu langsung ke kepala stasiun…

    Karena yang bikin saya khawatir/tidak.habis pikir;
    1. Permasalahan diselesaikan.ditempat ( tempat Tap out) bukan.di.ruangan.
    2. Mengapa penjaganya itu tidak mengijinkan saya ketemu kepala stasiun.
    3. Penjaga itu menawarkan ke saya untuk beli lagi tiket tujuan tanah abang sebanyak 3 tiket sebesar 36 ribu rupiah dgn ketentuan 2 tiket saya dan.istri saya ditahan, yang.mana yang bermasalah adalah tiket dari istri saya,,,
    4. Sikap dari penjaga itu tidak bersahabat dalam arti tidak bisa membedakan mana yang unsur sengaja dan mana yang unsur ketidak pahaman.
    5. Dianggapnya modus bagi yang tidak mengisi ulang kartu itu harus di denda dan di bayar bukan untuk di musyawarahkan.

    Mohon maaf Pak Anton , Kalau terlalu panjang uraian saya , mungkin ini pengalaman pribadi saya,

    Nah pertanyaannya ,,, dari Ke 5 kekhawatiran/ ketidak percayaan saya yang membikin miris terhadap moral ,,, 1.apakah saya salah untuk dibicarakan tentang denda tsb ?
    2. apakah memang begitu penyelesaiannya masalah tsb ?
    3.benar masalah itu diselesaikan di tempat bukan dgn musyawarah/ pembicaraan lebih lanjut ?
    4. apa memang tidak boleh saya bertemu kepala stasiun dalam hal ini ?

    Terimakasih banyak atas penjelasannya ,,, mohon maaf karena terlalu panjang lebar,,, sekian dari saya

    wasalamyalaikum wr wb.

    • Wa alaikum salam

      Wah terus terang ikut sedih dengar kejadiannya seperti itu. Terima kasih untuk sharingnya, dan semoga bisa bermanfaat bagi yang lain.
      Sebenarnya agak rumit juga kalau menjawab hal ini, mengingat Lovely Bogor tidak berkaitan langsung dengan PT KCJ yang mengelola CL, adi jawaban saya mohon tidak dianggap mewakiii siapapun ya. Ini hanya pandangan pribadi saya

      1. Mengenai masalah di ruangan atau di tempat tap ini, kalau menurut pandangan saya, seharusnya bukan sebuah masalah ya mas. Jadi kalau memang ada kesalahan dari penumpang, penyelesaian akhirnya dilakukan di loket (berupa pembayaran denda/penalti). Bukan dalam ruangan tertutup. Mungkin terkesan tidak menghargai, tetapi memang lebih efisien.

      2. Teori penyelesaiannya sederhana, kalau saldo di kartu tidak mencukupi, maka dikenakan denda atau suplisi. Itu saja patokannya mas. Bukan membela PT KCJ, tetapi standar operasi nya seperti itu. Jadi apa yang dilakukan petugas menurut saya, memang sudah disesuaikan dengan standar operasi yang ada.

      Pada kartu milik istri mas, saldonya kurang. Itu adalah bukti yang ada. Walau memang saya lihat ada kesalahan di stasiun awal yang mebiarkan istri mas tetap masuk memakai kartu petugas. Seharusnya ia mencegah sama seperti yang dilakukan pada si mas. Tetapi karena kenyataannya saldo di kartu istri mas kurang, mau tidak mau itu yang dijadikan pegangan.

      Oleh karena itu, memang sudah disediakan mesin pengecek saldo. Karena mas baru pertama kali, pasti tidak menyadari hal tersebut ya.

      3. Memang agak menyesakkan ya mas, tetapi kalau diperhatikan sosialisasi tentang penalti dan denda sudah ada di stasiun. Jadi bukan dengan cara musyawarah. Panduan penyelesaian masalah seperti ini, mau tidak mau mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

      4. Kepala stasiun tentu memiliki tugas lain mas. Tentu tidak bisa terus menerus menangani secara langsung masalah keberatan penumpang. Hampir setiap hari selalu saja ada kasus seperti ini karena bahkan saya sendiri sering melihat kasus-lasus mengenai saldo yang kurang di tap out. Jadi kalau semua meminta bertemu kepala stasiun, rasanya sulit mas.

      Saya rasa ada bagian masing-masing untuk menangani hal tersebut. Kalau semua kasus harus bertemu kepada stasiun, maka tentu petugas di lapangan juga akan dipertanyakan mampu tidak menyelesaikan tugas mereka. Lagipula standar denda dan penalti tentu bukan diputuskan oleh kepala stasiun karena sudah ditetapkan berlaku di semua jalur CL yang ada.

      Mengenai masalah sikap kurang bersahabat dari petugas, saya rasa bukan kurang bersahabat mas. Mereka juga terikat pada aturan yang sudah ditetapkan. Ditambah pengalaman bahwa hingga sekarang masih banyak saja penumpang yang coba mengakali sistem. Jadi dari satu sisi, saya bisa mengerti perasaan mas yang melihat mereka sebagai tidak bersahabat. Di sisi lain, justru saya berpikir tindakan mereka perlu untuk mencegah kecurangan yang selama ini terus berlangsung.

      Sulit untuk membedakan antara keduanya. Kalau mereka berpegang pada bukti yang ada, maka posisi mereka bisa dibenarkan mengingat saldo di tiket punya istri mas memang di bawah minimum. Aturannya, ya itu tadi harus dikenakan denda 50 ribu. Mereka hanya mencoba membantu dengan membeli tiket yang lebih murah. Saya tidak rasa mereka atau kepala stasiun berwenang menentang aturan yang sudah ditetapkan.

      Itulah salah satu alasan kenapa saya membuat tulisan ini mas. Untuk membantu penumpang yang baru pertama kali naik CL agar tidak mengalami hal yang tidak mengenakkan seperti ini.

      Mungkin tidak bisa mereda kekecewaan mas dalam hal ini, tetapi itulah pandangan saya tentang kejadian ini.

      Terima kasih untuk sharingnya

      Percayalah, kalau Anda naik CL lagi, tidak akan mengalami hal seperti ini lagi. Pengalaman adalah guru yang berharga.

      • Mohon maaf bagi siapa saja yang terkait dalam pengalaman pribadi saya ini bahwa ini hanyalah sekedar sharing tidak ada.maksut lain, sekali lagi mohon maaf yang sebesat besarnya.

        Dan untuk pak.Anton terimakasih banyak dan penjelasannya Luar biasa , sungguh simple dan mudah.di pahami…. okey trimakasih banyak pak anton.

        Blognya pun semakin ramai dan terus mengumbarkan kebaikan…. top dahh !!!

        • Senang ada yang mau sharing disini mas. Terima kasih banyak, jadi siapa tahu ada yang bisa menimba pengalaman dari pengalaman mas.

          Terima kasih banyak untuk kunjungannya.

  105. Pak..sya mau tanya..kalau dari stasiun pasar senen mau ke stasiun bekasi..naik yellow line trus transitnya dmn ya?

    • Kalau dari arah Bogor ke Jatinegara, CL tidak berhenti di Senen. Jadi mau tidak mau harus naik CL yang ke arah Bogor. Turun di Manggarai lalu lanjut dgn CL ke Bekasi

  106. Pak mau tanya utk krl apa bisa mengunakan kartu e money mandiri
    Dan apa bisa satu kartu e money di gunakan utk dua orang seperti yg biasa nya di gunakan di trans jakarta

    • Setahu saya tidak bisa. Selama ini satu kartu hanya untuk satu penumpang

  107. Pak tanya, saya dr tanah tinggi Tangerang mau ke sta klender. Saya bilang ke loket gimana ya pak? Langsung sta akhir saya ato sta transit saya misal duri dulu trus beli lagi di duri ke klender? Lalu kalo bawa anak2 boleh saya aja yg antri beli tiket mereka? Jaminan kartu kalo 4 org jadi 40 ribu ya pak? Mksh info nya pak

    • Bilang Klender saja. Tidak perlu sebut stasiun transitnya. Langsung stasiun akhir. Jadi tidak perlu beli lagi atau keluar stasiun transit.

      Boleh mbak. Ga perlu antri semua. Jaminan jadi 40 ribu.

  108. Saya sdh lama tdk naik KRL. Dulu abodemen buat sebulan. Saya mau ke Jatinegara dari tanah tinggi Tangerang. Bilang ke loket beli tiket nya tujuan saya sta jtngara ya pak? Trus saya mau bawa anak2, mereka beli satu2 tiket. apa boleh saya aja yg antri belikan tiketnya? Anggap ada 4 tiket berarti jaminan kartunya 4×10000 ya pak? Mohon info pak..

    • Iya betul Rini… Ke loket langsung sebut tujuan akhir saja. tidak perlu stasiun transit.

      Belinya bisa sekaligus saja. Kalau bawa anak-anak biasanya akan diberi kelonggaran dan tidak perlu semua ahrus antri.

      Betul Jaminan kartunya 4 x 10000. Jangan lupa diminta kembali saat keluar stasiun tujuan ya

  109. Pak,klo dari psar senen ke tj priok ada ga jalur commuter line?
    Klo ada tarifnya berapa ya?
    Trmkasih

    • Dari senen.. naik yang ke arah Bogor turun di Kampung Bandan. Dari situ tunggu saja CL yang ke Tanjung Priok.

      Tarif tidak hapal tetapi antara 3000-4000

  110. pa mau tanya, saya menggunakan kartu flazz , saat tap in terlihat tulisan ‘saldo anda kurang dari 10.000″, sudah 2hari seperti itu, saat tap out masih bisa. kemudian di hari ke 3 saya tap in ada tulisan “suplisi” begitu pula saat tap out. sementara saat saya tap di transjakarta, saldo saya masih 50.000, mengapa saldo saya masih banyak tapi saat tap tertulis suplisi,apakah saat saya top up flazz saya masih bisa di gunakan di krl?

    thanks

    • Cek dengan loket CL. Ada kemungkinan flazz tersebut pernah “dianggap” tidak tap out atau berada di bawah 11.000 saat tap out. Jadi kemungkinan masih ada catatan dalam data CL bahwa flazz Sarah seharusnya kena suplisi.

      Lebih baik langsung diclearkan dengan loket CL

      • Saya pernah saldo flaz pd saat tap out cuman 10ribu, tapi dipakai ut tap in besok nya masih bisa.. Waduh, takut kena suplisi kayak si mbak nih.. ?

        • Betul mas.. hati hati mending diisi ulang.

          Peraturannya tidak bisa dan itu tertera di pengumunan. Banyak yang sudah mengalami kena suplisi ketika tap out dengan saldo di bawah 11 000

  111. Tanya pak..kalau in dari st.manggarai ke st.ui tapi tidak out d st.ui melainkan balik lagi k st.manggarai dan out d mnggarai apa bisa? Thx..

    • Bisa-bisa saja… masalahnya Anda akan kena denda berupa pemotongan saldo sesuai dengan ongkos relasi perjalanan. Tetap ada ongkos yang harus dibayar.

  112. Pak mau tanya utk emoney jika kurang dr 11.000,- apakah benar tdk bisa tap out, krn kemarin teman saya mau tap out utk emoneynya kurang dr 11.000,- lalu diberi pilihan oleh penjaga disana, yg pertama jika tmn saya ini tap out menggunakan kartu emoney maka emoney tersebut tdk bisa lg digunakan yg artinya temen saya bisa tap out berarti ya konsekuensinnya hnya emoney yg tdk bisa dgunakan lg, yg kedua bayar denda sebesar 50rb atau pembelian 2 kartu ke tujuan terdekat dgn jaminan yg tdk bisa diambil.. tetapi teman saya memilih pilihan kedua, misal pak teman saya memilih pilihan pertama apakah benar seperti itu??

    • Betul. Ingat aturannya adalah Rp. 11.000 itu saldo min saat tap out. Tidak boleh kurang. Jadi kalau ongkos Rp. 5000, pada saat tap in, seharusnya saldo min Rp. 16000.

      Perhatikan kata saat tap out, jadi bukan hanya saldo yang ada saat tap in

  113. Bambang Rizki Fauji

    Maaf pak mau tanya kalo dari stasiun tigaraksa tangerang ke station kota naik comutter line bsa ga ?

    • Bisa..harus transit dua kali. Dari tangerang turun di stasiun duri. Lalu lanjut dgn jl dari jatinegara ke arah manggarai. Turun di manggarai br lanjut lg ke kota

  114. Pak,flazz sy sudah di tap di pintu masuk dan saldo 12rb, lalu disarankan oleh penjaga utk beli kartu aja krna kurang dr 11rb kl nantinya di tap di pintu keluar. Dan skrg sdh isi ulang lg tp sy kena penalty krna sdh di tap di pintu masuk tp ga di tap di pintu keluar. Gmn ya?

    • Kalau memang sudah tap di pintu masuk, mau tidak mau kena denda kalau mau terus pake flazz harus dibayar dendanya.

      Pergi saja ke loket dan langsung bayar dendanya sehingga bisa dipergunakan lagi.

  115. Sangat2 berguna mas informasinya..makasih banyak ya mas..

    • Makasih sama-sama mas..

  116. Dessy Pusparini

    Pak mau tanya, kalau saya sudah tap in saya lupa cek saldonya ternyata saat saya mau tap out saldo saya 11.500 apa masih bisa tap out pak?
    Trus bagaimana saya bisa keluar?

    • Bisa..asal jgn di bawah 11000 pada saat tap out.

  117. Sangat membantu sekali pak. Kebetulan saya nau coba naik kereta diakhir pekan ini, dari stasiun kranji menuju stasiun poris. Rute jelasnya bagaimana dan tarifnya brp pak? Terima kasih

    • Terima kasih senang mendengarnya.

      Dari Kranji, naik CL yang ke arah Kota, turun di Manggarai. lalu lanjutkan dengan CL yang ke arah Jatinegara turun di stasiun Duri. Dari stasiun duri, naik yang ke arah tangerang.

      Dua kali transit ya

  118. terima kasih banyak infonya pak. saya pengguna baru dalam CL, baru akan pake karena dapat kerja di deket stasiun tanjung barat. kalau saya naik dari stasiun duri, apakah harus pindah kereta atau sekali jalan langsung sampai? trus harganya berapa ya? menurut bapak, lebih baik naik CL atau transjak? terima kasih sekali lagi.

    • Selamat bergabung menjadi anak kereta..:D

      Dari Stasiun Duri tidak perlu transit. Cukup pakai CL yang dari arah Jatinegara ke Bogor. Tanjung Barat adalah stasiun setelah Pasar Minggu.

      Tarifnya kira-kira Rp. 3.500-4.000 sekali jalan. Lebih baik memakai Kartu Multi Trip. Tidak perlu antri hanya tinggal isi ulang saja.

      Saya lebih suka pakai CL karena jalanan di Jakarta macet sekali. Apalagi ke Tanjung Barat yang harus melewati beberapa titik macet di Jakarta.

      • Terima kasih pak atas penjelasannya. Saya mempunyai kartu flazz BCA jadi sepertinya saya akan aktifkan kartu ini menjadli alat bayar CL supaya tidak banyak kartu dan bisa dipakai juga untuk transjak.

        • Sama-sama.. Betul aktifkan saja. Fungsinya sama dengan KMT.

          Selamat bergabung.

  119. Mas, klo satu kartu e-money bs digunakan u dua orang sekali jalan seperti naek busway atw hanya u satu orang saja sekali tempel? Sy rencana pergi sekeluarga bertiga ke Bogor.

    • G bisa mas. Satu kartu satu orang saja bisanya. Selamat jalan-jalan yah

  120. Pak mohon informasinya kalau dari stasiun cawang ke Stasiun Kranji.
    1. Apakah harus transit di Stasiun Manggarai?
    2. Kalau memang harus transit di stasiun Manggarai, apakah langsung naik ke kereta yang menuju stasiun kranji atau prosesnya sama seperti di awal lagi?
    3. Apakah kartu FLAZZ BCA dapat digunakan untuk proses pembayaran seperti pada kasus menggunakan busway transjakarta?
    4. Kalau memang kartu FLAZZ BCA dapat digunakan untuk proses pembayaran, apakah tidak perlu mengantri seperti menggunakan tiket manual?

    • Kalau dari Cawang ke Kranji

      1. Naik CL ke Manggarai. Transit. Lalu pakai CL ke arah Bekasi. Kranji satu stasiun sebelum Bekasi
      2. Bisa. Hanya harus diaktivasi dulu. Bisa aktivasi di stasiun (ada alatnya berwarna merah dan biasanya tertempel di dinding dekat atau depan loket. Alat ini berfungsi untuk emngaktivasi sekaligus untuk mengecek saldo.
      3. Tidak perlu. Aat ini adanya terpisah dari loket. Biasanya di depan atau dekat loket bagian luar. Cukup satu kali aktivasi lalu bisa dipergunakan sama seperti Kartu Multi Trip. Kartunya tetap Kartu Flazz.

  121. Pak, bila berkenan dibalas. dari stasiun Jakarta mana yang dapat mencapai Universitas UI? naik KRL apa dari stasiun di jakarta untuk mencapai depok, UI? terimakasih banyak

    • Maaf agak terlambat ya Mbak.. baru buka control panel.

      Stasiun di Jakarta yang bisa menuju ke Stasiun UI banyak. Mulai dari Stasiun Kota, Juanda,Mangga Besar,Sawah Besar Jatinegara, Sudirman semua bisa dipakai untuk menuju ke UI. Pilih saja Commuter Line yang menuju ke arah Bogor atau Depok dan pasti akan melalui stasiun UI

  122. Mau tanya pak.. kalau saya naek kereta argo parahyangan turun transit di manggarai.. menuju ke stasiun sudirman.. apakah harus beli THB atau bisa pake tiket argo parahyangan.
    Kalau misal harus beli tiket. Bagaimana prosedurnya.
    Sebelumnya terimakasih karena informasi bapak sangat membantu.

    • Kalau tidak salah Parahyangan tidak transit di Manggarai. Penumpang juga dilarang turun di stasiun itu dan hanya berhenti di stasiun Gambir. Kalau turun dari Parahyangan di Manggarai justru akan mempersulit karena tidak akan bisa keluar stasiun karena tidak ada THB Commuter Line. Justru bisa terkena penalty Commuter Line. Tiket Parahyangan terpisah dengan tiekt Commuter Line.

      Kalau tujuannya hanya stasiun Sudirman, lebih baik pakai Trans Jakarta naik dari depan Gambir dan turun di Harmoni. Lalu lanjutkan dengan yang tujuan ke arah Blok M atau yang melintas Jalan Sudirman.

      Kalau pakai CL bisa. Hanya harus naik dari stasiun Gondangdia atau Juanda. Berarti ahrus naik ojeg atau bajaj dari Gambir ke stasiun tersebut. Dari stasiun itu ambil CL yang ke arah Bogor turun di Manggarai, lalu naik yang jurusan Jatinegara turun di Stasiun Sudirman. Lebih lama dan ruwet dibandingkan naik Trans Jakarta

  123. pak mau nanya harga tiket singel trip berapa

    • Tergantung jurusan. Harganya biasanya terdiri dari harga tiket + jaminan Rp. 10000. Jadi kalau ongkos Rp. 5000 yg dibayar ke loket Rp. 15000. Sesampai di stasiun tujuan tukarkan lagi Thb dan uang jaminan Rp 10000 kembali

  124. Dendi Maulana Yusuf

    Pak kalau pake BCA FLASH saldo saya hanya ada 17rb , nah pas saya get in itu saldo nya terpotong berapa ya ? Contoh saya dr tanah abang ke Serpong itu BCA FLASH nya akan terpotong berapa ya saldo nya ?

    • Tergantung ongkos dari Tanah Abang ke Serpong. Jadi dipotong sesuai dengan tarif yang harus dibayar.
      Saya tidak hapal berapa ongkosnya tetapi ongkos untuk jarak terjauh adalah Rp. 11.000.-

      Kalau perkiraan saya seharusnya dipotong sekitar Rp. 3000-3500 saja dari Tanah Abang ke Serpong

  125. Saya mau tanya kalau saya beli tiket thb utk ke pocin. Tapi Kalo saya beli tapping gate out di groom bisa tdk ya?
    Tks

    • Pak Samhudi..

      Maaf kurang jelas groom itu dimana?

      Yang pasti, kalau beli THB di Bogor dan mau ke Pondok Cina, jangan turun di Stasiun UI atau Lenteng Agung. Turun di Pondok Cina atau Depoik atau Depok Baru (stasiun sebelum Pondok Cina). Jangan turun di stasiun setelah stasiun tujuan

  126. Saya mau tanya pak, minimal saldo e-money berapa?
    dan kalau KMT bisa ga dipakai buat naik transjakarta?

    • Kalau untuk dipakai naik Commuter Line, maka saldo minimum harus Rp. 11.000.- . Saat ini belum bisa KMT dipakai untuk naik TrnsJakarta

      • maaf pak mau tanya lagi,
        mandiri e-money saldo saya ada Rp 13.000
        kalau naik kereta dari stasiun juanda turun di stasiun citayam bisa ga pas tap out distasiun tujuan?

        • Saldo min KMT adalah Rp. 11.000.-. Ongkos JUanda ke Citayam sekitar 4000-4500, jadi seharusnya masih bisa tap out. Hanya akan lebih baik kalau segera diisi ulang

          • ada yg bilang kalo saldo kurang dari Rp 11.000 pas tap out distasiun tujuan ga bisa? apa bener pak berita nya?

          • Bukan berita… memang keharusan saldo minimum adalah Rp. 11.000.-

  127. Pak saya mau tanya, 1. apakah kartu multitrip bisa di refund juga? 2. Kalo yg KMT tidak perlu antre di loket,lalu bgaimana kita tahu kmt yg kita pegang berkurang saldonya, apakah kmt otomatis brkurang waktu tap out di stasiun tujuan? Trima kasih jawabannya

    • 1) KMT tidak bisa direfund. Itu semacam kartu Flazz.
      2) selama saldo masih tersedia, min Rp. 11.000 tetapi lebih baik di atas itu. Tidak perlu lagi antri di loket dan bisa langsung masuk
      3) betul saldo akan dipotong ketika tap out. Pada saat tap out akan keluar sisa saldo dalam KMT, Anda bisa lihat disini. Bisa juga tdi mesin pengeck pulsa, warnanya merah dan biasanya tersedia di sebelah loket atau di seberang loket. Ada tulisannya cek saldo dst. Cek saja disini untuk tahu sisa saldo. Waktu ngecheck tidak akan dianggap transaksi

  128. Thank’s infonya pak anton..

  129. Permisi pak anton, saya mau curhat dikit jd begini..minggu lalu saya ke rumah sudara saya di depok trus pulangnya ke jakarta saya naik CL dari stasiun citayam,waktu saya beli tiket saya dikasih tiket THB ama satpamnya,pas sampe jakarta tepatnya di stasiun kota saya mau ambil uang jaminan ga jadi karna antrianya panjang sekali,jd saya cancel..pertanyaanya apa kartu THB itu masih bisa saya gunakan karna sudah lebih dari seminggu/apa saya beli kartu baru lagi jika ingin naik CL lagi? Mungkin uang jaminan pun sudah hangus karna sudah seminggu lebih,trus saya mau tanya jg kalo dari stasiun bogor ke jembatan merah naik angkot nomer brp?tujuan saya mau cari tkg doclang yg pak anton posting karna minggu ini saya ingin travel ke bogor..sorry pak anton kalo kepanjangan ^_^

    • Halooo…. boleh-boleh.. mo curhat juga boleh.

      a) THB : sayangnya kalau sudah lewat 7 hari, maka THB dianggap kadaluwarsa. Begitu juga uang jaminannya juga dianggp hangus. Jadi kalau mau naik CL lagi harus beli THB baru. Batas maksimum penukaran atau refund adalah 7 hari
      b) Jembatan Merah : ga usah naik angkot.. jalan kaki saja. Sekeluar dari Stasiun Bogor, itu namanya jalan Mayor Oking. Nah di depannya ada pertokoan bekas Muria yang sedang direnovasi. Berjalan kaki saja ke arah pertokoan itu.. atau bisa juga menyeberang melalu Jembatan Penyeberangan orang. Begitu turun pasti kelihatan tulisan Jembatan Merah. Kalau mau baca tulisan mengenai jembatan merah ada juga kok di Lovely Bogor.. lihat bagian informasi dan kemudian kategori tempat… disitu ada penjelasannya tentang jembatan merah…

      Selamat makan doclang yah… hehehehe

  130. makasih mas untuk sharingnya, udah lama banget saya enggak naik kereta ehh bahasa kekiniannya commuter line 😀 infonya berguna !

  131. Assalamualaikum.
    Saya jarang sekali menggunakan Commuter Line ini. Pengalaman saya menggunakan CL dengan THB, bahwa setiap penumpang harus memiliki THB ini. Pertanyaan saya, jika menggunakan KMT dengan saldo yang cukup banyak, dapatkah orang yang bepergian bersama kita menggunakan KMT yang sama (misalnya bersama anak dan atau istri)? Maksud saya KMTnya ditap pada mesin berulang-ulang.

    Apakah KMT memiliki waktu kadaluwarsa seperti THB yang hanya 7 hari? Saya rencananya ingin membeli KMT untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu dibutuhkan.

    Terimakasih sebelumnya untuk infonya.

    • KMT tetap hanya bisa dipergunakan oleh satu orang meski saldony banyak. KMT tidak bisa ditap berulang kali. Jadi kalau pergi dengan 3 orang, satu orang bisa menggunakan KMT sisanya harus membeli THB.

      Tidak KMT tidak memiliki kedaluwarsa dan masih bisa dipergunakan selama saldonya masih mencukupi

  132. Maaf pak mau tanya. . Klo kartu CL THB. . Ambil jaminan ny di stasiun awal. Ato stasiun akhir pak. .trimakasih

    • Stasiun mana saja. Di akhir boleh di awal boleh.

  133. Pak, Gimana caranya untuk cek saldo KMT y pak?
    maksih

    • Ada 2 cara

      1. setiap tap in atau tap out akan keluar saldo tersisa di layarnya. Sempatkan saja lihat.
      2. di setiap stasiun ada alat cek saldo, biasanya tertempel di dinding depan loket atau dekat loket. Warnanya merah, tempelkan saja kartunya seperti mau tap in atau tap out, nanti akan keluar angka saldo tersisa

  134. Terima kasih banyak untuk infonya pak.

  135. Pak, mau tanya berarti untuk THB bisa dipakai berkali kali selama saldo masih tersedia?

    • Kalau THB, saldonya tidak akan banyak. THB isinya hanya tarif sesuai perjalanan + Jaminan saja. Tidak akan pernah berisi saldo banyak. Jadi harus diisi ulang setiap mau pergi.

      Mungkin yang Diyah maksud KMT (Kartu Multi Trip). Kalau KMT selama saldo masih ada (min Rp. 11.000), maka bisa dipakai berkali kali sampai saldo mencapai limit min.

  136. saya mau tanya pak , maksdnya ngembalikan tiket dapat uang jaminan itu gmna , berarti kita di kasih duit dong , terus klo tiap hari di kasih uang jaminan , sama aja naik kereta gratis dong pak , mohon infonya , saya kurang paham soalnya

    • Begini Febri. Setiap kita beli tiket, harga yang dibayarkan termasuk uang jaminan. Contoh Ongkos hanya Rp. 4.000.- tetapi yang harus dibayarkan Rp. 14.000.- karena Rp. 10.000 adalah jaminan tiket.

      Nah sesampai di tujuan, maka tiket tersebut ditukarkan ke loket, sebagai gantinya uang jaminan yang Rp. 10.000.- akan dikembalikan. Untuk ongkos yang Rp. 4.000.- tidak akan dikembalikan karena itu biaya yang harus dibayar.

      Jadi tidak gratis. Yang kembali hanya uang jaminan saja bukan semuanya

  137. Pak sy mau tanya kalo kartu THB apa ada masa aktifnya??
    Maklum saya baru prtama kali naik CL,,biasa busway trus pak.

    • THB, kalau tidak diisi ulang akan habis masa berlakunya dalam 7 hari. Kalau diisi ulang, maka masa berlakunya habis 7 hari setelah pengisian terakhir.

  138. Saya pengguna baru CL,hari jumat kemarin saya naik CL,pas sampai di stasiun tujuan saya lupa mau tukar tiket dengan uang jaminan.apakah bisa saya kembalikan tiket CL esoknya,trus bagaimana caranya kalau saya pakai indomaret card untuk naik CL.Terima kasih

    • a) KArtu Tiket Harian Berjaminan, atau tiket harian bisa ditukar meskipun bukan pada hari yang sama. Masa berlakunya adalah 7 hari. Jadi meskipun bukan di hari yang sama, selama masih dalam rentang 7 hari bisa ditukar
      b) saya tidak tahu bahwa Indomaret Card bisa dipergunakan atau tidak sebagai tiket. Yang saya tahu adalah E-Money dari BCA, Flazz atau Brizzi/ BRI bisa dipergunakan

  139. Assalamu’alaikum pak. Maaf mau tanya.
    Kalau naik CL pakai flazz BCA syara dan ketentuannya apa saja ya? Contoh dlm minimum saldo, jd sewaktu di gunakan minimum saldo nya harus brapa. Selain itu apa bisa top up tunai utk flazz bca? Trims

    • Wa Alaikum Salam …

      1) pake flazz BCA tinggal diaktifkan di stasiun. Di dinding ada alat buat cek saldo sekaligus mengkatifkan flazz. Kalau belum diaktifkan tidak bisa dipakai. Jadi harus ditempelkan dulu ke alat itu. Gampang carinya, menempel deket loket atau di seberangnya.
      2) Min saldo, mirip sama Kartu Multi Trip. Seharusnya min Rp. 11.000.- (tarif terjauh)
      3) Top Up tunai tidak bisa di loket. Di Alfa mart dan Indo mart setahu saya bisa top up tetapi pakai debit bukan cash. Kalau mesin top up ada di setiap stasiun dan juga bisa di mini market di stasiun.

      Mudah-mudahan bisa membantu

  140. Pak THB ini bisa rusak ga si kalo kita kantongin dekat hp karena sy pernah ga bisa d tap keluar stasiun sampai dy d bantu petugas , terus waktu sy isi ulang gk bisa , terpaksa sy beli THB baru hilang aminan sy yg 10.000 gimana tu pak

    • KEmungkinan tetap ada. HP kalau tidak salah memancarkan gelombang elektromagnetik yg kemungkinan bisa mengganggu chip yang ada di THB. Lebih baik memasukkannya ke kantung yang berbeda unuk jaga-jaga.

      Kalau THB rusak dan tidak bisa dipakai, maka jaminan hilang. Begitu aturannya

  141. Comment:pak kalo gate in sama gate out nempel kartunya sama ap d balik trmksh

  142. Maaf pak..maksud saya CL dari stasiun kota ke bogor ini berangkatnya kira2 jam brp? Apa tiap jam berangkatnya/ada jadwal tertentu seperti kereta jarak jauh? Karna saya malas jika terlalu lama menunggu di stasiun..mohon maaf pak kalo saya banyak tanya karna saya emang blm pernah naik CL ke bogor,saya biasanya naik bis/mobil pribadi kalo ke rumah sudara di bogor.

    • Tidak masalah mas.. boleh kok nanya banyak juga.

      CL dari Kota ke Bogor ada mulai dari jam 06 hingga jam 24.00. Hampir setiap 15 menit ada di jam sibuk. Kalau di jam biasa, ada hampir setiap 20 menit sekali. Haya masing-masing ada jadwal keberangkatannya, cuma sering.

      Makanya baiknya lihat jadwal yang cocok.. banyak banget kalau menyebutnya satu persatu.

      Gitu mas.. tapi kalau mas tidak terburu-buru, silakan saja langsung ke stasiun kota, disana bisa lihat langsung. Pasti ada kok mas setiap jamnya, bisa 2-4 jadwal per jam

  143. Mau tanya pak..kalo CL dari stasiun kota ke bogor jam berapa aja berangkatnya? Beli tiket single trip & multi trip loketnya sama/beda? Trus kalo beli tiket single trip ambil uang jaminanya di loket mana? Mohon infonya pak sebab pertama kali saya mau ke bogor naik CL.

    • Kalau Jadwal , silakan cari di bagian informasi . Ada juga di blog ini. Klik saja menu informasi di bagian atas

      Kartu Single Trip loketnya akan ada tanda THB. Sedangkan kartu Multi Trip ada tulisan KMT di kaca loketnya

      Ambil uang jaminannya, ada tulisan Refund di kaca loket. Kalau tidak ada tulisan Refund bisa langsung ke loket mana saja.

  144. Mau tanya pak, saat kita di dalam CL, apakah ada informasi dari petugas bahwa “sebentar lagi CL akan berhenti di stasiun X”

    • Ada. Itu salah satu perbaikan pelayanan CL. Setiap CL hendak memasuki sebuah stasiun, maka announcer akan memberikan informasi melalui pengeras suara.

  145. saya mau tanya. kalau cuma beli kartu langganannya saja terus pulang ( tidak naik ), bisa tidak ?

    • Mas Rio, Tentu saja bisa. Tinggal bicara dengan bagian loket, beli. Setelah itu tidak naik kereta tidak apa-apa.
      Tidak didenda dan kartu multi trip bisa dipakai ketika mas Rio membutuhkan.

      Tidak perlu dipakai tidak masalah. Tidak ada denda

  146. Terima kasih untuk infonya pak.sangat membantu,saya mau tanya pak.itu untuk denda berarti hanya berlaku untuk kartu single trip ya?untuk.misalnya tap.cash ato.emoney mandiri.tidak.berlaku denda kan?terima kasih

    • Setahu saya berlaku untuk semua jenis kartu. Kalau Kartu Multi Trip tidak cukup saldonya, maka petugas akan membawa anda ke loket atau kantor. Begitu juga dengan tap cash dan e money lainnya kalau saldonya tidak mencukupi.

      Jadi pastikan agar e-money anda paling tidak berisikan Rp. 11,000.- , kalau bisa Rp. 20,000.- untuk mencegah hal ini.

      • Saya dari bogor mau ke st pondik ranji pada saat transit di tanah abang apakah harus membeli tiket lagi atau memakai tiket yang dibeli di st bogor

        • Tidak perlu. Saat beli tiket di Bogor, langsung beli yang menuju pondok ranji. Jadi saat transit tidak perlu beli tiket lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.