RS KARYA BHAKTI PERTIWI

Sebelum menjelaskan mengenai cara menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi, Lovely Bogor hendak mengingatkan agar tidak terjadi salah pengertian. Hal tersebut berkaitan dengan nama Rumah Sakit Karya Bhakti. Bagi yang tidak tinggal di kota ini, mungkin hal tersebut akan menyebabkan kebingungan dan kerancuan.

Alasannya karena mungkin masih akan “terdengar” ada dua RS bernama sama, yaitu RS Karya Bhakti dan RS Karya Bhakti Pertiwi. Terdengar dalam tanda kutip karena salah satu nama tersebut secara resmi sudah tidak ada tetapi karena kebiasaan masyarakat, maka nama lama tersebut masih akan sering terdengar.

Nah, penjelasannya adalah sebagai berikut

1. RS Karya Bhakti (RSUD Kota Bogor)

Nama RS Karya Bhakti tanpa kata Pertiwi sekarang sudah berubah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. Kontrak penyewaan lahannya sudah berakhir sehingga sejak tahun 2014 yang lalu.

Alamatnya berada di Jalan Sumeru. Untuk menuju ke RSUD Kota Bogor bisa dilihat di tulisan sebelumnya Cara menuju ke RSUD Kota Bogor.

2. RS Karya Bhakti Pertiwi

Alamat : Jl. Raya Dramaga KM. 7, Dramaga, Bogor, Jawa Barat 16880 (0251) 8626868

Setelah kontraknya sewa lahannya di Jalan Sumeru berakhir, organisasi rumah sakit ini mendirikan bangunan baru di Jalan Raya Dramaga. Namanya masih memakai kata Karya Bhakti tetapi kata Pertiwi ditambahkan di belakangnya agar tidak rancu dengan RSUD Kota Bogor yang masih sering disebut sebagai RS Karya Bhakti.

Nah, tulisan ini akan menjelaskan mengenai cara menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi yang ada di Jalan Raya Dramaga.

Cara Menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi dengan angkutan umum

1. Dari Stasiun Bogor

Cara menuju ke Rs Karya Bhakti PertiwiKetika Anda keluar dari Stasiun Bogor, naiklah ke atas Jembatan Penyeberangan Kapten Muslihat yang ada di depan stasiun. Lalu naiklah angkot no 03 Merah dari halte yang berada tidak jauh dari jembatan penyeberangan.

Angkot ini akan membawa Anda menuju ke Terminal Laladon dimana Anda harus berganti angkot. Di terminal ini, pilihlah angkot no 05 biru, trayek yang mana saja, baik Ciampea, Kampus Dalam, Leuwiliang atau Jasinga. Kesemuanya akan melewati Jalan Raya Dramaga dimana RS Karya Bhakti Pertiwi berada.

Kurang lebih 2 kilometer dari terminal Anda akan menemui jembatan dan pertigaan Ciherang, yang terkenal macetnya. Nah, RS Karya Bhakti Pertiwi berada kurang lebih 500-700 meter saja dari jembatan tersebut. Posisinya berada di sebelah kiri Anda.

2. Dari Terminal Baranangsiang

Cara menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi dari Terminal Baranangsiang tidaklah sulit. Caranya hampir sama. Ada dua cara sebenarnya.

Pertama, Anda harus naik Trans Pakuan dari Poolnya di Jalan Cidangiang. Anda harus berjalan sedikit dari terminal dan naik ke jembatang penyeberangan menuju kesana. Dari sana Anda naik Trans Pakuan jurusan Terminal Bubulak. Tarifnya Rp. 4,000.- per orang.

Cukup sekali saja. Perjalanan bis ini akan berakhir di Terminal Bubulak dimana Anda harus turun. Lalu tinggal lanjutkan dengan angkot no 05 Biru, sama seperti yang no 1. Penjelasan selebihnya sama dengan no 1.

3. Dari arah Cibinong

Pergunakan angkot no 32 Biru dengan tujuan Terminal Bubulak. Selebihnya sama dengan no 1 dan 2

4. Dari Arah Parung

Pergunakan angkot no 06 Biru dan berhenti di Perempatan Semplak. Lanjutkan dengan angkot no 32 biru menuju ke Terminal Bubulak. Selebihnya sama dengan no 1 dan 2

Cara menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi dengan menggunakan kendaraan pribadi

Cara menuju ke RS Karya Bhakti PertiwiPertama, dari arah Tol Jagorawi : Keluarlah di Sentul Selatan, Bellanova menuju ke Lingkar Luar Bogor (LLB) .Masukilah LLB dan keluar di ramp Jalan Soleh Iskandar.

Sampai ke Pertigaan/Simpang Yasmin, berbeloklah ke kiri memasuki Jalan Abdullah Bin Nuh. Lurus saja hingga Anda menemui Terminal Bubulak di dekat ujung jalan ini. Patokannya, setelah perempatan Semplak.

Dari sini tinggal berbelok ke kiri dan mengikut arah menuju ke Dramaga. Setelah itu akan terlihat angkot no 05 biru dan berarti Anda sudah berada di jalan yang benar. Tinggal ikuti saja.

Begitulah cara menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi, bila Anda mempergunakan mobil dari arah Jakarta.

Kedua, dari arah Parung :di pertigaan Salabenda berbeloklah ke arah Jalan Semplak dan lurus saja hingga Anda menemukan perempatan Semplak (setelah Monumen Helikopter). Berbeloklah ke kanan dan Anda memasuki Jalan Abdullah Bin Nuh.

Anda tinggal menemukan Terminal Bubulak sebagai patokan. Selebihnya sama saja.

Cukup sekian penjelasan mengenai Cara Menuju ke RS Karya Bhakti Pertiwi. Terus terang saya tidak berharap Anda memerlukannya.

2 COMMENTS

  1. Tks pak..bermanfaat blog nya..bagi saya yang sudah lamaa skli tidak pergi ke daerah dramaga bgr yang mana sudah banyak sekali perubahan dalam banyak hal

    • Sama-sama…

      Iyah.. sudah berubah banyak sekali dari kampung menjadi kota.. hahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.