Cara Menuju Hotel 101 Suryakencana Bogor
Hotel 101 Suryakencana Bogor

 

Jalan Suryakencana Bogor, seperti telah disebutkan dalam tulisan sebelumnya merupakan salah satu tujuan wisata kuliner di Kota Bogor.

Nah, sejak beberapa bulan yang lalu sebuah hotel baru telah hadir di kawasan tersebut, namanya Hotel 101 Bogor Suryakancana atau Suryakencana.

Kali ini untuk membantu Anda, yang mungkin belum mengetahui letaknya, Lovely Bogor akan memberikan sedikit panduan cara menuju Hotel 101 Suryakancana tersebut.

Petunjuk arah menuju ke hotel ini akan diambil dari beberapa titik masuk Kota Bogor dari beberapa arah

Penjelasannya seperti di bawah ini :

Cara Menuju Hotel 101 Suryakancana Bogor dengan angkutan umum

Kalau Anda sudah melakukan reservasi pada hotel tersebut secara online, tentu sudah tahu alamatnya bukan. Kalau belum, alamat Hotel 101 adalah Jalan Suryakencana No. 179 – 181, Bogor Tengah, Jawa Barat 16141. No Telpon 0251 – 7567101.

Kalau memang belum tahu seperti apa hotel ini, bisa lihat sedikit reviewnya di sini.

Baiklah, penjelasan mengenai cara menuju Hotel 101 Suryakancana Bogor akan dimulai dengan penjelasan dari dua pintu masuk utama di Bogor yaitu dari Stasiun Kereta Bogor dan Terminal Baranangsiang.

Dari Stasiun Bogor :

(Update : Menyesuaikan dengan re-routing angkot Kota Bogor 2017. Perubahan no kendaraan dan trayek)

Setelah Anda keluar dari Stasiun Bogor, Anda akan melihat deretan angkot dengan nomor berwarna merah menanti.

Carilah angkot bernomor 02 (29) Merah Trayek Pabuaran – Terminal Merdeka. Kalau Anda tidak menemukannya disini, berjalanlah sedikit ke arah Taman Topi yang berada hanya 50 meter saja dari pintu keluar stasiun.

Ikuti saja trotoar disebelah stasiun. Simak juga lebih detailnya di Taman Topi – Si Plaza Kapten Muslihat .

Setelah naik angkot ini, maka Anda hanya perlu menunggu angkot ini memasuki Jalan Suryakancana. Trayek angkot ini akan langsung melewati Hotel 101.

Ini cara menuju Hotel 101 Suryakancana yang termudah.

(Update : Penggunaan angkot 02 Merah tidak bisa dipergunakan setelah pemberlakuan/uji coba Sistem Satu Arah Seputar Kebun Raya Bogor .)

Cara menuju Hotel 101 Suryakencana Bogor
Petunjuk arah ke Hotel 101 Suryakancana

Dari Terminal Baranangsiang :

Begitu Anda turun dari bis, pergilah ke bagian belakang terminal. Anda akan melihat angkot-angkot sedang menunggu penumpang.

Pergunakanlah angkot no 13 Merah dan berhenti di depan Pintu Utama Kebun Raya (Pertigaan Jalan Suryakencana). Lalu naik angkot no 29 Merah.

Sama dengan langkah sebelumnya, duduk manis di angkot dan hotel tersebut akan berada di sebelah kiri.

(Bisa juga : Berjalanlah menuju pintu masuk terminal, dan pergilah ke arah Tugu Kujang. Dari situ bisa naik angkot no 02 29 Merah yang rutenya akan melewati jalur ini setelah pemberlakuan SSA Seputar Kebun Raya Bogor dan perubahan rute angkot 2017)

Dari Arah Cibinong :

Pergunakan angkot no 08 Biru trayek Citeureup – Pasar Anyar. Berhentilah di Air Mancur.

Lanjutkan dengan angkot no 07 Merah trayek Warung Jambu – Terminal Merdeka. Berhentilah di depan Taman Topi atai di depan Gereja Katedral.

Menyeberanglah untuk mendapatkan angkot no 02 Merah untuk menuju ke Jalan Suryakancana.

Selebihnya, Anda hanya perlu memperhatikan tanda petunjuk Hotel 101 seperti pada gambar di atas.

(Update : dengan pemberlakuan SSA Seputar Kebun Raya Bogor, maka rute menuju Hotel 101 Suryakencana di atas akan berubah. Angkot no 07 Merah tidak lagi bisa dipergunakan karena kemungkinan tidak akan melalui Jalan Juanda.

Kalau dari arah Cibinong, angkot no 08 Biru bisa tetap dipergunakan. Berhentilah di perempatan Warung Jambu sebelum angkot berbelok memasuki Pasar Jambu Dua. Lanjutkan dengan angkot no 09 Merah menuju ke arah Ramayana/BTM. Lalu berhentilah tepat di depan Pintu Utama Kebun Raya Bogor dan lanjutkan dengan angkot no 20 Merah)

Dari Arah Parung :

Pergunakan angkot 06 Biru menuju ke Terminal Merdeka.

Angkot no 02  (29) Merah akan melalui jalur ini tetapi seringnya tidak masuk ke dalam terminal. Oleh karena itu Anda bisa menunggu di Jalan Perintis Kemerdekaan di belakang Pusat Grosir Bogor.

Naiklah angkot no 02 (29) Merah dan silakan nikmati perjalanan sampai terlihat tanda petunjuk Hotel 101.

(Update : Setelah sistem SSA diberlakukan, maka lebih baik menggunakan bus Pusaka atau Perdana Jaya yang akan langsung menuju ke Terminal Baranangsiang.

Berhenti di Jalan Pajajaran, bisa dekat Tugu Kujang atau di halte PMI. Lalu lanjutkan dengan angkot no 02 (29) Merah yang akan melewati Jalan Suryakencana setelah pemberlakuan SSA Seputar Kebun Raya Bogor)

Nah, setelah di atas dijelaskan mengenai cara menuju Hotel 101 Suryakancana dengan mempergunakan angkutan umum, di bawah ini akan ada petunjuk bila Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Cara Menuju Hotel 101 Suryakancana dengan Kendaraan Pribadi

Dari Arah Jagorawi :

Cara termudah untuk menuju Hotel 101 Suryakancana adalah dengan mempergunakan Tol Jagorawi.

Sekeluar dari pintu tol Jagorawi di Baranangsiang berbeloklah ke kanan. Anda harus berputar mengeliling Kebun Raya terlebih.

Setelah melewati Tugu Kujang dan Kampus IPB, Anda akan menemukan Taman Perlintasan Bogor, yaitu Taman dengan tulisan ” B O G O R”.

Untuk selengkapnya bisa lihat di Taman Perlintasan Bogor – Taman B O G O R.

Berbeloklah ke kiri dan ikuti saja Jalan Jalak Harupat. Setelah melewati Lapangan Sempur akan ada pertigaan lampu merah.

Tetaplah mengarah ke kiri. Anda akan memasuki Jalan Juanda.

Selepas BTM Mall, ambillah sisi kanan karena jalan akan terpecah dua di depan Anda. Selebihnya tinggal ikuti saja jalan ini.

(Update : setelah pemberlakuan SSA Seputar Kebun Raya Bogor tanggal 1-4 April 2016, cara menuju Hotel 101 Suryakancana lebih ringkas. Tidak perlu lagi memutar Kebun Raya Bogor.

Sesampai di ujung Jalan Tol Jagorawi di Baranangsiang, berbeloklah ke kanan. Di Depan Botani Square atau Kentucky Fried Chicken, berbeloklah ke kiri memasuki Jalan Otista. Tidak ada pilihan lain.

Lurus saja hingga menemukan Pasar Bogor atau Pintu Masuh Kebun Raya Bogor, lalu berbeloklah ke kiri memasuki Jalan Suryakancana dan Anda tinggal menemukan hotel ini.)

Cara Menuju Hotel 101 Suryakencana Bogor
Separator di depan Gerbang Utama Kebun Raya Bogor

Hotel 101 Suryakancana akan berada di sisi kiri.

Perhatikan petunjuk ke Hotel 101 karena kalau terlewat Anda harus berputar lagi. Jalan Suryakancana adalah halan 1 arah. Jadi jangan sampai terlewat.

Dari Arah Parung/Cibinong :

Arahkan kendaraan Anda menuju ke Jalan Sudirman. Teruskan sampai Anda menemukan Gerbang Istana Bogor.

Di depan nya akan ada pertigaan lampu merah. Bersiaplah di sisi kanan. Itulah arah yang harus diambil.

Dengan berbelok ke kanan, Anda akan memasuki Jalan Juanda. Lanjutkan sampai Anda melihat BTM Mall di kanan berarti bersiaplah disisi kanan.

(Update : Rute menuju Hotel 101 Suryakancana dari arah Parung dan Cibinong tidak berbeda jauh. Hanya dengan sistem ini Anda tidak bisa berbelok ke kanan, tetapi ke kiri memasuki Jalan Jalak Harupat. Jalur ini menjadi satu arah.

Lanjutkan hingga Anda menemukan Jalan Pajajaran dan mengarahlah ke arah Tugu Kujang. Di depan Botani Square/tuigu Kujang, berbeloklah ke kanan memasuki Jalan Otista hingga Anda menemukan Pasar Bogor atau Pintu Utama Kebun Raya.

Lalu berbeloklah ke kiri memasuki Jalan Suryakancana)

Selebihnya sama dengan penjelasan di atas.

Semoga informasi ini bermanfaat.

4 COMMENTS

  1. Kalau dr bandars, gimana?
    Tolong infonya ya…. makasih

    • Diah..

      Kalau dari Bandara Soetta/Halim ya naik Bus Damri dulu ke Pool Damri Bogor yang ada di sebelah Botani Square. Dari situ bisa ikuti petunjuk yang dari arah Terminal Baranangsiang. atau singkatnya dari Pool Damri menyeberang saja ke arah Tugu Kujang dan naik angkot 29 Merah (atau 02 Merah). Pasti lewat

  2. trims
    petunjuknya, sangat membantu

    • Terima kasih sama-sama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.