Fotografer Cap Go Meh Bogor 2016
Cap Go Meh Bogor 2016

Cap Go Meh Bogor atau Pesta Rakyat Bogor 2016 dijanjikan, sebelum pelaksanaan acara, akan dimeriahkan dengan 10,000 pengisi acara. Menurut prediksi 100,000 orang akan menontonnya.

Berdasarkan promosinya dijanjikan akan ada belasan panggung acara, parade dan pawai berbagai budaya, dan tentunya atraksi Barongsay.

Apa artinya?

Artinya, sebuah sumber dan sasaran tak terhingga banyaknya. Itulah yang ada di dalam benak para fotografer alias pemegang kamera. Bahkan di tempat yang bisa dikata sepi sekalipun, para pemegang kamera akan berusaha mencari sesuatu yang menarik.

Apalagi di sebuah festival yang dikenal akan penuh dengan berbagai atraksi dan mengundang perhatian ribuan orang. Jadilah Cap Go Meh Bogor 2016 itu sebuah kolam yang sangat mengundang para fotografer atau penggemar fotografi.

Fotografer  Cap Go Meh Bogor 2016Bahkan yang tidak gemar fotografi sekalipun, tidak akan segan mengeluarkan kamera andalannya. Yang tidak memiliki kamera DSLR akan menggunakan kamera smartphonenya untuk mengabadikan orang-orang yang mungkin tidak mereka kenal.

Bukan hanya para wartawan foto dari berbagai media cetak atau online yang hadir menenteng kamera. Berbagai komunitas penggemar fotografi pun hadir untuk melakukan hunting “momen”.

Paling tidak Komunitas Fotografi Bogor, Bogor Diajar Motret, Bogor On The Street melakukan hunting bersama. Sasarannya berbeda-beda dengan tujuan yang berbeda pula. Ada yang memotret peserta pawai. Ada yang merekam suasana jalan dan lain sebagainya.

Tingkah mereka sendiri kadang mengundang ketertarikan sesama pemegang kamera. Contohnya, yang dilakukan Lovely Bogor. Selain memotret parade dan pawai, beberapa foto dari para fotografer pun terekam.

Inilah aksi para fotografer di acara Cap Go Meh atau Pesta Rakyat Bogor 2016 ini.

Fotografer #1 :

Fotografer Cap Go Meh Bogor 2016

Memang sulit memotret ketika puluhan kepala orang berada di depan. Apalagi kalau kita memiliki tinggi yang kurang. Pemecahannya angkat kamera, toh sudah ada layar LCD untuk melihat tampilan gambar.

Fotografer #2 :

Fotografer Cap Go Meh 2016

Bisa juga carilah tempat yang lebih tinggi. Sayangnya, hampir semua ruko ditutup dan hanya tersedia mobil pemadam kebakaran yang atasnya sudah dipenuhi anak-anak. Sulitnya lagi ketika kantuk menyerang, mau pergi takut tidak dapat tempat bagus. Tidak merem, tambah ngantuk.

Fotografer #3:

Fotografer Cap Go Meh Bogor 2016

Fokus pada target atau obyek. Jangan pedulikan yang lain.

Betul. Lupakan saja bahwa tidak ada larangan untuk saling memotret dalam dunia fotografi.

Fotografer #4:

Fotografer Pesta Rakyat bogor 2016

Selain kamera, jangan lupakan berbagai “perlengkapan penunjang”. Selain tripod, payung, jangan lupa asisten. Terbukti berguna saat turun hujan.

Untuk memegang payung.

Fotografer #5:

Cap Go Meh Bogor 2016

Kalau lupa bawa perlengkapan tambahan, payung dan tidak punya asisten, ketika hujan, jangan surut untuk tetap memotret. Pergunakan kantong plastik.

Untuk kamera. Kalau badan dan baju sih biarkan, paling basah.

Fotografer #6:

Fotografer Pesta Rakyat Bogor 2016

Kamera penting. Tetatpi Go pro juga bermanfaat. Banyak orang yang suka menonton video.

Hanya, berpakaian sesuai dengan tema juga perlu.

Fotografer #7:

Fotografer Cap Go Meh Bogor 2016

Ada satu motto dalam dunia fotografi. Break all rules. Langgar semua aturan.

Kalau ada yang menyuruh untuk menepi, bergeraklah ke tengah. Biasanya justru akan menghasilkan foto yang bagus.

Fotografer #8:

Fotografer Cap Go Meh Bogor 2016

Jangan lupa. Fotografer bukanlah gelar atau profesi yang membutuhkan ijazah tersendiri. Siapapun selama memegang kamera boleh menyebut diri sebagai fotografer.

Jangan pedulikan walaupun hanya kamera saku atau prosumer kalah dalam hal sensor dari kamera DSLR atau Mirrorless. Anda tetap fotografer.

Fotografer #9:

Fotigrafer Cap Go Meh Bogor 2016

Kalau sudah capek. Atau bingung karena kebanyakan obyek, lepaskan lelah tapi jangan berhenti memotret.

Potret apa saja yang ada di depan Anda. Kalau tidak ada, keluarkan sesuatu dari dompet dan potret.

Drone  Cap Go Meh Bogor 2016
Drone atau pesawat tak berawak

Kalau sudah ngeper dan tidak yakin bisa mengambil gambar di tengah puluhan ribu orang, bersaing dengan ratusan fotografer pro dan amatir, dan ribuan pemegang HP berkamera, tetaplah di tempat Anda.

Keluarkan saja drone berkamera. Biarkan dia melayang dan melaksanakan tugas mengambil gambar. Sementara Anda bisa ngopi dan makan cemilan.

Walau kalau saya sih, lebih suka terjun langsung. Bisa menikmati suasana meriah dan keriuhan.

Nah, sebenarnya ada satu lagi jenis orang pemegang kamera yang hadir, blogger berkamera. Seperti saya ini.

Entah harus dimasukkan dalam kategori mana. Tidak pentinglah, yang penting, hasilnya adalah artikel ini salah satu sisi lain dari Cap Go Meh Bogor 2016 selain parade , pawai, atraksi. Tingkah laku para pemegang kamera di acara itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.