Anda penggemar ikan hias? Ada satu lagi tempat di Bogor yang mungkin perlu dikunjungi selain Depo Pemasaran Ikan Hias yang berada di jalan Bina Marga. Nama tempatnya adalah Bursa Ikan Hias Laladon yang berlokasi di sebelah Terminal Laladon . Bedanya adalah yang bursa ini dikelola oleh pihak Kabupaten Bogor sementara yang Depo dikelola pihak Kota Bogor.

(Maklum, meski sama-sama menyandang nama Bogor, Kota dan Kabupaten selalu bersaing. Kalau yang satu membuat “sesuatu”, maka yang lain membuat “kembarannya”. Buktinya terminal Bubulak dan Laladon yang dibangun pada lokasi berdekatan, berjarak 1 1/2 kilometer saja dan dengan fungsi yang sama)

Nama lain tempat ini adalah Pusat Promosi dan Pemasaran Produk Non Konsumsi.

Di tempat ini, para penggemar ikan hias bisa mencari berbagai jenis ikan hias, baik yang hidup di air tawar atau air asin. Berbagai perlengkapan terkait dengan pemeliharaan ikan hias dalam ruangan, seperti akuarium, alat untuk menghasilkan gelembung udara, makanan ikan, hingga berbagai pernaik-pernik lainnya juga diperdagangkan disini.

Jadi, mirip dengan one stop shopping dalam urusan perikan hiasan.

Meski namanya BURSA sebuah tempat dimana baik pedagang atau pengunjung bisa melakukan jual beli, kurang diketahui juga apakah penggemar ikan hias yang bukan pedagang bisa menjual peliharaannya disini. Yang jelas, yang datang bisa membeli disana dan yang dagang biasanya menjual saja.

Bursa Ikan Hias Laladon - Anda Butuh Akuarium

Di lokasi sendiri, tidak terlalu banyak toko pedagang ikan hias yang ada. Kurang lebih jumlahnya berkisar antara 20-an toko saja. Ada yang menjual ikan dan pernak-perniknya, tetapi ada juga yang khusus hanya menjual perlengkapannya saja.

Bursa Ikan Hias Kabupaten Bogor

Bursa Ikan Hias Laladon - Anda Butuh Akuarium B

Bursa Ikan Hias Laladon - Anda Butuh Akuarium C

Bursa Ikan Hias Laladon - Anda Butuh Akuarium D

Bursa Ikan Hias Laladon - Anda Butuh Akuarium E

Bisa dikata cukup lumayan bagi ukuran Bogor yang berlokasi jauh dari laut. Tidak menyangka juga ada cukup banyak pecinta ikan hias di Kota Hujan sehingga sampai ada dua buah sentra perdagangan ikan hias.

Baik Bursa Ikan Hias Laladon dan Depo Pemasaran Ikan Hias Bina Marga sebenarnya memiliki kondisi yang sama, yaitu keduanya tidak terlalu ramai pengunjung, bahkan di akhir pekan. Setidaknya itu yang terlihat waktu kesana.

Entah apa memang karena penggemar ikan hias di Bogor sedikit atau memang karena kurang bantuan promosi.

Maklum lah, saya bukan penghobi yang satu ini. Yang saya tahu hanya ikan koki yang dulu dipelihara di dalam toples. Jadi, mungkin tidak begitu update dengan situasi perikan-hiasan di kota ini.

Bisa jadi dugaan saya salah, walau bisa juga benar.

Tapi, kalau memang Anda penghobi ikan hias dan sedang mencari pengisi akuarium atau butuh akuariumnya juga, Bursa Ikan Hias Laladon bisa menjadi pilihan untuk mencarinya. Untuk yang satu ini, yaitu akuarium, walau pengetahuan soal ikan hias sedikit, saya yakin ada dalam berbagai ukuran dan harga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.