Bunga BougenvilleMusim kemarau sudah mendekati akhir di Bogor. Setelah beberapa bulan dalam suasana kering kerontang tetesan air hujan mulai kembali rajin membasahi tanah di kota ini.

Semua berkeluh kesah tentang hujan yang tidak kunjung datang. Padahal di masa lalu bahkan di saat musim kering sekalipun, hujan tetap kerap menyambangi. Itulah mengapa Bogor dikenal sebagai Kota Hujan.

Meskipun demikian, musim kemarau yang panjang kali ini ternyata tidak seluruhnya menghasilkan warna kuning akibat daun yang terbakar. Di beberapa sudut kota justru terlihat semarak warna-warni.

Warna-warna pink, dadu, kuning hadir ketika Bunga Bougenville atau nama resminya Bougainvillea memunculkan bunga-bunganya. Musim kemarau yang panas dan terik merupakan saat yang tepat bagi tanaman ini untuk berbunga.

Bunga Bougenville

Kembang Bougenville di Bogor
Bougenville Pink

Tanaman Bougenville termasuk pada genus Bougainvillea. Ejaan terakhir diambil dari nama seorang laksamana Perancis di abad ke-8, Louis Antoine de Bougainville.

Sang laksamana lah yang memimpin sebuah ekspedisi besar lebih dari 200 kapal ke Amerika Selatan. Dalam anggota ekspedisinya terdapat seorang ahli botani bernama Philibert Commerçon yang akhirnya menemukan tanaman Bougenville ini.

Nama sang laksamana disematkan pada tanaman ini mengingat ialah sang pemimpin ekspedisi tersebut.

 

Bougenville kerap juga disebut sebagai bunga kertas. Bentuk kelopak daunnya yang tipis bak kertas lah yang menyebabkan julukan tersebut juga lekat pada bunganya.

Sifat tanamannya menyerupai perdu. Tangkainya cenderung terus memanjang, menyerupai sulur. Alhasil, hampir tidak ada pohon bunga kertas ini yang bisa berdiri tegak.

Batang utamanya berkambium dan lebih besar ukurannya dari tangkainya. Tangkai Bougenville memiliki duri. Meskipun jarak antar duri tidak serapat mawar tetapi ukurannya sedikit lebih besar.

Pengembangbiakan dan Perawatan

Bougenville (24)Bougenville adalah sebuah tanaman yang menyukai sinar matahari. Oleh karena itu musim kemarau adalah saat yang paling dinantikan karena saat itu sinar matahari sangat berlimpah.

Mengingat asalnya dari habitat aslinya di kawasan Amerika Selatan, yang juga memiliki iklim tropis, tanaman ini berkembang dengan sangat baik di Indonesia.

Perkembangbiakan dan perawatannya pun mudah. Tanaman ini biasa dikembangbiakan dengan cara stek batang, cangkok atau okulasi.

Potonglah tangkai Bougenville yang sudah keras/berkambium. Tancapkan pada tanah basah dan taruhlah di tempat teduh selama beberapa bulan. Maka Anda sudah akan bisa memiliki anakannya.

Karena sifatnya yang tahan panas perawatan yang diperlukan pun tidak rumit. Penyiraman rutin dan sedikit tambahan pupuk akan membuat Bougenville cepat berkembang.

Yang harus sedikit diperhatikan adalah ketika pemupukan. Jangan pergunakan pupuk yang memiliki kadar nitrogen terlalu tinggi.

Sifat pupuk dengan kadar nitrogen tinggi akan mendorong tanaman memproduksi lebih banyak daun. Sementara semakin banyak daun pada Bougenville, kecenderungannya adalah bunganya semakin berkurang.

Bougenville
Bougenville di Kebun Raya Bogor

Pemangkasan yang rutin diperlukan agar Bougenville tidak terlalu menjulur. Selain tidak sedap dipandang kalau tangkai terlalu panjang, duri yang ada di tangkai bisa melukai orang yang lewat.

——

Memang musim kemarau yang terlalu panjang menyusahkan bagi semua orang. Kekeringan terjadi bahkan di Kota Bogor.

Hanya tetap saja, musim kemarau juga membawa berkah tersendiri. Pemandangan di beberapa sudut kota Bogor menjadi terkesan ceria dengan kehadiran sang bunga kertas, Bougenville.

Tidak mahal, tidak wangi tetapi membuat Bogor terlihat semarak dan penuh keceriaan.

Nah, bila Anda ingin menikmati keindahan bunga Bougenville ada dua tempat di Kota Bogor yang bisa Anda kunjungi.

Bougenville (25)
Yang pertama adalah Taman Topi dan Taman Ade Irma Suryani di Jalan Kapten Muslihat (sebelah Stasiun Kereta Bogor).

Baca juga : Taman Ade Irma Suryani – Ceria

Yang satunya, tentu saja di Kebun Raya Bogor. Silakan kunjungi Taman Soedjana Kassan di sebelah Utara. Letaknya di dekat Pintu III. Disitu Anda akan bisa menikmati keindahan Bunga Bougenville berbagai warna.

Atau, Anda mau coba menanam sendiri di halaman rumah Anda? Bisa dicoba. Hanya ada yang meyakini bahwa menanam Bougenville di halaman depan rumah tidak baik bagi peruntungan.

Itu katanya lho tetapi di beberapa masyarakat seperti India dan Cina, kelopak bunga Bougenville ditaburkan ke dalam air untuk mandi.

Yang manapun, tentu Anda setuju bukan bahwa kemarau juga memiliki sisi indah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.