Borcess - Bogor Center School
Gerbang Borcess – Bogor Center School Yayasan Muztahidin Al Ayubi

Borcess, sebutan yang lebih akrab dan dikenal dibandingkan kepanjangannya Bogor Center School. Panggilan ini merujuk pada sebuah sekolah swasta yang berlokasi di perbatasan Kabupaten dan Kodya Bogor.

Secara formal, sekolah ini berada di kabupaten tetapi karena lokasinya berada di perbatasan, anak didiknya berasal dari keduanya.

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Muztahidin Al Ayubi dengan nama resmi, Sekolah Taruna Terpadu. Label terpadu disematkan karena jenis sekolah yang ada di Borcess terdiri dari beberapa jenjang .

Jenjang sekolah yang dinaungi dalam komplek bangunannya terdiri dari

  • Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP)
  • Sekolah Menengan Tingkat Atas (SMA)
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  • Akademi

Usia Borcess sendiri masih terbilang muda. Apalagi dibandingkan dengan berbagai sekolah yang ada di Bogor. Sekolah ini berdiri tahun 2002. Pendirinya adalah Muztahidin Al Ayubi, yang pernah mencalonkan diri sebagai wakil walikota Bogor periode 2014-2019.

Borcess - Bogor Center School
Ruang Kelas Borcess – Bogor Center School

——–

Borcess , bulan November 2014 yang lalu sempat terpampang di beberapa media cetak dan elektronik. Penyebabnya adalah keberhasilan siswa SMK masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Keberhasilan tersebut tercapai karena Singkong. Lebih dari 200 jenis masakan berbahan singkong hasil kreasi para siswa membawa nama Borcess tercantum dalam MURI.

Sebenarnya bukan itu saja catatan prestasinya, dalam segi akademis, Borcess berhasil mengantarkan cukup banyak lulusannya ke Universitas Negeri bergengsi di Indonesia. Begitu juga beberapa lulusan SMP-nya berhasil masuk SMA negeri favorit di Bogor

Walaupun demikian, memang kalau dibandingkan dengan berbagai sekolah yang ada di Bogor, hal tersebut bisa dikata belum bisa dibandingkan. Apalagi kalau berbicara dengan berbagai sekolah negeri dan swasta ternama.

Borcess - Bogor Center School
Kantin di Borcess-Bogor Center School

Oleh karena itu cukup bisa dimengerti bahwa masyarakat Bogor sendiri tidak menempatkan Borcess dalam kategori sekolah favorit. Favorit dalam artian sekolah yang ingin dituju oleh siswa untuk jenjang berikutnya.

Sekolah favorit utama di Kodya Bogor tetaplah sekolah pemerintah dan beberapa sekolah swasta yang lebih dulu ada. Borcess ,menurut saya, sejauh ini masih menjadi sekolah penerima limpahan siswa yang tak tertampung oleh sekolah-sekolah negeri atau swasta favorit.

Fasilitas di Borcess

Untuk jenjang pendidikan tingkat pertama (SMP), uang pangkalnya tahun 2014 (bulan Juli) adalah sebesar Rp. 2,000,000.- (gelombang pertama) dan kalau gelombang terakhir berdasarkan info adalah sebesar Rp 3,500,000.-. Biaya Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP) perbulan adalah Rp. 100,000./bulan.

Borcess - Bogor Center School
Kolam Renang di Borcess – Bogor Center School

Pada tahun yang lalu berdasarkan informasi, biaya masuk rata-rata sekolah swasta berkisar antara 3-20 juta rupiah tergantung yang mana yang dipilih.

Borcess hanya mengenakan jumlah yang bahkan hampir sama dengan biaya yang kami keluarkan ketika si kribo kecil masuk Taman Kanak-kanak.

Nah, dengan nilai nominal SPP sebesar tidak lebih dari 1.5 kilogram daging per bulan, tentu sulit dibayangkan fasilitas apa yang bisa disediakan. Belum lagi uang pangkalnya yang juga rendah dibandingkan kebanyakan sekolah swasta di Bogor. Itu salah satu kekhawatiran kami saat itu.

Hanya ternyata, kekhawatiran tersebut terbukti salah.

Berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar terlihat tersedia dalam jumlah cukup. Jumlah ruang kelas yang mencukupi, kolam renang, fasilitas laboratorium, ruang khusus olahraga sampai ke kantin sekolah semua terdapat di Borcess.

Bahkan untuk siswa SMK yang mengambil jurusan otomotif, terdapat sebuah bengkel otomotif yang berperalatan layaknya bengkel. Bila anda ke Borcess anda akan menemukan sebuah kendaraan hasil modifikasi para siswa tersebut dipakai oleh pihak sekolah.

Borcess - Bogor Center School
Ruang Bengkel Otomotif di Borcess-Bogor Center School

Peralatan penunjang seperti proyektor dan lain-lain sudah tersedia. Orangtua tidak pernah diminta biaya tambahan untuk membeli peralatan lain. Biaya yang disebutkan di atas sudah termasuk biaya pemakaian fasilitas yang ada.

——–

Tentu sekolah bukan hanya mengenai fasilitas dan peralatan. Yang paling utama adalah guru yang mengajar. Borcess sendiri memiliki ketersediaan guru yang cukup. Kebanyakan merupakan guru muda yang energik dan bersemangat. Ditunjang keberadaan guru sneior yang sudah kenyang makan asam garam dalam dunia pendidikan.

Kurikulum yang dipakai dalam pengajaran mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah kabupaten Bogor . Pada rapat orangtua yang lalu dijelaskan bahwa Borcess akan melanjutkan pemakaian Kurikulum 2013 seperti yang dianjurkan oleh Pemda Kab. Bogor.

Borcess juga merupakan sekolah swasta yang berhak menyelenggarakan kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Hanya setelah pencabutan aturan tentang RSBI , kelas ini diganti dengan 2 kelas Unggulan dan 1 kelas atletik.Kelas unggulan terdiri dari hanya 32 murid.

Borcess - Bogor Center School
Ruang Kelas di Borcess – Bogor Center School

Murid-murid kelas unggulan diambil dari peserta didik dengan ranking terbaik di kelas masing-masing setelah 1 semester. Siswa dipilih melalui tes ujian dan penilaian para guru. Kelas ini akan mendapat pengajaran dalam dua bahasa.

——–

Borcess menerapkan aturan yang cukup ketat terhadap peserta didiknya. Terdapat daftar kesalahan beserta nilai hukuman terhadap sebuah pelanggaran. Nilai-nilai tersebut nantinya akan diakumulasi sebagai bahan pertimbangan.

Hukuman terhadap pelanggaranpun dibuat agar memberikan nilai positif bagi siswa. Berdasarkan penjelasan, sebuah pelanggaran keterlambatan jam masuk akan dikenakan hukuman untuk menghapalkan ayat Al Qur’an.

Menariknya, sangsi terhadap pelanggaran bukan hanya diterapkan kepada peserta didik tetapi juga kepada pengajar. Berdasarkan penjelasan, keterlambatan bisa dikenakan pemotongan gaji.

Borcess juga memberikan reward baik kepada peserta didik dan juga guru. Tahun yang lalu bukanlah kali pertama tiga orang staff sekolah ini (staff pengajar dan non pengajar) diberangkatkan naik haji atas biaya sekolah.

Borcess - Bogor Center School
Ruang khusus untuk berolahraga di Borcess – Bogor Center School

Lokasi Borcess

Terletak di jalan Semplak Bogor. Tepatnya berada di bilangan kawasan Salabenda dekat ujung Jalan Soleh Iskandar.

Lokasi kompleks sekolah Borcess tidak berada di pinggir jalan raya. Bangunannya berada sekitar 100 meter dari jalan raya. Kompleks sekolah berdampingan dengan sebuah danau kecil bernama Situ Panjang.

Lokasinya membuat Borcess terhindar dari kebisingan lalu lalang kendaraan. Juga mempermudah pengawasan terhadap peserta didik.

——–

Perkenalan kami dengan Borcess

Borcess - Bogor Center School
Situ Panjang – Danau Kecil di sebeah Borcess – Bogor Center School

Sebelum tahun lalu, walaupun sudah beberapa kali mendengar tentang sekolah ini, tidak pernah terpikirkan bahwa suatu waktu Borcess akan menjadi bagian dari kehidupan kami.

Hanya, kemudian di bulan Juni tahun 2014, ternyata hasil ujian akhir si kribo kecil tidak seperti yang diharapkan. Nilainya bahkan tidak bisa membawanya masuk ke Sekolah Menengah Negeri 20. Akhirnya diputuskan untuk memilih sekolah yang terdekat dengan rumah. Pilihan jatuh pada Borcess.

Kekhawatiran ada saat itu karena tak sekalipun kami pernah tahu mengenai sekolah ini. Bagaimana situasinya atau sistem pengajarannya adalah berbagai pertanyaan yang ada.

——-

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab ketika kami mendaftarkan putra kami semata wayang kesana. Bagi saya cukup mengagumkan, tidak terbayang bahwa Borcess itu seperti ini.

Dimulai dari hal sederhana. Penjelasan pertama yang kami terima tentang Borcess bukanlah dari seorang staff pengajar atau tata usaha.

Penjelasan tersebut diterima dari seorang anggota pengamanan yang membawa kami berkeliling. Dia menjelaskan berbagai hal , termasuk ruang kelas, adanya kelas unggulan, kolam renang , berbagai aturan sekolah dan lain sebagainya.

Borcess - Bogor Center School
Bangunan bagian muka gedung Borcess – Bogor Center School

Yang membuat terkesan adalah bahwa seorang yang mampu menjelaskan secara terperinci dalam gaya bahasa yang sopan tentu dilatih dengan baik. Menempatkan tim security sebagai ujung tombak tim marketing, bisa disebut langkah yang brilliant.

Penjelasan lanjutan diberikan baik oleh kepala sekolah atau pun tim pengajar dengan sama terperincinya.

Tentu kami menyadari bahwa Borcess masih sebuah sekolah “muda”. Masih banyak hal yang perlu dibenahi dan diperbaiki. Hanya sejauh ini berbagai hal menunjukkan bahwa sekolah ini memang sedang menapak ke arah yang lebih maju.

Akan butuh waktu, tetapi bila semua yang kami rasakan selama ini tetap dijaga konsistensinya, kami pikir bukan tidak mungkin suatu waktu mereka akan menjadi sebuah sekolah yang diidamkan orangtua.

Mungkin hanya waktu yang bisa membuktikan hal tersebut.

——-

Alamat Borcess- Bogor Center School
Jl. Raya Semplak, Jawa Barat 16310, Indonesia
Jam Kerja  · 7:00 am – 5:30 pm
Cara menuju ke Borcess
– dari arah jalan Soleh Iskandar memakai angkot no 16 Merah yang akan berhenti di pertigaan Salabenda. Dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah kiri dari pertigaan sejauh 50 meter
– dari arah kota Bogor, memakai angkot 06 Biru berhenti tepat di depan papan Borcess dilanjutkan dengan berjalan kaki
– dari arah Parung memakai angkot 06 Biru berhenti depan gang menuju Borcess. Bisa juga memakai Bus Pusaka berhenti di pertigaan Salabenda. Dilanjutkan dengan berjalan kaki

46 COMMENTS

  1. Pak Anton, untuk masuk smp tahun ajaran 2018 biayanya berapa yah…adakah no gsm yg bisa dihubungi?

    • Sebaiknya datang langsung ke Borcess pak… karena biasanya setiap tahun akan ada perubahan. Sekalian sambil lihat lokasinya karena Borcess sudah sangat berkembang dibandingkan saat tulisan ini dibuat.

      Juga biasanya setiap gelombang berbeda uang masuknya

  2. Gimana pak anaknya setelah sekolah disana? Saya dari Makassar ingin sekolahkan anak di Bogor dan lagi cari info. Makasih pak ????????

    • Alhamdulillah setelah lulus SMP, sekarang masuk ke sekolah Negeri karena nilai NEM-nya mencukupi .

        • Setahu saya tidak pakai nilai minimum NEM

  3. pa klo yatim bayaranya spp, masuk, seragam, semuanya ada kemudahan ga pa
    terimakasih

    • Silakan langsung ke bagian TU Borcess saja bu.

      Setahu saya ada keringanan bagi yang kurang mampu

  4. mamik muhapatin

    Maaf untuk ajaran 2017/2018 masih menerima ga?berapa biaya masuknya,makasih

    • Masih kok bu.. biasanya ada beberapa gelombang dan gelombang akhir dibuka setelah penerimaan smp negeri selesai. Jadi yang tidak diterima di sekolah negeri masih bisa mendaftar.

      Kalau biaya masuknya tahun ajaran ini, saya kurang tahu bu. Silakan tanyakan langsung ke pihak Tata Usahanya. Tidak akan mahal kok, perhitungan saya hanya sekitar 3-3.5 juta saja untuk SMP

  5. Siang pak anton..Mohon Info no telepon borcess yg bisa d hub di no berapa ya pak?? Batas akhir utk pendaftaran dan kekurangn UDP kapan ya pak?? Terima kasihh

    • no telp (0251) 7542504… langsung saja tanyakan ke Borcess Deasy. Mereka bisa menjelaskan lebih banyak tentang detail terkait pendaftaran.

  6. Jadwal ujian akhir nasional kapan..bulan ini ya..tanggal berapa..

    • Sepertinya Ujian Akhir Nasional bukan di Desember Nana… Sekitar bulan April atau Mei

  7. Ass, maaf pak … Mo tanya klo di BORCESS itu ada jurusan multimedia -nya utk SMK-nya…
    Trims

    • Ratna..

      Ada di Borcess ada jurusan Multimedianya. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan langsung hub sekolahnya. Kalau bisa malah sekalian datang kesana dan tanya detail.

      Pasti akan dapat penjelasan lebih lengkap

  8. Pak tanggal masuk smk tarter 1 lulusan 2015-2016 itu apa ya ?

    • Lha Taruna Terpadu (Tarter)..

      Kalu tanggal masuk sekolahnya kan bulan Juli 2016

      Maaf ga jelas pertanyaannya

  9. Saya alumni SMK Taruna Terpadu1 Borcess tahun 2013, yang saya rasakan sekolah di Borcess itu siswa nya kurang di perhatikan karena jumlah siswa di dalam 1 kelas nya saja 40 lebih apalagi 1 angkatan dgn 1 jurusan bisa mencapai puluhan kelas dan ribuan siswa dengan fasilitas alat praktek yg sangat terbatas jumlah nya. Contoh nya 1 bengkel di gunakan oleh 4 kelas secara bersamaan dan 1 laptop di gunakan minimal 3 siswa. Apakah dgn hal tsb kemampuan siswa nya bisa berprestasi? Ini hanya sebuah kritikan yang membangun untuk kemajuan pendidikan di Borcess, Terima kasih

    • Terima kasih atas kritikannya.. semoga pihak sekolah Borcess membaca kritikan Rini demi perbaikan ke depan yah..

  10. semoga pilihan yang tepat..amin

  11. Pak kalo diborsces ada daftar ulang lagi ga pak setelah mau kenaikan kelas??

    • Rehan, ada daftar ulang setiap kenaikan kelas. Digabung sekalian dengan pembayaran buku. Jumlahnya tidak besar.

  12. Brp untuk biaya masuk tahun ajaran skr?
    Spp nya brp?
    Mohon info nya pak

    • Rieka, bisa hubungi langsung nomor yang diberikan. Setiap tahun tentu biayanya berubah. Hanya mengingat visi dan misi dari sang empunya yayasan, diperkirakan biayanya tidak akan melonjak jauh.

  13. septi dewi munggaran

    saya siswa borcess, saya mengaku puas dengan apa yang diberikan sekolah kepada saya, sekarang saya baru saja menyelesaikan UN SMK, ga akan nyesel kalau sekolah disana, saya rasakan manfaatnya seperti sekarang, karna dibiasakan sholat duha setiap hari, saya jadi sayang kalau harus melewatkan sholat duha kalau saya sedang liburan. perhatian seorang yayasan, para guru, staf TU dan security juga saya akui sangat baik sekali. jadi BORCESS adalah sekolah yang sangat baik dan membuat saya yg bandel tadinya menjadi berfikir bahwa saya harus lebih baik dengan bantuan bimbingan dari guru juga teman teman saya. 🙂

    • Wah, Selamat atas selesainya UN SMK-nya ya dik. Semoga langkah di masa depan akan lebih terbuka bagi adik.

      Senang mendengar bahwa sekolah ini membawa perubahan positif dalam kehidupan Septi. Semoga apa yang didapat sekarang bisa bermanfaat di masa yang akan datang.

      Selamat ya

      • Pak mohon info borces msh Nerima siswa ngga sekarang in,i utk kelas 7

        • Wahh… maksudnya terima siswa pindahan begitu? Sebaiknya langsung hubungi sekolahnya saja languung karena pihak sekolah yang lebih tahu kapasitas yang tersedia

  14. Bagaimana prestasi siswa siswi nya?

    • Dalam hal apa? Maaf, kebetulan saya bukan seseorang yang bisa menjawab hal tersebut dalam data atau stastistik. Lagipula , Saya seorang yang berpendapat prestasi seseorang tergantung pada banyak hal seperti kemauan kerja keras, kemauan belajar dan lain sebagainya. Kemampuan dan kemauan individu lah yang menentukan, sekolah hanya membimbing.

      Jadi, selama anak saya belajar hal-hal tersebut dan membuatnya menjadi manusia yang lebih baik, saya pikir sekolah tersebut sudah cukup baik. Jadi saya tidak selalu mengukurnya dari prestasi siswa-siswa lain melainkan pada apa yang didapat oleh anak saya.

      Kalau ingin jelas tentang prestasi apa yang sudah dicapai Borcess, silakan tanyakan langsung pada pengurus sekolahnya.

  15. aurelya anisya putri

    Pak kalo di borcess itu kan ada program religius smart, itu untuk semua siswa apa yang minat saja?

    • Yang saya tahu.. berdasarkan cerita anak saya disana, program relijius smart itu merupakan sebuah konsep dimana siswa-siswa Borcess akan mendapatkan selain pengetahuan ilmiah dan akademis juga mendapatpakn pengetahuan agama. Penerapannya dalam bentuk beberapa program tersendiri, seperti hukuman yg bersifat mendidik seperti belajar baca Al Qur’an/mengaji dan lain sebagainya.

      Jadi itu diterapkan kepada semua siswa dalam keseharian.

  16. sekolah ini cukup menarik dilihat dari semua teks diatas.
    namun,saya hanya ingin menanyakan berapakah kira2 uang masuk pada tahun ini ….
    mohon dibalas selengkap2nya

    trimakasih,,,wassalaam elsi!!!

    • Pagi Elsi..

      Walaupun saya ingin menjawab selengkap lengkapnya, kemungkinan besar saya tidak bisa melakukan hal itu. Apa yg tertulis adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan pada waktu tertentu. Saya bukan bagian dari pengurus sekolah ini, jadi tentunya untuk memberikan gambaran yang jelas dan lengkap mengenai biaya rasanya tidak mungkin. Hal tersebut hanya bisa dijelaskan oleh sekolah yang bersangkutan.

      Oleh karena itu, kalau Elsi memang hendak mendapat penjelasan yang lebih lengkap, bisa langsung hubungi no contact yang sudah diberikan.

      Yang bisa saya gambarkan hanya biayanya sepertinya akan tetap pada level “murah” dibandingkan sekolah swasta yang lain di Bogor.

  17. Borces yang sekarang makin keren .pokonya jangan takut sekolahin anak om sama tante diasana. disiplin banget diasana teh .kita betul2 diajarin bagaimana menghadapi masa depan kita dan bagaimana menuju sukses dunia dan akhirat.hehe
    Saya alumni 2010

    • Yap. Semoga semakin baik di masa yang akan datang dan membawa kebaikan bagi siapapun yang bersekolah disana.

      Amin. Terima kasih dik.

  18. saya sempat ngobrol dengan salah satu guru SMK Borcess ini saat mengantar siswi saya LKS Disain Web di SMK Triple J Bogor, menarik saat saya tanya teknik promosi yang dilakukan SMK borcess hingga siswanya ribuan begitu…

    • O ya mbak. Memang saya sendiri berpendapat demikian. Usaha mereka menarik minat siswa sangat menarik untuk diperhatikan.

  19. kelihatannya lumayan bagus kok sekolahnya. bisa jadi alternatif pilihan sekolah hehe. dan not bad juga untuk sekolah non asrama memiliki fasilitas kolam renang 😀

    • Iya mbak.. memang lumayan bagus juga sistem pengajarannya,

      • Pak anton maaf mau tanya kalau gelombang 1 untuk sma nya sampai bulan apa ya?terimakasih

        • Tidak tahu pasti Bu.. Silakan tanya langsung ke Borcess. Setahu saya Gelombang satu biasanya sudah ditutup sebelum pengumuman penerimaan SMA dilakukan. Jadi, sekitar bulan Juni.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.