Bogor Tempo Doeloe #7 : Laboratorium Treub

Laboratorium Treub merupakan sebuah bangunan kantor di dalam Kebun Raya Bogor. Bangunan ini mudah dikenali karena corak bangunannya yang mencerminkan gaya Eropa di masa lalu, gaya Belanda.

Lokasinya mudah ditemukan jika Anda masuk dari Gerbang Utama KRB (Pintu 1) di depan Pasar Bogor. Cukup berbelok ke arah kiri di perempatan depan Monumen Lady Raffles dan kemudian berjalan sekitar 30 meter saja, maka penampakannya akan terlihat di sebelah kiri. Posisinya berada sebelum “The Melchior” yang dulu merupakan rumah dari Melchior Treub.

Bangunannya seperti di bawah ini.

Bogor Tempo Doeloe - Laboratorium Treub Masih Berfungsi Hingga Sekarang A2

Bangunan ini memang berasal dari masa lalu Bogor karena dibangun tahun 1884 oleh Melchior Treub yang saat itu menjabat sebagai direktur Lands Plantentuin, cikal bakal Kebun Raya Bogor sekarang.

Oleh Treub, bangunan itu digunakan untuk melakukan penelitian terhadap berbagai spesimen tumbuhan yang ada di Nusantara.

Sampai saat ini pun, Laboratorium Treub masih menjalankan setidaknya 5 fungsi di bidang penelitian yang dilakukan oleh LIPI sebagai pengelola Kebun Raya. Sebut saja perannya sebagai Laboratorium Molekuler, Anatomi-Morfologi dan Sitologi, Konservasi Biji, dan Ekologi & Konservasi (Sumber :LIPI).

Penampakannya kurang lebih seperti di bawah ini (foto diambil tahun 2018)

Nah, pernah ingin tahu seperti apa di masa lalu? Untuk Tropen Museum di Belanda menyimpan dua buah fotonya di dua masa.

Laboratorium Treub tahun 1894-1929
Tahun 1894-1929
Tahun 1920-1930
Sumber foto Tropen Museum

Tidak banyak berubah kan? Memang yang sekarang pemandangan agak terhalangi oleh sebuah pohon pisang-pisangan yang menjulang tinggi di depan pintunya. Tetapi, secara keseluruhan terlihat bahwa bangunan itu tetap terawat dan berada dalam kondisi yang sama dengan kondisi 100 tahun yang lalu.

Nah, kalau Anda sedang main di KRB, jangan lewatkan bangunan bersejarah ini.

Mari Berbagi