Bogor Pernah Jadi Kota Kenari

Tahukah buah apa dalam foto di atas? Tidak? Berarti Anda orang yang dilahirkan di atas tahun 1990-2000-an. Kalau Anda tinggal di Bogor, buah itu sangat populer dan bahkan Kota Bogor pernah dijuluki sesuai dengan nama buah itu.

Buah itu namanya buah kenari. Bogor di tahun 1970-1980 dijuluki kota kenari karena banyak anggota masyarakatnya yang menggantungkan penghidupannya dari mengolah kenari menjadi pernak-pernik atau souvenir.

Hal itu bisa terjadi karena pohon kenari banyak dipergunakan sebagai pohon peneduh di berbagai jalan yang ada di kota hujan ini. Sosoknya yang meraksasa dan teduh lah yang membuat kota ini pernah menjadi “Kota indah sejuk nyaman”.

Selain sering dijadikan hiasan, seperti kalung, gelang, buah kenari juga sering dipergunakan untuk campuran kue. Tentunya, setelah dibelah dan cangkangnya yang keras dibuang. Bijinya itu rasanya gurih, walau kecil dan tidak mengenyangkan.

Tetapi, anak-anak di tahun 1970-1980-an, karena belum ada gadget, biasa bermain sambil mengumpulkan buah kenari. Mereka akan memukul dengan batu hingga kulit kerasnya terkelupas dan isinya bisa dimakan.

Sesuatu yang pada saat sekarang ini sudah tidak lagi ditemukan. Tidak ada lagi anak-anak mencari kenari karena selain sudah sibuk dengan gadget, pohon kenari pun berkurang banyak karena sudah ditebang (karena tua dan keropos).

Kebanyakan pohon di pinggir jalan sekarang diganti dengan palem botol atau palem raja.

Karena itulah, Bogor tidak lagi dikenal sebagai Kota Kenari karena jumlahnya yang semakin menyusut. Jumlah pohonnya menyusut dan otomatis produksi buah kenarinya berkurang banyak.

Tidak terlihat lagi penjual cendera mata yang menawarkan kalung dan gelang dari buah berkulit hitam dan berdaging kekuningan ini.

Sayang sekali. Satu julukan kota Bogor menghilang begitu saja.

Untuk itulah saya memotret si legam ini. Untuk memperlihatkan bahwa suatu masa dulu, buah ini pernah menjadi sesuatu yang diidentikkan dengan Kota Bogor.

Siapa tahu ada yang tidak tahu karena tidak diajarkan di buku sekolah.

4 COMMENTS

  1. baru tahu klu kota Bogor dulunya dijuluki Kota Kenari.
    klu sblm julukan kota Kenari hadir jng2 ada julukan lain pak diera sblm tahu 70an.

    • Hahaha banyak julukan Bogor di masa lalu, seperti Tempat Tanpa Kecemasan (Buitenzorg) ..ini sekitar 200 tahun yang lalu lahirnya

      • wah….infonya butuh ditulis pak agar generasi berikutnya bisa tahu. 🙂

        • Nah ya ini udah ditulis

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.