Naga atau Liong adalah sebuah simbol penting dalam budaya Cina. Ia adalah perlambang dari kebijaksanaan, kekuatan dan nasib baik dari mereka yang pantas memilikinya. Liong juga adalah lambang dari harapan atau pertanda baik.

Oleh karena itu, dalam setiap pagelaran acara yang dilakukan oleh etnis Cina dimanapun, kehadiran figur Naga atau Liong tidak pernah absen.

Begitupun dalam perhelatan Bogor CGM Street fest 2017 yang baru saja berlalu, 11 Februari 2017 di Jalan Suryakencana – Siliwangi. Berbagai wajah Naga atau Liong dihadirkan oleh para pesertanya.

Bagi Anda yang melewatkan acara tersebut silakan lihat beberapa penampakan naga di bawah ini :

Wajah Naga di Cap Go Meh Bogor 2017

Naga / Liong yang ini tampil garang dengan warna-warna berani dan kuat memenuhi sekujur tubuh dan wajahnya.

pasangan naga atau liong di cap go meh bogor 2017

Terus terang, saya tidak tahu apakah dalam mitologi Cina, naga itu ada jantan dan betina. Apakah ada pasangan Naga, suami istri juga tidak jelas?

Tetapi, kalau melihat penampakan dalam Cap Go Meh Bogor 2017 yang lalu, mungkin hal itu ada. Penampakan yang satu garang dan gagah (ala cowok/pejantan) dan yang satunya lebih lembut (ala cewek/betina)

Liong dalam cap go meh bogor 2017

Naga lembut nan ceria. Wajahnya tetap garang dan menyeramkan. Tetapi warna-warni di sekujur tubuhnya justru memberikan kesan ceria.

Well, bukankah itu inti dari Cap Go Meh Bogor. Keceriaan bagi seluruh mereka yang hadir.

Liong atau naga pada cap go meh bogor 2017

Liong yang ini juga terlihat garang dan galak , tetapi keren dan gagah.

Liong atau Naga Kuning di Cap Go Meh Bogor 2017
Karya : Arya Fatin krisnansyah

Kuning biasanya termasuk warna feminim, tetapi kalau Naga atau Liong menggunakan warna itu, tetap saja tidak ada kesan feminim. Galak!

Naga Ungu dalam cap go meh bogor 2017
Karya : Arya Fatin krisnansyah

Warna ungu, warna janda katanya. Entah juga apa memang naga ini betina, tidak jelas. Yang jelas, Naga atau Liong ungu pun terlihat keren dan tetap saja galak kesannya.

Itulah sebagian wajah naga yang berhasil disimpan oleh kamera tim Lovely Bogor (tiga orang anggota tim terjun disana sekaligus). Belum semua karena tetap saja tiga anggota tim yang ada tidak sanggup mengcover berbagai jenis naga yang tampil dalam perhelatan tersebut.

Tetapi, setidaknya itu sebagian yang bisa ditampilkan disini.

4 COMMENTS

  1. saya juga pengemar warna merah……motor saya warna merah,,,sehingga motor tersebut mengantarkan saya Pada jodoh saya…….mmmmm….warna merah selain lambang keberanian juga lambang keberuntungan.

    kalau seluruh anggota keluarga diKerahkan untuk menjadi Fhotografer,,,mmmm…Bos Lovelly Bogor bisa,,,,duduk santai,,,nich,,,nunggu setoran hasil jepretan..hehehe.

    • wakakakakakak…. mengkhayal.com Kang….

      Semoga asikpedia bakalan terus beruntung..:D

  2. …wah ada Team Tukang Fhoto yach Pak..hehe.

    Wujud Naga dalam sebuah Film,,,berwarna hitam…entah Kenapa Sekarang ini berubah Warna Menjadi merah…….seperti Buah Naga.

    Apakah Tanda Berani,,harus merah yach Pak,,,seperti Semut Merah……ahhhh mungkin lebih baik tanyakan saja ke Rumput Yang bergoyang……sebab mungkin pak Anton tidak bisa menjawabnya….hehe.

    • Hihihi.. ada dong, secara istriku, anakku juga seneng motret.. jadilah kami tim yang kompak…

      Dalam pelem kan itu interpretasi orang lain. Cuma dalam mitologi Cina, warna merah bukan lambang kebernaian tetapi lebih ke lambang keberuntungan (fortune).

      Oleh karena itu warna dominan dalam budaya Cina adalah merah, keberuntungan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.