Keberadaan sebuah toilet atau WC umum adalah hal pertama yang perlu diperhatikan oleh setiap wisatawan. Tahu lokasinya bisa menjadi penentu apakah perjalanan wisata yang dilakukan berakhir menyenangkan atau tidak. Ketidaktahuan tentang tempat ini bisa membuat sesuatu yang diniatkan untuk bersenang-senang menjadi terasa menyebalkan dan memalukan.

Nah, bayangkan saja ketika Anda berada di dalam sebuah hutan kota seluas 87 hektar, atau kira-kira panjang hampir 1 kilometer dan lebar yang sama juga. Kemudian, “panggilan alam” sejenis mulas, kandung kemih penuh dengan air seni datang tiba-tiba. Kemanakah Anda harus pergi? Ke balik semak-semak? Ke danau disana? Tentunya akan memalukan kalau hal itu terjadi (Bayangkan saja tertangkap basah oleh satpam dan kemudian dilihat banyak orang).

Dan hal itu mungkin terjadi saat Anda kalau tidak mengetahui lokasi-lokasi toilet/wc umum di Kebun Raya Bogor. Luas area kebun botani ini 87,000 meter persegi alias 87 hektar. Perlu waktu lama untuk bisa menjelajahi semua sudutnya.

Jarang wisatawan yang datang kesana hanya menghabiskan waktu 1 jam saja, biasanya lebih. Dan, semakin lama berada disana semakin besar kemungkinan sang “panggilan alam” datang. Tentunya, kalau tahu dimana tempat untuk membuang hajat untuk umum, resiko rusaknya suasana gembira bisa dihindari.

Iya kan?

Tenang saja. Pengelola KRB, LIPI paham sekali tentang hal itu dan bahwa ratusan ribu orang akan memerlukan tempat itu setiap tahunnya.

Oleh karena itu mereka sudah fasilitas toilet atau wc umum di dalam salah satu cagar budaya Kota Bogor itu. Setidaknya ada 12 lokasi toilet umum di Kebun Raya Bogor yang bisa dipergunakan pengunjung. Semua fasilitas ini dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis (berbeda dengan dulu dimana dikenakan biaya).

Nah, Dimana saja lokasi toilet umum di Kebun Raya Bogor?

1) Toilet Graha Sabrama

Nama Graha Sabrama masih kurang akrab kan di telinga? Nah, bagaimana kalau Gerbang Utama atau Pintu I. Pengunjung berjalan kaki biasanya harus masuk melalui pintu yang seperti foto di bawah ini

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor
Gerbang Utama

Nah, itulah Graha Sabrama. Di bawahnya terdapat sebuah toilet umum.

2) Toilet Griya Anggrek

Lokasinya di dekat Griya Anggrek, rumah yang menyimpan ribuan anggrek spesies dan silangan, yang berada di dekat Pintu 3 atau Taman Astrid.

(Silakan baca : Taman Astrid – Kebun Raya Bogor )

3) Toilet Taman Astrid

Letaknya berada searah dengan Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor dan di seberang Taman Astrid.

Penampakannya seperti ini.

toilet taman astrid - kebun raya bogor

4) Toilet Jalan Kenari I

Posisinya berada di seberang Danau Gunting dan agak tertutup oleh pepohonan. Cocok buat mereka yang kebetulan berada di kisaran Taman Teijsmann atau Taman Koleksi Bambu/Komplek Makam Belanda kuno

5) Toilet Mesjid Kifayatul Abidin

Letaknya tidak jauh dari lokasi toilet Jalan Astrid tetapi berada di dalam sebuah mesjid. Patokannya adalah Ecodome dan Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor

Mesjidnya seperti ini.

Toilet Mesjid Kifayatul Abidin - Kebun Raya Bogor6) Toilet Mushola

Lokasi toilet ini berada di dekat Museum Zoologi dekat dengan Treub Laboratory.

7) Toilet Pos Satpam Pintu II

Tidak jauh dari wilayah Koleksi Bambu dan berada di dekat Pintu II/Pintu Kantor Pos

8) Toilet Randu Kembar

Berada di sekitar area dimana Randu Kembar Jembatan Sawit. (Lihat jembatan menuju Jembatan Taman Astrid disana akan terlihat ada jalan yang mengarah kesana.

( Baca juga : Monumen Lady Raffles – Monumen Cinta)

9) Toilet Sipatahunan

Berada di dekat mata air Sipatahunan (terkenal loh di kalangan warga Bogor). Mudahnya untuk menemukan toilet yang satu ini dengan berpatokan pada Tugu Kelapa Sawit. WC umum ini berada tidak jauh dari sana.

tugu kelapa sawit kebun raya bogor

10) Toilet Taman Air

Kalau berada di kisaran Taman Palem dan menuju Taman Air, terus merasa kebelet, cari saja penunjuk arah seperti ini. Harus menuruni tangga. Jadi, jangan lari-lari yah.

toilet taman air kebun raya bogor

11) Toilet Taman Teijsman

Berada di perbatasan antara Taman Teijsman dan Kompleks Makam Belanda Kuno. Ada jembatan bercat putih di dekatnya.

Penampakannya seperti di bawah ini. Jangan takut ada penampakan lain karena dekat makam tua, ada penjaganya kok.

Berapa Banyak Toilet WC Umum di Kebun Raya Bogor D

12) Toilet Wisma Tamu Pinus I

Kalau masuk KRB dari Pintu III akan terlihat sebuah bangunan mirip rumah di sebelah kiri. Nah, itulah Wisma Tamu Pinus I. Tidak jauh juga dari Ecodome dan Taman Astrid.

Nah, itulah 12 toilet dan wc umum yang ada di Kebun Raya Bogor. Silakan hapal kalau mau. Tetapi, sebenarnya tidak perlu diingat-ingat sih kalau ada Aplikasi Jawara di smartphone Anda. Disana tertera lokasi ke-12 toilet ini beserta dengan rutenya.

2 COMMENTS

  1. Kalaupun hrs bayar jg gpp yg penting toilet tetap dlm keadaan bersih terawat. Sayang khan tempat sebegitu bagus ttp tdk d tunjang dg toilet yg bersih.

    • Betul… tapi kan kalau bersih dan gratis lebih bagus lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.