Komunitas Peduli Ciliwung merupakan sebuah organisasi yang secara rutin melakukan usaha untuk membersihkan aliran sungai Ciliwung di bagian yang melintas Kota Bogor. Sudah 10 tahun lebih para sukarelawan yang tergabung di dalamnya terus menerus memunguti sampah yang dibuang oleh tangan tidak bertanggung jawab.

Selama itu pula, mereka menemukan banyak sekali benda yang tidak seharusnya ada di sungai.

Beberapa di antaranya akan membuat Anda menggelengkan kepala, seperti di bawah ini :

1) Susu dan Es Krim Kedaluwarsa

Ditemukan hari ini saat Bebersih Ciliwung tanggal 30 Maret 2019 di salah satu pojok Jembatan Satu Duit. Terlihat dari tanggal yang tertera pada kemasannya, 26 Januari 2019

5 benda ini tidak seharusnya ada di sungai Ciliwung

2. Bendera Partai

Saat tulisan ini dibuat, Indonesia sedang dalam masa kampanye untuk Pemilu Legislatif dan Presiden. Bendera partai merupakan barang yang “penting” dan seharusnya berkibar.

Entah kenapa, bendera yang satu ini berada di tumpukan sampah di salah satu ujung Jembatan Satu Duit. Kalau partai yang punya tahu, bisa jadi masalah tuh!

5 benda ini tidak seharusnya ada di sungai ciliwung

3) Kasur.. Kawan.. Kasur..

Mungkin yang punya sedang marah kepada pasangannya atau memang ada masalah rumah tangga, jadi kasur yang pernah dibeli bersama harus dibuang dan diganti yang baru. Mungkin yah..

(Foto dari Instagram Komunitas Peduli Ciliwung)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Komunitas Peduli Ciliwung (@tjiliwoeng) on

4) Sarung…

Bingung. Sarung itu lumayan kalau cuaca dingin di malam hari bisa dipergunakan sebagai selimut supaya agak hangat. Tentunya bisa juga dipakai ke mesjid.

Jadi, entah kenapa dibuang ke Ciliwung.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Komunitas Peduli Ciliwung (@tjiliwoeng) on

5) Celana

Mungkin karena sudah punya celana baru, pemiliknya memutuskan untuk tidak lagi memakai yang lama.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Komunitas Peduli Ciliwung (@tjiliwoeng) on

Dah, cukup 5 saja. Tidak sanggup saya harus menuliskan berbagai benda aneh yang ditemukan oleh para relawan dari KPC (Komunitas Peduli Ciliwung) ini. Apalagi, mereka sudah 10 tahun secara rutin hampir setiap minggu menyusuri sungai itu.

Sudah pasti mereka akan menemukan banyak sekali benda aneh, seperti gorden, beha/bra, dan masih banyak lagi lainnya.

Kenapa dianggap aneh? Susu dan es krim kedaluwarsa memang sampah kan? Kasur robek atau karena ganti istri.suami juga bagus kan untuk menghilangkan kenangan masa lalu? Celana, beha/bra, sarung robek memang harus dibuang kan?

Yup. Alasannya sih memang bisa dimengerti. Sesuatu yang tidak berguna disebut sampah dan sebaiknya dibuang kalau tidak dipergunakan.

Tetapi, jangan di sungai. Sungai apapun namanya bukanlah tong sampah raksasa dimana semua sampah bisa dibuang kesana.

Benda-benda di atas tidak seharusnya ada di sungai. Adanya di tempat sampah. Keberadaan benda-benda ini di aliran Sungai Ciliwung hanya mencerminkan satu hal bahwa masih banyak warga Bogor yang “kurang beradab” karena tidak bisa membuang sampah dengan baik dan benar, menyalahi aturan.

Iya kan?

2 COMMENTS

    • Kocak bin menyedihkan om..hikks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.