Bara Grills & Miting Lobster - Seafood Enak Di Jalan Sudirman Bogor A

Kota Bogor itu jauh dari laut. Laut terdekat berjarak kurang lebih 60 kilometer ke sebelah Utara alias ke pantai Jakarta. Jadi, sulit berharap untuk bisa menikmati berbagai hidangan seafood di kota ini. Kalaupun ada, biasanya rasanya sudah tidak lagi segar karena pastinya sudah beberapa jam atau hari sebelum masuk ke dapur.

Tetapi, tidak demikian di Bara Grills & Miting Lobster. Sebuah restoran yang berlokasi di jalan utama Kota Bogor, Jalan Sudirman. Restoran yang belum terlalu lama dibuka ini bisa memuaskan para pecinta makanan laut meskipun berlokasi jauh dari laut.

Rumah makan yang mengkhususkan diri pada hidangan yang dipanggang (Grill) dan hidangan laut memiliki beberapa menu yang patut dicoba, terutama yang berupa masakan seafood.

Bahkan, ciri khasnya inilah yang mendasari namanya, yaitu Bara Grills & Miting Lobster. Bagi yang belum pernah datang kesana, mungkin akan beranggapan bahwa kata “Miting” berasal dari kata bahasa Inggris “Meeting” dan bisa salah menduga sebagai tempat meeting. Tapi, bagi yang sudah pernah datang, pasti mengerti bahwa kata ini berkaitan dengan “meinkmati kepiting” atau “makan kepiting” salah satu menu yang menjadi andalan resto ini.

Penyajian Yang Ramah Lingkungan

Satu hal yang langsung membuat rasa tertarik timbul saat berkunjung ke Bara Grills & Miting Lobster bukanlah makanannya. Ketertarikan itu timbul melihat cara menyajikan makanan itu sendiri.

Berbeda dengan restoran pada umumnya yang menggunakan piring dan mangkuk, Bara Grills menyajikan masakan seafoodnya dengan cara yang berbeda. Cara itu adalah dengan menghamparkan kertas ke atas meja dan kemudian menuangkan pesanan di atas kertas itu.

Cara Menyajikan Makanan di Bara Grills & Miting Lobster Jalan Sudirman Bogor 2

Cool!

Sesuatu yang bagus. Bukan hal yang besar tetapi akan bagus bagi pecinta lingkungan. Dengan tidak memakai piring maka setidaknya tidak perlu dilakukan pencucian yang memakai deterjen. Setidaknya dalam hal ini, Bara Grills sudah “sedikit” lebih ramah lingkungan.

Apalagi alat yang digunakan untuk menyajikan adalah “kertas” yang mudah terurai. Jadi, begitu tamu selesai makan, bekas makanan bisa langsung dibungkus dan dibuang ke tempatnya. Pas kalau mau dijadikan pupuk.

Tenang saja. Untuk minuman, tetap memakai gelas dan tidak langsung dituangkan ke mulut oleh pelayannya. Juga, masih disediakan alat seperti garpu untuk mencungkil kerang atau penjepit untuk menghancurkan tulang kepiting atau lobster.

Menu Bara Grills & Miting Lobster

Menu di Bara Grills & Miting Lobster Tidak Banyak

Tidak banyak.

Kenyataannya memang demikian. Melihat daftar menu, yang tidak diberikan satu persatu ke meja, hanya terdapat sedikit variasi, baik dari segi bahan hingga bumbu.

Pilihannya hanya

Berdasarkan bahan :

  1. Lobster
  2. Kepiting
  3. Kerang
  4. Udang
  5. Cumi

Bumbu :

  1. Saus Padang
  2. Saus Blackpaper
  3. Saus Garlic Butter

Minuman :

Ini lebih sedikit lagi, pilihannya hanya

  1. Sweet Ice Tea (Nama keren Es Teh Manis)
  2. Mineral Water

Buat yang menganggap seafood sebagai lauk dan butuh makanan utama berkarbohidrat, bisa memilih antara NASI dan JAGUNG REBUS.

Kalau butuh sayuran, tidak bisa memilih karena hanya ada CAH KANGKUNG dalam daftar menu.

Memang ada bagusnya dengan menu yang sedikit, pengunjung tidak perlu pusing memilih.

Rasa Masakan

Rasa penting dalam urusan kuliner. Iya kan? Meski tempat bagus dan harga murah, tetapi kalau rasa masakan yang dihidangkan tidak enak, pasti orang tidak akan mau datang lagi ke tempat itu.

Dan, Lovely Bogor sendiri tidak akan membuatkan tulisannya kalau dianggap masuk kategori TIDAK ENAK.

Nah, yang disajikan di Bara Grills & Miting Lobster termasuk berada di antara ENAK dan ENAK SEKALI. Maklum, karena penilaiannya subyektif jadi tidak dimasukkan pada kategori Enak Sekali, takutnya nanti pembaca Lovely Bogor ada yang datang kesana dan kemudian tidak sesuai dengan selera, bisa repot.

Menu di Bara Grills & Miting Lobster Tidak Banyak 3Tetapi, pendeknya, hidangan seafood yang disajikan memenuhi ekspektasi. Entah bagaimana mereka bisa mendapatkan kerang dan lobster yang segar, tetapi sulit untuk tidak mendecak karena begitu menikmati masakan disana.

Terutama “Kerang Saus Padang”-nya yang rasanya benar-benar membuat lidah terasa panas, tetapi tidak bisa berhenti mengambil kerang dan udang.

Sesuatu yang membuat semua anggota tim Lovely Bogor setuju untuk suatu waktu datang kembali kesini. Sebuah sinyal bahwa makanannya termasuk dalam kategori ENAK.

Lokasi dan Tata Ruang Bara Grills & Miting Lobster

Lokasi Bara Grills sendiri mudah dicapai, baik dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Letaknya yang berada di urat nadi kota hujan membuatnya bisa diakses dari manapun.

Sebagai panduan bagi rekan yang berasal dari luar kota dan kebetulan hendak “miting”, patokannya adalah Pusdikzi (Pusat Pendidikan Zeni Bogor). Resto ini berada tepat di seberangnya. Kalau masih bingung, bisa menggunakan Taman Air Mancur sebagai patokan karena Bara Grills hanya berjarak 200 meter dari taman itu ke arah Istana Bogor.

Posisinya yang berada di pinggir jalan juga membuat siapapun sulit menemukannya.

Dari segi penataan ruang, bisa dikata standar biasa saja. Tidak ada yang spesial atau pernak pernik unik dan aneh seperti yang ada di Death By Chocolate. Meja dan kursi kayu dijajarkan di dalam ruang makan.

Hanya ada satu spot yang mungkin akan menarik bagi mereka yang ingin suasana romantis. Syaratnya, datang ke resto ini pada malam hari karena kalau siang tidak akan terasa keromantisannya.

Spot ini berada di bagian belakang yang menghadap ke arah Sempur, tepatnya Kampung Lebak Pilar.

Pengunjung yang mendapatkan tempat ini bisa memandang kawasan Sempur di malam hari. Pemandangannya lumayan enak dilihat karena sambil menikmati hidangan, pengunjung bisa melihat lanskap berupa lampu-lampu di malam hari. Suasananya bisa menjadi romantis dan cocok bagi yang butuh tempat untuk berduaan.

Kalau siang hari, spot ini malah kurang pas karena pemandangan di saat mentari masih ada justru kurang enak dilihat.

O ya, bagi yang membawa kendaraan, satu masalah yang akan dihadapi, terutama di saat padat pengunjung adalah masalah parkir. Ketersediaan slot parkir terbatas, jadi jangan heran kalau Anda harus terpaksa parkir di pinggir Jalan Sudirman. Bisa juga Anda akan diarahkan ke bangunan sebelah resto yang kebetulan kosong. Tenang saja, ada pintu pagar yang langsung menuju ke Bara Grills dari lokasi ini.

spot romantis di bara grills & miting lobster A

Harga Makanan

Bisa dilihat di foto menu yang ada di atas. Sebagai catatan saja, harga seperti ini termasuk dalam kategori normal untuk Kota Bogor. Soal mahal dan murah akan menjadi relatif dan tidak sama untuk setiap orang.

Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan apa yang didapat, yaitu seafood yang enak nilai uang yang dikeluarkan bisa dikata seimbang dan layak.

Catatan Lain :

Pemesanan makanan. Hal ini perlu dicatat karena berbeda dengan kebanyakan resto pada umumnya, kecuali restoran siap saji.

Jika Anda datang ke Bara Grills & Miting Lobster, setelah memilih tempat. jangan menunggu pelayan datang membawakan daftar menu seperti yang biasa dilakukan di rumah makan. Mereka tidak akan datang.

Anda langsung saja pergi ke meja kasir dan kemudian melakukan pemesanan sambil melihat menu yang ada di mejanya. Lalu, lakukan pembayaran saat itu juga.

Setelah itu Anda akan diberikan nomor meja dan pelayan akan segera menyuguhkan apa yang dipesan.

Nah, itulah sedikit cerita tentang tempat dimana bisa menikmati seafood di lokasi yang jauh dari laut, yaitu di kota Bogor.

Selamat Miting dan Ngelobster.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.