Wisata Kota Taman Air Mancur
Wisata Kota Taman Air Mancur Di Malam Hari

Siapa yang tidak mengenal daerah Taman Air Mancur? Ah, masyarakat Bogor tentunya tahu dong.

Taman Air Mancur terletak di tengah kota, tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman pada sekitar Taman Air Mancur ini bagian dari surganya kuliner di Bogor. Tidak hanya kuliner khas dari pembuat warga Bogor, malah ada juga pembuat kuliner angkringan dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Daerah di sekitar Taman Air Mancur ini menyediakan beragam kuliner, mulai dari makanan dan minuman ringan atau akrab dibilang cemilan, hingga makanan dan minuman utama. Tidak sanggup dihitung jari, karena banyak sekali rupanya pedagang cemilan seperti warung bandrek maupun bansus dan juga angkringan.

(Baca Juga : Taman Air Mancur – Kini Ada Air Mancurnya)

Warung Bansus Bu Een
Warung Bansus Bu Een

Salah satu warung bandrek susu alias bansus yang terkenal dari saya belum lahir, bahkan dari zaman Ayah saya masih sebagai anak baru gede (ABG) sekitar tahun 1970-an yakni Warung Bansus Bu Een. Warungnya terletak di dalam dan terkesan mojok hehe yaaaa tapi tetap masih bisa kok sambil melihat suasana malam wisata kota di sekitar Taman Air Mancur.

Warung bansus Bu Een ini menyediakan es maupun hangatnya bandrek, bandrek susu, teh manis, teh susu dan kopi susu.

Tentu saja sesuai dengan namanya menu andalannya adalah bandrek dan bansus. Sedangkan untuk makanannya, terdapat lontong atau buras dalam bahasa Sundanya beserta gorengan-gorengan dengan dilumuri bumbu kacang.

Salah satu gorengannya, seperti bala-bala (sejenis bakwan ala Bogor). Tetapi jangan salah, disana ada juga ketan kukus yang memakai kelapa yang dikukus juga loh dan bagi saya memang itulah yang enak di antara yang enak lainnya. Karena selain dikukus membuat rasanya lebih kental, juga lebih sehat tanpa minyak yang mengandung kolesterol.

Warung Bansus Bu Een
Suasana Di Warung Bansus Bu Een

Rasa bandrek dan susunya menurut saya juga enak di antara yang enak lainnya di sekitar Taman Air Mancur, tapi beneran deh jahe pada bandreknya harum dan terasa. Bahkan susu di bansusnya kental hingga membuat gurih.

Yaaaaa, jadi bagi warga Bogor juga bisa ikut senang mencicipinya. Rupanya lain hal dengan lidah warga selain Bogor bisa saja lebih merasakan nikmatnya bala-bala daripada ketan.

Tak kalah modern dengan café-café yang lagi hits di Bogor loh, tidak juga hanya Warung Nagih Roti Bakar . Warung bansus Bu Een juga mempunyai menu roti bakar yang banyak diantri oleh pengunjung karna rasanya yang sederhana, tetapi lembut di lidah, bagi saya lembutnya ketika dikunyah makin asyik jika makin banyak diberi susu pada rotinya.

Waaaah penasaran kan roti bakarnya ada rasa apa saja? Harganya juga gak lebih dari Rp 15.000 kok setiap menunya! Murah kaaan? Cocok jugalah untuk kantong mahasiswa, apalagi anak kosan hehehehe

Nah, Pembaca boleh langsung datang saja ke Warung Bansus Bu Een, patokannya bisa dilihat dari Arah Warung Plaza Jambu Dua maupun Jl. Ahmad Yani, terdapat di sebelah kiri jalan ada Kantor Percetakan Oke Print, lalu jelas terpampang Warung Bubur Ayam Air Mancur Barokah.

Bubur Air Mancur Barokah
Patokan Untuk Ke Warung Bansus Bu Een

Sejajaran dengan Bubur Ayam itu terdapat jalan kecil dekat pedagang pempek, sate Madura dan kue basah. Kemudian masuklah ke dalam situ dan Anda akan menemukan Warung Bansus Bu Een.

Tetapi jika Anda dari arah Jl. Ir. H. Juanda maupun melewati Lapangan Sempur, Anda harus memutari bundaran Taman Air Mancur (memutar balik) di depan Rumah Makan Cucurak atau sebelum TK KARTIKA menuju Percetakan Oke Print yang sejajar dengan Warung Bansus Bu Een.

Created by : Dimulya Mila

Catatan Admin :

Artikel ini ditulis oleh kontributor Lovely Bogor, Dimulya Mila. Seorang lulusan program D3 Ekowisata Institut Pertanian Bogor dan sedang meneruskan studi di Universitas Nusa Bangsa Fakultas Kehutanan.

4 COMMENTS

  1. Avatar Abimanyu Rinaldi

    Saya bukan sastrawan, jadi gamau comment macem2. cuman itu saya baru tau kalo itu nama yg punya nya Bu Een, padahal dulu pas msh kecil suka kesana sama alm. Nyokap & alm. Bokap. Yah, next ntr kedepan nya mungkin bisa sama anak & istri. Btw, thank’s buat penulis jadi memecahkan misteri nama warung bandrek tsb hehe

    • Mas Abimanyu…. ga perlu jadi sastrawan kalau komentar di Lovely Bogor, lha ya wong yang nulis juga bukan sastrawan. Cuma warga Bogor biasa.

      Baru tau ya mas.. sama kok. Kalau tulisan ini tidak ada dari Mila, saya juga tidak tahu.

      Sukses selalu mas

  2. Keren mil tulisannya. Kerangka penulisannya bagus dari pertama nyeritain mengenai taman air mancur lanjut ke pokok berita ttng bansus bu een, jadi pengen survey langsung ke TKP. GoodLuck amila dimulya..

    • Yap.. Memang sangat menarik dan penulisannya juga sangat menarik. Langsung ke TKP supaya lebih menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.