Bakso Misterius Tanpa Suasana Misteri 2

Namanya memang menyeramkan, Bakso Misterius. Ditambah dengan logonya yang berupa wujud orang dalam balutan jaket hitam untuk memberi kesan misterius. Tetapi, kalau berkunjung ke sini, jangan harapkan untuk merasakan nuansa misteri nan menakutkan seperti yang diusung oleh DBC (Death By Chovolate).

Hal itu tidak akan ditemukan sejak memasuki lahan parkir hingga berada di dalamnya. Satu-satunya area dimana kesan “gelap” hadir adalah kalau Anda memutuskan untuk makan di lantai dua. Tangganya gelap dan sepertinya disengaja untuk menampilkan beberapa poster dengan warna sama gelapnya.

Kurang lebih disanalah satu-satunya area yang menghadirkan kesan misterius.

Selebihnya, terang benderang sama seperti rumah makan di Bogor lainnya.

Bakso Misterius Tanpa Suasana Misteri 3

Jadi, kalau berkunjung ke salah satu gerainya, baik itu di Jalan Pandu Raya/Achmad Adnawijaya atau di Jalan Siliwangi, niatkanlah untuk mencicipi salah satu kuliner yang sedang ngehits di Kota Bogor daripada mencari suasana misteri.

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner ini menawarkan sesuatu yang sebenarnya “biasa” tetapi unik.

Biasa karena yang ditawarkan adalah makanan sejuta umat, bakso, si daging giling yang dibuat menjadi bundar seperti bola beserta kuah dan mie. Ratusan orang menjual penganan ini di Bogor.

Apa Yang Istimewa Dari Bakso Misterius?

Bakso Misterius Tanpa Suasana Misteri

Nah, kalau hanya bakso, mengapa harus ke Bakso Misterius? Bukankah banyak sekali penjualnya di Kota Bogor?

Yap betul sekali.

Tidak terhitung banyaknya penjaja makanan yang satu ini. Makanan sejuta umat dan digemari oleh banyak orang. Pilihannya banyak sekali.

Tetapi, sebelum itu, coba lihat dulu daftar menunya. Disana akan ditemukan nama-nama bakso, seperti :

  • Bakso Misteri
  • Tampol Sampe Merah
  • Misteri Laut Merah
  • Misteri Urat Berserat
  • Bakso Baper
  • Misteri Ranjau Hitam

Bisa bayangkan bakso jenis apa yang ditawarkan di sana? Rasanya sulit untuk imajinasi kita merambah apa yang akan ditemukan dalam menu yang disebutkan di atas. Kecuali, Anda mau datang sendiri dan memecahkan “misteri” itu dengan mencicipinya sendiri.

Tanpa itu, rasanya jenis makanan itu akan tetap menjadi misteri bagi Anda. Tidak bisa dibayangkan.

Iya kan?

Tidak percaya ada menu seperti itu di Warung Bakso Misterius? Coba saja cek sendiri menunya seperti pada foto di bawah ini. Silakan diklik saja fotonya agar bisa melihat dengan lebih jelas.

Menu Warung Bakso Misterius Bogor

Memecahkan kaitan nama dengan rasa, bisa dikata merupakan Misteri dan inti dari rumah makan ini.

Bakso Unik Dan Berbeda

Terus terang saya bukan pecinta bakso. Bagi saya, bakso ya bakso, daging giling dan berbentuk bulat bundar. Itu saja.

Cuma, rupanya persaingan keras di dunia perbaksoan memaksa para penggelut usaha bakso memeras otak sangat keras untuk bisa menjadi pemenang. Berbagai inovasi lahir dari sesuatu yang biasa.

Rupanya, (dugaan saya) itulah yang mendasari lahirnya warung.. eh rumah makan dengan spesialisasi si bulat bundar ini.

Bentuknya tidak berbeda, tetap bundar. Hanya, racikan baksonya berbeda, unik.

Uniknya dimana?

Pernah membeli bakso? Kalau belum rasanya ada yang kurang benar. Hampir semua orang pasti pernah makan bakso ala Indonesia.

Nah, biasanya saat disajikan, si daging bundar itu akan berada dalam rendaman kuah kaldu bening. Barulah setelah itu kita menambahkan berbagai hal sesuai dengan selera, seperti sambal, saus, kecap, dan berbagai hal lainnya.

Di Bakso Misterius, berbeda. Kuahnya tidak bening. Ada beberapa jenis kuah yang ditawarkan, seperti yang kemarin saya makan namanya Misteri Laut Merah. Saat itu pemikirannya kalau membaca kata “laut” , pikiran langsung melayang kepada kandungan baksonya yang mungkin terbuat dari seafood atau makanan laut.

Rupanya pemikiran itu salah. Bakso yang hadir di meja tenggelam dalam kuah berwarna “merah”. Kuah itu berwarna merah, setelah dicicipi rasanya seperti Tom Yum (Baca : Tom Yam), makanan Thailand bercita rasa asam itu.

Jadi baksonya tenggelam dalam “lautan merah” . Bahkan tanpa perlu menambahkan saus ke dalam mangkoknya.

Sampai disitu? Belum. Masih ada lagi hal unik lainnya.

Baksonya, yang besar, ternyata tidak “kosong”, maksudnya bukan hanya daging padat saja. Ternyata ketika dibelah ada isinya.

isi bakso di bakso misterius

Agak heran juga. BKalau daging giling atau urat sudah biasa, tetapi yang ini isinya berwarna hitam.

Setelah masuk ke mulut dan coba menebak rasanya, barulah ada dugaan, yang bisa benar atau tidak karena tidak dikonfirmasi ke pelayannya (dan saya malas baca menunya). Rupanya itu adalah daging dengan bumbu lada hitam.

Unik, tidak biasa, dan tidak terduga.

Soal rasa sendiri, harap dimaklum, saya bukan penggemar bakso. Jadi, sulit mengulas secara tuntas soal rasa, tekstur dan lainnya. Yang saya bisa bilang adalah enak. Dan, tentu saja unik.

Memberi kesan tidak biasa dan berbeda.

Mungkin disanalah kemisteriusan yang ditawarkan Bakso Misterius itu. Pembelinya disuguhi sesuatu yang sulit ditebak dan untuk mendapatkan jawabannya harus memakannya sendiri.

Maybe.

Bakso Misterius Nyaman

suasana ruangan di bakso misterius bogor

Bagi penggemar bakso, mungkin tidak begitu peduli pada ruangan. Tetapi, buat saya, yang bukan pecinta bakso dan biasanya berkuliner untuk mencari bahan tulisan, tata ruang dan kenyamanan saat makan disana menjadi perhatian tersendiri.

Dan, Bakso Misterius termasuk kategori sangat baik dalam hal tata ruang.

Rapih.

Luas.

Bersih.

Dekorasinya juga lumayan bagus dengan dinding berwarna hitam dan berbagai ornamennya enak dipandang mata. Memang kurang misterius tetapi tetap menarik perhatian.

Baik di lantai dasar atau di lantai dua, suasananya enak.

Tata Ruang Lantai Atas Bakso Misterius
Lantai Bawah Bakso Misterius
Lantai Bawah Bakso Misterius

Pelayanannya pun cepat dan ramah. Pembeli bisa memesan di konter dan sekaligus membayar di kasir yang akan memberikan nomor. Setelah beberapa menit, pesanan akan diantarkan ke meja.

Cepat dan ramah.

meja pemesanan bakso misterius

Secara garis besar, Bakso Misterius termasuk tempat kuliner yang pantas untuk dikunjungi.

Harganya sendiri, tidak berbeda jauh dengan berbagai bakso yang ditawarkan di rumah makan sejenis di Bogor berkisar antara 20-30 ribu rupiah permangkuk.

Bagi yang tidak suka bakso dan benar-benar anti makanan yang satu ini, ada menu nasi bakar yang pastinya lumayan unik.

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan kalau hendak berkunjung kesini adalah masalah parkir. Lahannya tidak seberapa luas kalau di depan rumah makan kalau untuk mobil. Jadi, mobil harus diparkir di sepanjang jalan Achmad Adnawijaya.

Tapi rasanya bagi para penggemar bakso, berjalan sedikit bukanlah sebuah masalah.

Kalau mau berkunjung kesini, silakan klik link tentang Jalan Pandu Raya/Achmad Adnawijaya disana karena salah satu gerainya berada di ujung Selatan jalan ini. Satu lagi ada di jalan Siliwangi.

Untuk alamat lengkap dan nomor telponnya silakan lihat foto di bawah ini.

alamat dan nomor telpon bakso misterius bogor

Nah, itulah sekedar cerita tentang Bakso Misterius dari Lovely Bogor

2 COMMENTS

  1. JejakPiknik.com

    wah tempatnya bagus, kekinian banget kak 🙂

    • Yup.. Bogor kan penuh sama tempat kekinian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.