JAWARA , sebuah kata yang kalau diucapkan pasti membuat yang mendengar akan membayangkan seorang pria jago bela diri berpakaian pangsi hitam dan membawa golok. Tidak heran kalau demikian karena kata ini memang merujuk pada pendekar atau jagoan silat di masa lalu. Tetapi, meski kata yang dipergunakan sama, jangan bayangkan aplikasi JAWARA berkaitan dengan urusan yang seperti itu.

Tidak ada hubungannya sama sekali.

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia BAplikasi JAWARA adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang baru saja diluncurkan oleh pengelola Kebun Raya Bogor (LIPI) untuk memudahkan para pengunjung menikmati kebun botani yang didirikan oleh Caspar Georg Karl Reinwardt tahun 1817 itu. Juga, aplikasi ini diharapkan bisa membantu pengunjung dalam menemukan lokasi-lokasi menarik dan penting di dalamnya.

Kata JAWARA yang melekat pada aplikasi ini adalah singkatan dari “JELAJAH, BELAJAR, DAN WISATA DI KEBUN RAYA INDONESIA”.

Dengan menginstall aplikasi JAWARA ini di gadget mereka, seorang wisatawan yang berkunjung ke KRB akan memiliki panduan untuk menemukan

  1. Tempat-tempat menarik dan bersejarah yang banyak terdapat di Kebun Raya
  2. Tanaman atau Koleksi Tanaman yang ada
  3. Rute menuju ke lokasi yang diinginkan
  4. Tugu dan monumen
  5. (Tentunya, hal kecil tapi penting) Toilet

Aplikasi ini dilengkapi dengan peta Kebun Raya Bogor dan titik-titik yang menandakan lokasi-lokasi. Dengan begitu, para pengunjung akan mudah menemukan tempat atau sesuatu yang mereka inginkan dan menentukan rute yang mereka kehendaki.

Jadi, intinya tidak perlu pusing mencari-cari mana yang menarik di dalam hutan seluas 87 hektar itu. Cukup dengan melihat smartphone yang ada di tangan (dimana aplikasi Jawara) sudah terinstall, maka seorang pengunjung bisa memanfaatkan waktu lebih efektif selama berada disana dan menentukan mana lokasi yang hendak dikunjungi sejak awal.

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia C

(Baca juga : Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor)

Dimana bisa mendapatkan aplikasi JAWARA?

Tersedia untuk umum dan siapapun bisa mendapatkannya dengan mudah. Asal punya smartphone berbasis Android, maka tidak perlu kemana-mana untuk mendapatkan aplikasi ini. Untuk iPhone dan sistem operasi lain, tidak ada keterangan pasti apakah aplikasi ini tersedia.

Untuk pengguna Android, silakan

  1. Kunjungi Playstore dan klik
  2. Masukkan kata JAWARA di kolom pencarian, maka akan muncul daftar aplikasi bernama tersebut
  3. Pilih yang paling atas yang ada keterangan JAWARA (Jelajah, Belajar, dan Wisata di Kebun Raya Indonesia)
  4. Klik Install dan tunggu sebentar sampai proses instalasi selesai
  5. Selesai dan bisa digunakan

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia DApa saja isi aplikasi JAWARA ?

Banyak, tetapi yang paling penting adalah

  1. Daftar isi Kebun Raya Bogor : Tidak pusing lagi mau kemana selama berada disana kan?
  2. Rute dan Peta : Juga tidak perlu lagi pusing harus lewat mana, selama penggunanya bisa membaca peta
  3. Toilet : penting karena pasti butuh kalau berada lama disana

 

Saat aplikasi dibuka pertama kali, setelah loading screen, maka pengguna akan diberikan dua pilihan bahasa, Indonesia atau Inggris.

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia GSetelah pilihan bahasa selesai, di layar akan tampil pilihan kedua, Navigasi atau Informasi. Keduanya saling terhubung, jadi sebenarnya pilih yang mana saja juga tidak masalah. Tetapi, kedua pilihan ini diberikan tergantung pada kebutuhan sang pengguna, apakah butuh peta atau informasi tentang isi KRB.

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia F

Saya memilih menu Informasi dan di layar keluar berbagai nama tempat yang berada di KRB.

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia E

Ketika memilih salah satu dari nama tersebut, maka akan keluar penjelasan tentang apa, bagaimana, dan dimana tempat itu. Misalkan ada tertulis nama ” Anggrek Macan, maka di layar akan tampil seperti di bawah ini.

aplikasi jawara - Jelajah wisata dan belajar di kebun raya indonesia H

Penjelasan tentang tempat yang dipilih akan terlihat dalam bentuk teks, tetapi pengunjung bisa memilih apakah ia mau informasi itu disampaikan dalam bentuk suara juga. Kalau mau, klik saja “DENGARKAN”.

Cuma kalau mau mendengarkan penjelasan dalam bentuk suara, harap pastikan dulu aplikasi Text To Speech sudah diaktifkan. Kalau belum tidak akan ada suara yang keluar.

Saya pilih teks saja karena penjelasan pun tidak terlalu banyak.

Pilihan lain adalah Navigasi yang akan menampilkan peta dan lokasi tadi sudah ditandai. Dengan begitu, pengguna bisa mempelajari rute menuju kesana.

Itulah aplikasi JAWARA.

Sederhana memang karena hanya berupa foto dan juga teks, dan mungkin tidak memberikan panjang lebar tentang sebuah tempat. (Kalau mau penjelasan panjang lebar, Anda bisa cari menu “KEBUN RAYA ATAU KRB” di website ini. Disana sudah banyak sekali tulisan serta foto yang menggambarkan banyak tempat di kebun botani itu. Bisa dibuka pakai smartphone juga.)

(Baca juga : Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik?)

Tetapi, aplikasi ini akan sangat berguna. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali ke Kebun Raya Bogor dan masih bingung mau melihat apa. Bagi warga Bogor sendiri juga sangat bermanfaat karena dengan begitu bisa menjelajah lebih jauh lagi ke dalam sebuah warisan budaya yang menjadi inti dari kehidupan di Bogor sejak masa lalu hingga sekarang.

Dan, yang pasti aplikasi Jawara akan memastikan siapapun akan tahu pintu keluar dan tidak akan nyasar. Kecuali, Anda tidak bisa baca peta, kalau itu mah yah sulit diperbaiki.

Silakan unduh aplikasinya jika memang hendak bermain di KRB. Kalau sudah, bisa di-uninstall kok.

2 COMMENTS

  1. okeh pak kalau Gitu… saya Unduh. 🙂
    Biar gak ke sasar di KRB. Gak lucu kan, muter-muter bingung gak jelas di dalam.

    Kalau bogor punya aplikasi JAWARA
    saya juga punya JAWARA alias Jelajah WArung meRtuA.
    jajan gratis… istilahnya.. ha..ha..ha..
    *”gal lucu ya Pak?”
    “ya syudah”

    • Wah.. bagus itu.. nanti saya unduh juga, biar ga nyasar kalau ke warung mertuamu..:-D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.