8 Roti Terkenal Di Bogor
Pedagang Roti Keliling

“Bottttt……”. “Bottttiiii….”.

Bisakah Anda melihat nama yang tertera di atas gerobak roti sang pedagang dalam foto? Coba sebutkan.

Nama yang ada di bagian atas gerobak tersebut merupakan nama salah satu roti terkenal di Bogor lho!

Bukan hanya warga Bogor yang cukup akrab dengan nama tersebut, bahkan cukup banyak pelancong dari luar Bogor yang mengingatnya.

Sudah bisa melihat namanya? Belum.

(Maaf, seharusnya Fuji Finepic bisa menangkapnya , tetapi karena momen terlalu cepat, dan yang memegang kamera masih amatir, momen yang tertangkap akhirnya hanya seperti di atas)

Baiklah daripada membuat Anda bertanya tentang namanya. Mungkin, lebih baik saya berikan pilihan saja dari 8 roti terkenal di Kota Hujan ini.

Nama yang diusung sang abang pedagang roti akan termasuk dalam daftar di bawah ini.

8 Roti Terkenal Di Bogor

O ya. Saya bisa duga pasti Anda langsung terpikir roti mungil dan imut bak si unyil (film boneka masa saya kecil).

Hanya saja, daftar ini akan coba dimuat secara kronologis berdasarkan pengamatan dan juga sejak kapan mereka dikenal.

1. Roti Tan Ek Tjoan

roti gambang tan ek tjoanPerhatikan foto roti di samping.

Kalau ingat roti Tan Ek Tjoan, maka yang selalu terlintas adalah si coklat lonjong. Bentuknya tidak seperti roti-roti masa kini.

Itu adalah roti Gambang khas Tan Ek Tjoan. Jenis roti yang satu ini hingga saat ini masih ada di dalam gerai atau gerobak keliling merk roti ini di Bogor.

Mengapa nama Tan Ek Tjoan diletakkan pada posisi pertama?

Roti terkenal ini lahir di Bogor tetapi besar di Jakarta, tepatnya di kawasan Cikini. Tahun kelahirannya yang tercatat adalah di tahun 1921.

Berarti enam tahun lagi sejak tulisan ini dibuat, usia roti terkenal ini akan mencapai 100 tahun atau satu abad.

Dan yang pasti, roti ini masih tetap beredar dan bahkan tetap mendapatkan tempat khusus dari penikmat roti, bukan hanya di Bogor tetapi juga di Jakarta.

Tidak mengherankan bukan?

Anda bisa membeli roti di beberapa gerainya tetapi yang paling terkenal adalah di Jalan Siliwangi no 176 No Telpon 0251-8322635)

2 Roti Bogor Permai

Bogor Permai Bakery and estaurant
Bogor Permai

Pernah terpikir mengapa sebuah restaurant dan bakery yang ada di Jalan Sudirman no 123 ini selalu dipenuhi mobil ber-pelat “B”?

Betul sekali karena nama restaurant ini memang bukan hanya dikenal oleh orang Bogor saja. Banyak warga Jakarta yang selalu teringat tentang kelezatan kuliner di resto ini.

Salah satu diantaranya adalah roti manis khas Bogor Permai. Tipikal roti manis masa lalu tetapi kelezatannya tidak kalah dengan beberapa nama roti terkenal masa kini.

Nama ini menempati tempat kedua karena memang lebih muda dibandingkan peringkat satu. Nama ini baru lahir di tahun 1963.

Memang “baru” 52 tahun saja. Tetapi tetap saja, itu adalah waktu yang lama apalagi untuk tetap bertahan dalam benak warga Bogor dan Jakarta. Sebuah prestasi yang luar biasa,

3. Roti Unyil (Venus)

roti unyil
Roti Unyil Venus

Boleh Anda diperkenankan membantah soal ranking ketenaran tentang urutan no 1-3. Bisa dimaklumi.

Memang ketenaran Roti Unyil (Venus) bisa dikata melegenda dan tidak kalah dengan peringkat no 1 dan 2 dalam daftar roti terkenal di Bogor.

Siapa sih yang tidak mengenal roti imut dengan berbagai varian rasa ini? Bisa dikata “Roti Unyil Venus”. Bahkan bisa dikata kurang afdol kalau ke Bogor tetapi tidak ikut antri di ruko nya yang sekarang berada di Jalan Pajajaran ini.

Lahir di tahun 1992 dan dengan cepat namanya meroket. Padahal sama-sama roti. Yang membuatnya cepat dikenal adalah ukurannya.

Saat berdiri, Roti Unyil Venus memang berbeda. Ukurannya lah yang membuatnya unik. Pada masa itu roti adalah sesuatu yang berukuran panjang antara 15-20 cm sedang si unyil di bawah 10 cm saja.

Isinya yang beragam, termasuk roti jagung, sosis , pisang keju dan keju dan tentu saja karena rasanya enak membuat pembeli menyukainya. Apalagi pembeli bisa mendapatkan lebih banyak variasi rasa dengan harga yang sama kalau membeli roti biasa.

Dulunya warga Bogor menyebutnya cukup dengan Roti Unyil, maka yang terbayang pasti si Venus. Saat ini karena pesaing juga mulai memproduksi ukuran yang sama, maka untuk membedakannya maka dalam tulisan ini disebut dengan Roti Unyil Venus.

Kalau Anda berminat bisa kunjungi gerai utamanya di Komplek V Point No. 1, Jl. Pajajaran, Jawa Barat 16119 telpon 0251-8364008. Selain itu terdapat outlet lainnya di Jalan Soleh Iskandar di sebelah outlet Lapis Bogor Sangkuriang.

4. Holland Bakery

10 Roti Terkenal Di Bogor
Holland Bakery

Lambangnya adalah Kincir Angin. Tentu saja kan karena Holland atau Belanda dikenal sebagai negara Kincir Angin.

Padahal Holland Bakery sendiri adalah roti asli Indonesia. Lahir di Jakarta tahun 1978. Merupakan toko roti modern pertama di Indonesia dan hingga kini memiliki lebih dari 200 outlet.

Gerai nya di Bogor sendiri keberadaannya sudah ada sejak awal 1990-an.

Rotinya dan juga produk dari HB memang enak.

 

5. Breadtalk

10 Roti Terkenal di Bogor
Breadtalk

Pendatang baru. Bukan hanya di Bogor tetapi bahkan di dunia.

Di tempat asalnya sendiri, Singapura roti ini baru lahir di tahun 2003. Tetap saja tidak menghalanginya menjadi sesuatu yang diburu di banyak negara Asia Tenggara.

Roti andalannya adalah roti abon yang dengan cepat ditiru oleh banyak merk lainnya.

Di Bogor sendiri, belum lama hadir. Tetapi Bread Talk dengan cepat mendapat tempat di hati warga Bogor. Hal itu terlihat dari gerainya di Botani Square Lantai Dasar yang tidak pernah sepi dri pengunjung.

Bahkan bila di akhir pekan atau libur, kesabaran diperlukan untuk mendapatkan giliran.

Mungkin karena pergeseran selera masyarakat Bogor yang sedang menuju menjadi masyarakat metropolitan membuat rasa internasional Breadtalk berkembang cepat.

6. Magic Oven

10 Roti Terkenal di Bogor
Magic Oven

Adakah oven ajaib yang bisa menghasilkan sesuatu yang enak?

Saya tidak tahu tentang hal ajaib. Tidak pernah terpikirkan malah. Hanya saya tahu bahwa roti Magic Oven memang enak.

Magic Oven adalah salah satu merk dagang dari Yogya Group yang sering kita kenal sebagai nama department store besar di Indonesia. Bidang usaha yang merk ini adalah roti.

Oleh karena itu tidak mengherankan kebanyakan outlet Magic Oven akan berada di lokasi yang sama dengan Yogya Dept Store. Salah satunya di Bogor Junction.

Berbagai jenis roti manis, roti abon dan lain sebagainya bisa ditemukan disini. Rasanya enak dan mirip sekali dengan Breadtalk.

Jenis rotinya pun adalah roti modern dan berbeda dengan Bogor Permai atau Tan Ek Tjoan.

7. Roti-O

Roti Terkenal di Bogor
Roti-O

Bentuknya bulat seperti huruf O. Lambangnya seorang koki gendut memegang roti bulat berwarna hitam seperti gosong.

Itulah Roti-O.

Roti ini masuk dalam daftar roti terkenal di Bogor. Alasannya, silakan coba tanya para pengguna kereta Commuter Line (CL) relasi Bogor – Jakarta, rasanya pasti setidaknya pernah mencoba yang satu ini.

Memang kehadiran Roti-O di berbagai stasiun CL yang ada di Bogor, seperti Bogor, Cilebut dan Bojonggede sangat mempengaruhi ketenarannya di Bogor.

Rasanya yang manis dan enak juga membuatnya mendapat tempat di hati para pengguna CL, terutama yang belum sarapan.

Hanya memiliki satu pilihan saja, yaitu yang bulat dan kecoklatan. Kecoklatan bukan karena terlalu lama dipanggang alias gosong tetapi karena ada unsur kopi di dalamnya.

Pilihan yang pas untuk Anda yang terburu-buru dan tidak sempat sarapan.

8. Sari Roti

8 Roti Terkenal di Bogor
Sari Roti

Jangan mengernyitkan dahi dulu!

Ok lah dalam soal rasa dan penampilan sangat standar. Tidak ada yang istimewa.

Tetapi..Silakan tanya pada bu-ibu dan juga penumpang CL yang lupa sarapan.

Sudah pasti akan banyak yang menyebutkan nama Sari Roti sebagai pilihan.

Harganya yang terjangkau, mudah sekali didapat karena selain pedagang kelilingnya banyak, banyak sekali minimarket yang memajangnya.

Produk dari PT Nippoin Indosari Corpindo ini mendapat tempat dalam daftar roti terkenal di Bogor karena kemudahannya dan keumumannya.

Siapapun dan dari kalangan manapun bisa mendapatkannya hampir dimana saja.

Bukankah juga merupakan bukti ketenaran ketika hampir semua orang mengenalnya.

—-

Kira-kira itulah daftar roti terkenal di Bogor versi Lovely Bogor.

Mungkin akan berbeda dengan yang Anda miliki. Bukan sebuah masalah, bahkan kalau Anda mau silakan masukan versi roti terkenal menurut Anda dalam kolom komentar.

Yang pasti, saya jadi semakin berpikir rupanya memang selera masyarakat Bogor sudah berubah.

Kalau dulu roti bukanlah merupakan makanan utama, kelihatannya sekarang justru menjadi sesuatu yang dicari.

Rupanya budaya makan roti juga sudah berkembang jauh. Roti sudah dianggap sebagai makanan pengganti nasi, terutama untuk sarapan.

“Bott… Bottiiii” (Kangen euy mendengar suara teriakan si abang pedagang roti keliling)

NB : Merk roti yang dijual pedagang roti dalam foto itu yang no 2

2 COMMENTS

  1. Michelle Bakery ko ga ada sih….

    • Karena menurut saya, Michelle itu lebih menekankan pada Pastry dibandingkan dengan rotinya. Sementara ke 8 yang saya sebutkan memang terkenal karena rotinya, yang lain adalah pelengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.