7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Salak Bogor

Bogor. Kota Termacet se-Indonesia tahun 2014. Sudah pasti yang terbayang di benak banyak orang adalah mobil-mobil berbaris memenuhi setiap inci jalan di kota ini.

Gambaran angkot berseliweran tak teratur bisa diyakini akan timbul kalau mendengar nama kota yang dulunya adalah kota peristirahatan.

Banyak kepala pasti akan menggeleng tak percaya kalau ada yang mengatakan bahwa ada jalan berpemandangan indah di kota seluas 118 Km persegi ini.

Tetapi, ternyata hal tersebut tidak 100% benar. Masih ada pemandangan yang enak dipandang mata bertebaran di jalan-jalan Kota Bogor. Masih ada banyak sudut di kota ini yang membuat mata terasa sejuk dan nyaman, bahkan di jalan-jalan yang merupakan urat nadi kota yang dulu dikenal dengan kenarinya.

Kepala Anda bergeleng. Bisa dipahami. Memang sulit untuk dipercaya bahwa ada jalan berpemandangan indah di dalam kota yang ruwet dan semrawut. Hanya, selama hampir setahun menjadi seorang city blogger, alias blogger yang menulis tentang kota, kamera-kamera penulis membuktikan dan merekam hal-hal tersebut.

Masih tidak percaya, bagaimana kalau lihat hasil rekaman kamera Smartphone Xperia M dan Fuji Finepic HS 35 EXR ini. Agar tidak terlalu panjang, maka akan dibatasi hingga 7 jalan saja.

7 Jalan Berpemandangan Indah di Kota Bogor

Jalan Salak

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Salak

Peringkat Pertama diberikan pada jalan yang menghubungkan Jalan Jalak Harupat dengan Jalan Pajajaran ini.

Pantas diberikan nomor 1 karena, dari ujung yang satu ke ujung yang lain, pemandangannya konstan, enak dipandang mata. Apalagi tertunjang dengan keberadaan Taman Kencana.

Pepohonan besar nan rimbun berderet menghijaukan jalan ini membuat mata terasa segar dan relax. Beruntung orang-orang yang memiliki rumah di sekitar Jalan Salak ini. Bangun tidur akan dihadiahi warna hijau dan hawa yang sejuk.

Jalan Jalak Harupat

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Jalak Harupat

Jalan Jalak Harupat. Penghubung antara Jalan Sudirman dan Jalan Pajajaran.

Penampilannya tertunjang oleh Kebun Raya Bogor di satu sisinya dan juga halaman Istana Bogor. Wilayah di sekitarnya yang juga bernuansa perumahan kolonial masa lalu membuat pemandangannya enak dilihat. Belum ditambah Lapangan Sempur, sebuah ruang terbuka umum.

Meskipun pada waktu-waktu tertentu, jalan ini menjadi sangat sibuk, tetap saja suasana sekitar dan landscape yang tersaji bisa dinikmati.

Jalan Ahmad Yani

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Ahmad Yani

Pohon kenari di kedua sisinya. Hutan Kota di ujung Utara dan Taman Air Mancur menjadi penutup Jalan Ahmad Yani.

Sejuk? Jelas. Hijau? Sangat

Meskipun kehadiran beberapa kafe dan tempat kuliner, tetap saja melihat kehijauan dan postur raksasa pohon kenari cukup mempesona dan menteramkan hati.

Jalan Juanda

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Juanda

Bagaimana bisa tidak memasukkan Jalan Juanda ke dalam list 7 Jalan Berpemandangan Indah di Kota Bogor.

Sisi kirinya Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Belum ditambah beberapa bangunan bersejarah di masa lalu. Sisi kanannya pun demikian, tempat-tempat bersejarah zaman dahulu kala menghiasi.

Yang membuatnya tidak menjadi nomor satu adalah kemacetan yang sering menghiasi jalan ini. Belum ditambah area di depan Bogor Trade Mall yang gersang dan tidak enak dipandang mata.

Cukuplah menjadi nomor empat.

Jalan Sumeru

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Sumeru

Kalau sedang berguguran, seperti berada di daratan Eropa pada musim gugur.

Masih terlihat keindahan masa lalu di saat Bogor masih menjadi Kota Peristirahan di mana jalan berpemandangan indah dengan jejeran pepohonan peneduh dimana-mana.

Jalan Sumeru, sama seperti jalan-jalan lain mulai terancam oleh kepentingan bisnis dan ekonomi yang terus merambah. Untungnya, masih tersisa keindahan di banyak bagian jalan ini.

Jalan Pajajaran

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Pajajaran

Jalan yang sibuk dan mulai dipadati oleh berbagai bangunan perkantoran dan bisnis. Lalu lalang kendaraan juga tidak henti melewatinya sepanjang waktu.

Mengherankan sebenarnya bahwa Jalan Pajajaran bisa dimasukkan ke dalam daftar 7 Jalan Berpemandangan Indah di Kota Bogor. Meskipun demikian rupanya tuah Kebun Raya Bogor memberikan daya magis tersendiri.

Memang tidak semua bagian jalan ini enak dipandang mata. Hanya saja, pada spot dimana salah satu sisinya Kebun Raya Bogor berada membuat sulit untuk mengeluarkan jalan ini dari daftar.

Jalan Sudirman

7 Jalan Berpemandangan Indah
Jalan Sudirman

Nah, yang terakhir. Si urat nadi Kota Bogor.

Agak berbeda dengan 6 peringkat di atasnya, Jalan Sudirman sudah mulai berganti wujud. Tidak lagi rimbun dan lebat dengan jejeran pohon kenari.

Sebagai gantinya postur langsing dari pohon dari keluarga palem berjejer di kedua sisi jalan. Merupakan jalan yang senantiasa sibuk.

Meskipun demikian, ketika lalu lalang kendaraan sedang tidak banyak, kecantikannya bisa sedikit dinikmati. Apalagi beberapa bentuk unik bangunan bersejarah seperti Museum PETA ada di jalan ini.

Itulah 7 Jalan Berpemandangan Indah di Kota Bogor menurut Lovely Bogor. Tentu penilaiannya sangat subyektif karena dilihat dari sudut kamera penulis. Kamera yang tidak memakai settingan khusus selain mode auto (maklum fotografer amatiran). Lagipula kamera smartphone Xperia M tidak memiliki zoom, jadi hanya langsung jepret.

Kriterianya pun dibuat sangat sederhana tanpa penelitian. Selama hijau, sejuk, nyaman dan enak dipandang mata, maka bisa dikategorikan indah.

Boleh berbeda? Tentu saja. Bila Anda punya penilaian lain, silakan ajukan versi tandingan. Lovely Bogor akan dengan senang hati memasang 7 Jalan Berpemandangan Indah versi lainnya.

Bagaimana? Pilih setuju dengan Lovely Bogor atau mengirimkan versi Anda?

2 COMMENTS

  1. Setuju pak, jalan-jalan yang pak Anton sebutkan itu memang enak dipandang mata karena memang lebih “menang hijau” dibanding jalan-jalan lain di kota Bogor…
    Tapi bagi para pria-pria perut buncit pemburu kuliner (contohnya seperti saya 😀 ), Jalan Bangbarung Raya, Jalan Pandu Raya, Jalan Bina Marga dan sekitarnya, Jalan Suryakencana dan jalan-jalan sekitar Taman Kencana boleh dibilang jadi jalan yang ber “pemandangan sangat indah”, hehehe…

    • Hahahahaha.. selera tiap orang beda-beda kan.. jadi “keindahan” versi mas Hadi sama dengan “enak”..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.