Pernahkah Anda memperhatikan bahwa sebenarnya ada dua bentuk tempat sampah di Kebun Raya Bogor? Dua jenis yang berbeda dalam bentuk dan bahan pembuatnya.

Yang pertama adalah tempat sampah yang terbuat dari semen dan batu. Bentuknya seperti foto di bawah ini.

Tempat Sampah di Kebun Raya Bogor - Mana Yang Anda Pilih

Ada yang diberi tulisan “Tempat Sampah” tetapi ada juga yang tidak. Sering jenis yang ini dikira tempat duduk oleh wisatawan yang datang kesana.

Jenis kedua adalah jenis yang biasa dilihat dimanapun, yaitu tempat sampah plastik yang dalam satu paket ada dua atau tiga tong sampah untuk sampah organik, anorganik, dan entah satu lagi untuk apa.

Tempat Sampah di Kebun Raya Bogor - Mana Yang Anda Pilih 2

Nah, kalau menurut Anda, diantara kedua jenis itu, mana yang Anda pilih?

Kalau dari segi estetika sendiri, yang pertama, yang terbuat dari semen dan batu lebih menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Warnanya juga tidak terlalu menyolok. Tetapi, jenis yang biasa lebih mudah ditemukan dan karena warnanya mencolok dan sudah dikenal banyak orang, mereka bisa menemukannya dengan mudah.

(Baca juga : Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor)

Tetapi, kalau saya sendiri akan memilih yang mana saja. Toh untuk membuang sesuatu yang tidak terpakai dan fungsinya sama saja. Yang penting, kita tidak buang sampah sembarangan. Iya kan? Dengan begitu banyak tempat sampah di KRB saja, masih banyak orang yang seenak udelnya membuang sampah tidak pada tempatnya.

Apalagi kalau mereka diharuskan memilih tempat sampah yang cocok dengan selera mereka. Bisa-bisa malah mereka nyampah dimana-mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.