Bingung apa itu “Uncal”? Kata itu memang tidak akan Anda temukan dalam kamus bahasa Indonesia. Arti kata itu baru akan dijumpai dalam kamus bahasa Sunda. Itupun kalau masih ada yang menjual kamusnya .

Uncal dalam bahasa Sunda sama artinya dengan “kijang”.

Nah, bagi orang Bogor (baca : Sunda), uncal mencakup semua jenis rusa atau kijang. Tidak ada pembedaan.

Rusa totol yang ada di pekarangan Istana Bogor walau memiliki ciri tersendiri tetap saja termasuk dalam keluarga “kijang” alias uncal.

Tulisan kali ini, kalau pantas disebut sebagai artikel, hanya akan berisi sedikit tulisan tetapi dengan banyak foto.

Tujuannya, sederhana saja, agar buat rekan-rekan yang belum pernah berkunjung ke Bogor dapat melihat seperti apa sih uncal , yang nama sebenarnya Axis Axis, yang ada di Istana Bogor itu.

Kira-kira bentuk sang uncalnya orang Bogor seperti foto-foto di bawah ini. Ada tambahan sedikit komentar di bawah setiap foto, keluar dari imajinasi saya, yang terkadang memang susah untuk disetop. Jadi, kalau Anda tak suka dengan komentarnya, silakan diskip saja.

Nikmati saja yang imut dan lucu.

Rusa Totol Istana Bogor

Kijang Linglung : Foto yang ini sebenarnya bikin tertawa sendiri. Si pejantan muda ini seperti memaksakan diri berbaring di lahan yang sempit. Padahal masih banyak lahan yang luas di sekitarnya. Akhirnya, ia harus menekuk diri karena posisinya terhalang akar pohon dan pembatas.

Kijang Di Istana Bogor

Kijang Narsis : Si kijang muda ini terus saja mematung seperti tahu dirinya sedang difoto. Bahkan sampai saya selesai memotretnya, ia tetap saja berada dalam pose demikian.

Rusa Totol Istana Bogor

Rusa Totol Minder : Dik, pura-pura tidak tahu yah. Kita lagi dipotret. Nanti kita terkenal masuk berita. Mungkin begitu yang dibisikkan rusa totol betina ini kepada adiknya (atau anaknya?)

Rusa Totol Jantan Dewasa

Kalau berani kesini! Kata sang pejantan penguasa wilayah ini.

Rusa Totol Istana Bogor

Ngapain sih nih cewek nempeelll terus! Celetuk ABG jantan ini.

Rusa totol Istana Bogor

Makan, tidur, bengong, makan, tidur, bengong. Bener-bener ngeselin jadi rusa. Yah, memang begitulah rusa jobless alias pengangguran. Mondar-mandir tidak tentu tujuan, sampai sulit mengambil fotonya.

Mangan Ora Mangan Sing Penting Ngumpul

Mangan ora mangan sing penting ngumpul! Padahal ini rusa totol aslinya bukan dari Jawa tapi dari India, Nepal, Srilanka. Herannya hobinya ngumpul terus. Apa mungkin mereka sudah belajar bahasa Jawa juga ya?

Rusa Bogor

Gue imut kan? Kalu gue ga imut, kenapa kamu motret saya? Iya emang kamu imut kok.

Rusa Totol Bogor

Kamu jangan percaya sama orang asing ya dik! Nanti, takutnya kamu diculik dan tidak bisa balik, bisik sang kakak pada adiknya.

Rusa Totol Istana Bogor

Minggir, saya mau makan rumput yang di bawah kamu! Geser!

Ups. Maaf, kawan pembaca. Saya tidak paham bahasa uncal. Tetapi, kalau melihat foto tanpa mengembangkan imajinasi, rasanya tidak rame.

O ya. Kalau Anda ingin tahu darimana asal rusa totol dan mengapa bisa ada di pekarangan Istana Bogor, silakan simak Rusa Totol – Pendatang Tetapi Asli.

Kalau mau lihat aslinya, silakan datang ke Bogor. Saya tidak bisa membawanya ke blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.