Alasan Commuter Line Terlambat
Penumpang Commuter Line

Commuter Line terlambat lagi? Bukan sebuah hal aneh. Bisa dikata termasuk normal. Hanya sebelum Anda membuang energi untuk marah-marah atau ngedumel panjang pendek, ada baiknya kita juga mendengarkan alasan Commuter Line terlambat tiba atau datang dari announcer.

O ya. Itu salah satu perubahan besar yang sangat baik dari penyelenggara Commuter Line, yaitu PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek). Mereka tidak lagi pelit memberikan informasi termasuk ketika terjadi keterlambatan perjalanan CL.

Informasi akan disampaikan melalui pengeras suara yang ada di stasiun. Bahkan di dalam kereta sekalipun, suara petugas yang menyampaikan informasi akan terdengar begitu CL berhenti lebih lama dari yang seharusnya.

Nah, dari merekalah penumpang bisa tahu alasan Commuter Line yang mereka tumpangi tidak sampai-sampai ke stasiun keberangkatan atau tujuan.

Dari informasi itulah, Anda bisa memutuskan untuk marah atau ngedumel atau harus memaklumi. Tidak semua penyebab keterlambatan bisa dikendalikan oleh PT KCJ, tetapi ada juga yang seharusnya bisa diantisipasi oleh mereka.

Kira-kira apa saja sih yang menjadi alasan keterlambatan Commuter Line? Izinkan saya, sang an-ker, anak kereta selama 26-27 tahun berbagi sedikit tentang itu seperti di bawah ini.

10 Alasan Commuter Line Terlambat

 

Kira-kira mana yang menduduki ranking paling top alasan Commuter Line terlambat yang menjadi favorit para announcer?

1. Menunggu Antrian

Alasan Commuter Line Terlambat
Commuter Line Di Stasiun

Bukan hanya penumpang yang harus antri. Commuter Line pun demikian.

Jalur rel yang dipergunakan CL pada banyak bagian juga dipakai oleh Kereta Luar Kota atau Kereta Jarak Jauh.

Selain itu, CL juga memiliki banyak loop alias jalur yang bertemu di beberapa stasiun.

Nah, oleh karena itu, pada saat memasuki stasiun-stasiun transit atau dimana para CL bertemu, mereka harus bergantian memakai jalur yang ada. Jalur paling banyak berada di Stasiun Jakarta Kota yang mencapai 12 jalur.

Seringkali pada saat sebuah CL sudah siap memasuki sebuah stasiun, belum tersedia jalur yang kosong. Mau tidak mau CL tersebut harus menanti sampai kereta atau CL tersebut meninggalkan stasiun sebelum bisa masuk ke stasiun.

Itulah yang disebut antrian. Lamanya tergantung, tetapi rata-rata setiap harinya ditotal bisa mencapai 15-20 menit. Dua stasiun dimana antrian kereta paling sering terjadi adalah Stasiun Manggarai dan Gambir.

2. Gangguan Wesel

Alasan Commuter Line Terlambat
Penumpang menunggu Commuter Line

Jangan menduga karena wesel gaji sang masinis terlambat maka itu dijadikan alasan Commuter Line terlambat juga.

Wesel disini adalah sebuah alat untuk menggerakkan satu bagian rel ke jalur lainnya. Ini dilakukan untuk mengarahkan CL ke jalur yang dikehendaki oleh PPKA (Pemimpin Perjalan Kereta Api).

Sayangnya, masih banyak wesel ini yang merupakan peninggalan zaman kuno dan kadang macet.

Hal itu menyebabkan kereta tidak bisa diarahkan ke jalur kosong. Hasilnya ya harus diperbaiki dulu dan CL atau kereta lain harus menunggu.

3. Gangguan Persinyalan

Alasan Commuter Line Terlambat
Stasiun Cilebut di waktu malam

Setiap kereta yang berjalan di atas rel akan memberikan sinyal tertentu yang dipantau secara teliti oleh petugas. Dari sinyal-sinyal inilah petugas memutuskan apakah sebuah kereta harus berjalan atau berhenti.

Sebuah kereta, termasuk CL, tidak diperkenankan berjalan di atas rel yang sama ketika kereta atau CL lain berada di rel tersebut dalam jarak tertentu.

Hasilnya, kalau sebuah CL sedang menanti antrian masuk stasiun (no 1), maka CL yang lain di rel yang sama, mau tidak mau, suka tidak suka harus ikut berhenti.

Hasilnya, pasrah saja. Mau tidak mau memang harus demikian daripada terjadi kecelakaan.

4. Gangguan Listrik Aliran Atas

Alasan Commuter Line
Aliran Listrik untuk CL

Pasti sudah tahu darimana sumber energi untuk menggerakkan si CL kan? Listrik? Betul sekali.

Nah, listrik tersebut dialirkan melalui kabel-kabel yang berada di jalur si CL.

Tidak jarang aliran listrik tersebut menjadi alasan Commuter Line terlambat.

Kadang dikarenakan oleh putusnya kabel. Beberapa kali pula terjadi karena gangguan adanya gangguan di gardu PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang mengakibatkan turunnya tegangan.

Alhasil, si CL bak seorang pekerja yang kurang makan dan daya yang cukup tidak bisa menggerakkan mesin-mesin si KRL.

5. Pohon Tumbang

Alasan Commuter Line TerlambatJalur kereta di Indonesia memang belum 100% steril dari berbagai hal yang potensial menimbulkan gangguan.

Salah satunya adalah pepohonan yang terlalu dekat dengan jalur kereta.

Beberapa kali ketika terjadi hujan deras beserta angin kencang datang, pohon-pohon tersebut tumbang ke arah rel kereta. Pohon tersebut menimpa kabel listrik aliran atas atau menutupi rel kereta.

Hal itu akhirnya mengakibatkan keterlambatan dalam perjalanan Commuter Line (dan kereta lainnya juga)

6. Longsor

Ancaman longsor terutama terjadi pada musim hujan.

Drainase yang buruk di berbagai tempat sering kali menggerus tanah di sekitar jalur rel kereta.

Tahun ini sudah terjadi paling tidak 2 kali tanah longsor yang menutupi jalur si CL. Yang paling parah, di tahun lalu 2014 dimana terjadi longsor parah di antara Stasiun Cilebut – Bojong Gede yang menyebabkan rel ikut terbawa longsoran tanah.

Hasilnya, tidak ada perjalanan CL yang bisa berangkat dari stasiun Bogor selama beberapa minggu.

7. Rel Terendam Air

Alasan Commuter Line Terlambat
Rel Kereta

Beberapa stasiun CL berada di daerah yang dikenal selalu menjadi langganan banjir.

Hal itu sering mengakibatkan jalan si CL terganggu. Panduan dasar keselamatan CL mengharuskan penghentian perjalanan ketika ketinggian air mencapai kurang lebih 5 centimeter di atas ketinggian rel.

Stasiun seperti Bukit Duri atau Kampung Bandan adalah dua stasiun CL yang menjadi pelanggan rutin kedatangan tamu tak diundang ini setiap musim hujan.

8. Dalam Pemeriksaan Rangkaian / Gangguan Tehnis

Alasan Commuter Line Terlamba“Maaf Kereta Anda belum bisa diberangkatkan. Sedang menunggu pemeriksaan rangkaian”

Begitulah biasanya announcer di stasiun atau di dalam kereta menjelaskan alasan Commuter Line terlambat alias tidak berangkat-berangkat.

Kalau sudah mendapatkan informasi seperti ini, biasanya penumpang sudah mafhum bahwa terjadi “sesuatu” dengan keretanya.

Biasanya karena ada gangguan tehnis atau masalah tehnis

Lamanya, tergantung kerusakan. Kadang cepat, tidak jarang akhirnya harus menunggu kereta yang lain.

Maklum lah. Meskipun baru di Indonesia, semua kereta yang dipakai sebagai CL adalah kereta yang sudah purna tugas (pensiun) di Jepang, alias barang bekas.

9. Kecelakaan

Alasan Commuter Line Terlambat
Kesembronoan di Pintu Perlintasan Kereta

Ini yang paling mengenaskan dari semua daftar alasan Commuter Line terlambat.

Pasalnya, kalau kecelakaan melibakan sang ulat besi, biasanya akan ada korban jiwa.

Sering kecelakaan di jalur kereta akan mengakibatkan perjalanan terganggu. Apalagi bila kecelakaan terjadi dengan jenis kendaraan lain seperti mobil dan bahkan kereta lain.

Mau tidak mau, rel kereta akan terhalang oleh sisa-sisa tabrakan dan tidak ada CL atau kereta yang bisa melewatinya sampai dibersihkan.

Oleh karena itu, hati-hati ya kawan pembaca ketika melintas jalur kereta. Jangan menyerobot palang pintu yang sudah turun. Sudah banyak kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh kesembronoan ini.

10. Kereta Lain

Alasan Commuter Line TerlambatYang terakhir dari daftar Alasan Commuter Line Terlambat adalah kereta lain.

Maksudnya, begini. Seperti sudah disebutkan sebelumnya Commuter Line di beberapa jalur harus berbagi dengan kereta jenis lainnya, seperti Kereta Luar Kota, Kereta Barang, Kereta Khusus Pejabat dan seterusnya.

Nah, masalahnya CL berada pada posisi yang paling belakang untuk diprioritaskan terutama ketika harus berhadapan dengan Kereta Luar Kota atau Kereta Khusus Pejabat.

Hasilnya, ya begitulah penumpang CL harus mengelus dada memperhatikan kereta-kereta tersebut mendapatkan prioritas untuk memakai jalurnya dulu. Terlambat.

Untung tidak sering terjadi karena memang menyebalkan kalau rutin atau terlalu sering terjadi.

——

Bagaimana dengan Anda, pernah mengalami salah satu dari alasan Commuter Line Terlambat seperti yang disebutkan di atas? Atau mungkin sudah beberapa jenis yang dialami?

Kalau saya, semuanya sudah pernah. Karena itulah tulisan ini bisa dibuat.

Ingin tahu apa yang dilakukan penumpang kalau CL terlambat baca saja di : 9 Hal Yang Dilakukan Ketika Commuter Line Terlambat.

6 COMMENTS

  1. Kereta bandara menyengsarakan pengguna CL pak. Pdahal kereta bandara yg naik hny segelintir aja. Jadi pengguna CL yg dijadikan korban demi proyek ambisius yg gak jelas. Mestinya pejabat negara yg menggagas kereta bandara ikut jadi penumpang CL biar tau rasanya jadi tumbal

    • Yah… kadang dalam pembangunan selalu ada yang dikorbankan, dalam hal ini ya pengguna Commuter Line. Termasuk saya.. hahahaha…

      sing sabar yah

  2. Izin menambahkan lagi pak, keterlambatan dikarenakan lintasan rel kereta mengalami gangguan (patah, ada batu besar di rel, dilemparin batu oleh oknum tidak bertanggungjawab), seperti yg kemaren terjadi pada Maret 2018 di lintasan antara Bogor-Cilebut yang membuat KRL harus berjalan bergantian di menggunakan satu jalur, dan juga awal Juli ini di KRL tujuan Bogor dilempar batu di sekitar Cilebut yg mengakibatkan kaca pintu pecah.
    Selain itu, khusus kawan2 anker lintas Tangerang-Duri, sekarang jg lagi “diuji kesabarannya” akibat dari penambahan frekuensi keberangkatan kereta bandara.
    Walaupun harus diakui KRL sekarang sudah jauh lebih baik, tapi di saat2 tertentu emang sepertinya kita sbg anker masih perlu banyak2 sabar dan doa pak.

    Salam satu rel, pak Anton
    Hadi (Cilebut-Tebet)

    • Hahahaha.. iyah itu tambahan satu lagi.. makasih mas Hadi

  3. Dear Pak Anton,

    Artikel yang menarik, saya salah seorang penumpang yang setiap hari pp kerja menggunakan commuter-line. Memang kasus kereta terlambat menjengkelkan buat semua orang. Sebenarnya salah satu kekuatan utama transportasi umum di benak saya “seharusnya” adalah ketepatan waktu. Disini memang perlu ada “komitmen” bersama PT. KAI dan pengguna untuk melakukan perbaikan. Harapan saya mudah-mudahan kedepannya bisa ontime, jadi tidak perlu setiap hari mendengar “Mohon Maaf …. ”

    Hendi (Commuter Bogor – MRI)

    • Iya Kang.. memang demikian adanya.

      Ketepatan waktu masih menjadi sesuatu yang langka pada Commuter LIne kita. Semoga suatu waktu bisa memabaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.